13
Mei

Memperbaiki Nat Keramik Kamar Mandi yang Bocor

Memperbaiki Nat Keramik Kamar Mandi yang Bocor

Contoh Motif Keramik Kamar Mandi

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Kebocoran pada nat kamar mandi ada beberapa faktor, salah satunya di karenakan nat kamar mandi yang sudah berusia lama oleh karena itu lama kelamaan terkikis kemudian memunculkan celah untuk meresapnya air sehingga bocor. Dalam hal ini juga dapat disebabkan oleh binatang sobat. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai tips memperbaiki nat keramik yang bocor dan beberapa faktor penyebab nat tersebut bocor. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

BACA JUGA : Cara Ampuh Mengusir Tawon di Rumah dengan Bahan Alami

Jika Kebocoran Disebabkan Oleh Cacing dan Hewan Sejenisnya

Metode perbaikan nat di atas sebelumnya adalah untuk nat yang bocor disebabkan usia keramik yang sudah tua dan sebab lain.

Sementara itu jika kebocoran nat keramik kamar mandi terindikasi disebabkan oleh binatang seperti cacing maka penanganannya berbeda. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengusir cacing-cacing  tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan penambalan.

Caranya mudah saja Anda hanya perlu menyiram kamar mandi menggunakan air yang dicampur garam. Biarkan saja beberapa saat maka cacing-cacing tersebut  akan keluar sendiri dan mati.

BACA JUGA : Cara memasang Keramik dengan mudah

Memilih Produk Pengisi Nat Keramik yang Terbaik

Harus dipahami bahwa pengisi nat keramik fungsinya hanya sebatas pengisi sela-sela antar keramik saja. Bukan sebagi perekat. Meski secara kasat mata terlihat seperti merekatkan antar keramik namun sesungguhnya tidak demikian.

Jika Anda membutuhkan pengisi nat untuk keramik kamar mandi atau ruangan lembab/basah lainnya, pilihlah yang memiliki kandungan polimer tinggi. Kandungan polimer pada bahan pengisi nat memiliki daya rekat yang kuat.

Selain polimer, biasanya bahan pengisi nat yang bagus juga mengandung pasir yang berkualitas. Pasir yang dipilih sebagai campurannya adalah jenis pasir silika, yang dikenal lembut dan bersih.

Jadi jika Anda menginginkan produk pengisi nat keramik yang berkualitas maka pilihlah bahan yang berpolimer tinggi.

Meski harganya relatif lebih mahal namun soal keawetan, bahan ini memberikan garansi yang cukup lama.

Perlu diketahui, umumnya pengisi nat berbentuk bubuk. Untuk mendapatkan pengisi nat yang pas, Anda harus mencampurkannya dengan cairan akrilik. Cairan ini berfungsi untuk memperkuat pengisi nat dan juga sangat cocok untuk keramik di area basah seperti kamar mandi.

Biasanya, pada tiap kemasan produk tercantum luas celah lantai yang bisa diisi. Jadi baca dan perhatikan teknis pengaplikasiannya agar kebocoran keramik nantinya bisa tertutupi dengan sempurna.

BACA JUGA : Cara memasang Keramik dengan mudah

Tips Pengerjaan Nat Keramik Kamar Mandi yang Bocor

Harga nat keramik memang bervariasi namun meski yang Anda beli sudah cukup mahal namun belum tentu menjamin hasil pengenatan yang bagus. Kuncinya ada pada bagaimana Anda mengaplikasikan pengisi nat tersebut dengan benar.

Berikut tips menambal keramik kamar mandi yang bocor dengan pengisi nat.

– Bersihkan celah nat dari kotoran atau sisa-sisa semen sebelum pengisi nat diaplikasikan
– Lap permukaan yang akan diberi pengisi nat dengan kain yang lembab. Tujuannya, agar cairan pengisi nat tidak mudah menguap.
– Gunakan alat/benda yang tipis untuk menekan nat agar kuat menempel pada celah.
– Segera bersihkan permukaan lantai dengan spons/kain lembab dari sisa-sisa pengisi nat sebelum terlanjur mengering.