28
Des

Membuat Teras Rumah Sederhana

Membuat Teras Rumah Sederhana

Membuat Teras Rumah Sederhana – Sudah tak jarang lagi jika di sebuah bangunan terdapat teras rumah. Teras rumah termasuk ke dalam elemen penting dalam rumah tinggal. Sebab, dengaqn adanya teras ini akan membantu untuk seseorang bisa beraktivitas di area rumah. Selain itu, teras rumah juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu kedua. Pembuatan teras biasanya akan bersamaan dengan pembuatan bangunan rumah. Namun seiring berjalannya waktu, ada pula orang-orang yang ingin menambahkan teras rumah sederhana pada bangunan yang sudah jadi.

  1. Memilih desain yang tepat

Teras rumah sebenarnya terdiri dari berbagai macam, tergantung peletakkannya. Ada teras yang terletak di depan rumah, belakang rumah, maupun sisi samping rumah. Peletakkan teras ini sebenarnya juga menentukan desain seperti apa yang akan dibuat. Sebab teras rumah harus menyesuaikan dengan wajah rumah tersebut. Mulai dari macam-macam konsep bangunan apa yang digunakan, apakah desain rumah minimalis atau desain rumah modern eropa dan sebagainya. Untuk itu, pertama-tama buatlah desain teras dan rancangan kasaran anggaran biaya.  

  1. Menentukan material

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dalam artikel ini Anda akan mengetahui cara membuat teras rumah sederhana berbahan dasar kayu. Kayu merupakan salah satu material yang memiliki ragam jenis dan variasi motif. Untuk itu Anda perlu memilih jenis kayu konstruksi yang tepat. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa kayu yang Anda pilih merupakan jenis kayu yang tidak dimakan rayap.

  1. Membuat dasar lantai

Setelah semua persiapan selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah memulai proses pekerjaan. Pertama-tama Anda perlu membuat bagian dasar bagi teras dengan menggunakan pasir halus maupun kasar. Area pekerjaan harus sesuai dengan desain yang ditentukan. Jangan sampai terlampau besar maupun terlampau kcil. Pasir ini berfungsi sebagai sarana untuk meratakan tanah, serta mencegah adanya pertumbuhan gulma di dalam tanah. Maka dari itu, pasir ini tidak hanya diratakan saja namun juga dipadatkan. Setelah selesai, balok-balok kayu yang digunakan sebelumnya harus dikeringkan terlebih dahulu.

  1. Meletakkan papan

Sebelum Anda hendak meletakkan papan kayu sebagai pelapis lantai, Anda perlu menciptakan ketinggian terlebih dahulu antara teras dengan tinggi lantai ruangan di dalam rumah. Untuk menentukan ketinggian tersebut, Anda dapat mengukur tinggi lantai di rumah dan pertimbangkan tinggi teras yang ideal.

Setelah selesai, buatlah semacam grid yang terbuat dati bingkai balok kayu sebagai dasar peletakan papan. Grid bar persegi panjang ini harus diletakan secara berkala dan persis tegak lurus. Apabila sudah selesai, barulah Anda dapat meletakkan papan kayu diatasnya.

  1. Persiapan halaman

Umumnya permukaan teras akan lebih sedikit tinggi dibandingkan dengan permukaan tanah. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan tangga untuk mencapai ke teras. Apabila ketinggiannya tidak begitu mengkhawatirkan maka langkah ini tidak perlu dilakukan. halaman rumah tentunya juga perlu dirapikan agar tampilan teras semakin indah. Caranya adalah dengan meratakan semua permukaan tanah, kemudian tanah tersebut dilapisi dengan berbagai jenis rumput taman yang indah.

  1. Lantai siap digunakan!

Setelah seluruh area kerja telah selesai dilakukan, teras rumah sederhana telah selesai dibuat! Teras ini kemudian dapat Anda gunakan dengan leluasa.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666