01
Des

Membuat Teras Rumah Langkah Awal Untuk Menambah Daya Tarik

Membuat Teras Rumah Langkah Awal Untuk Menambah Daya Tarik

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Teras depan merupakan bagian sangat penting dari rumah karena itu adalah hal pertama yang dilihat orang. Selain itu, teras depan bisa menambah satu lagi ruang terbuka yang bisa Anda dan keluarga nikmati. Ada berbagai pilihan desain yang berbeda untuk teras depan Anda. Namun, kunci untuk menciptakan rencana desain teras depan yang terbaik adalah memastikan bahwa itu cocok dengan keseluruhan tampilan rumah Anda. Berikut ini manfaat teras rumah: langkah awal untuk menambah daya tarik hunian.

1. Penggunaan Lampu Teras 

Memanfaatkan Teras Rumah : Langkah Awal Untuk Menambah Daya Tarik Hunian SobatLangkah awal untuk menghidupkan kembali teras rumah adalah dengan menambahkan elemen lampu pada teras dirumah sobat. Lampu sebagai sumber pencahayaan pada malam hari akan membuat suasana di teras rumah terasa menyenangkan.  Untuk pemilihan lampu sendiri, pilihlah model lampu yang dapat selaras dengan desain eksterior rumah. Misalnya apabila sobat memiliki rumah dengan gaya desain kontemporer maka lampu yang berdiri dengan elemen geometri akan sangat cocok disimpan di teras rumah sobat.

Dengan cahaya terang dari lampu, teras akan nampak hidup jika dilihat dari luar rumah maupun dari dalam rumah. Begitupun ketika sedang siang hari, lampu akan menjadi dekorasi menarik dan juga fungsional di teras rumah sobat.

2. Penggunaan Wallpaper Dinding

Memanfaatkan Teras Rumah : Langkah Awal Untuk Menambah Daya Tarik Hunian SobatBagi sobat yang mengeluhkan teras yang sempit, namun tetap ingin mempercantik teras di rumah agar nyaman. Jangan khawatir! Karena berbagai cara bisa sobat lakukan. Salah satunya dengan menggunakan wallpaper dinding. Penggunaan wallpaper dinding ini tentu tidak akan mempengaruhi ukuran teras dirumah sobat, bukan?

Selain menggunakan wallpaper dinding, sobat juga bisa menggunakan cat dinding dengan kombinasi aksen material seperti kayu atau batu. Untuk mempercantik teras pemilihan wallpaper dinding tentunya harus disesuaikan dengan gaya desain interior rumah ya. Seperti penggunaan warna pada dinding. Pada umunya jika rumah sobat memiliki konsep desain mininalis biasanya sudah dilengkapi dengan aksen dan bentuk material. Misalnya seperti penggunaan batu alam sebagai pelapis dinding fasad atau pilar.

READ  Cara Menghilangkan Tinta di Meja Tidak Usah Panik dan Khawatir

Meskipun dituntut keserasian, warna dinding bagian teras tetap bisa dibedakan dari warna lainnya lho. Hal ini dikarenakan untuk menonjolkan letak teras itu sendiri. Saya sarankan juga pilihlah warna terang karena warna ini mampu menciptakan ruangan teras terasa lebih lapang dan luas. Ditambah engan cahaya alami pada siang hari, warna cerah dapat memantulkan cahaya dengan maksimal sehingga lahan yang sempitpun terasa leluasa.

3. Penataan dengan Tanaman

Memanfaatkan Teras Rumah : Langkah Awal Untuk Menambah Daya Tarik Hunian SobatPenataan dan pemilihan tanaman perlu dipertimbangkan dengan sangat matang sehingga dapat menentukan tanaman yang cocok dan tepat agar teras rumah sobat dapat terlihat lebih bagus dan juga sejuk. Pemilihan tanaman juga harus disesuaikan dengan luas teras sobat ya. Misalnya teras rumah sobat tidak terlalu luas, sobat bisa menanam tanaman kecil di dalam pot.

Bunga-bunga yang berwarna-warni dan dedaunan juga akan terlihat cocok jika diletakkan di sekitar teras rumah sobat lho. Sobat dapat meletakannya dengan rapid an merawatnya dengan anggota keluarga lainnya agar teras bisa menjadi tempat untuk quality time bersama keluarga.

Tanaman yang berada disekitar teras juga akan menciptakan suasana segar meskipun teras rumah sobat memiliki lahan yang sempit seperti taman minimalis . Sobat bisa menambahkan beberapa pot bunga dengan posisi yang sekiranya tidak akan mengganggu aktifitas sobat bersama keluarga di teras rumah.  Nah apabila sudah sangat tidak memungkinkan untuk menyimpan pot bunga di area sekitaran teras, gunakanlah pot bunga gantung agar teras tetap memiliki sumber kesegaran yang juga cantik

4. Pemilihan Furnitur di Teras Rumah

Memanfaatkan Teras Rumah : Langkah Awal Untuk Menambah Daya Tarik Hunian SobatKunci utama dalam penggunaan furniture pada teras rumah sobat yaitu menyesuaikan ukuran furniture itu sendiri dengan luas area teras dirumah sobat. Saya sarankan sih hindari penggunaan meja atau kursi yang terlalu besar karena akan memakan lahan serta membuat teras di rumah sobat terasa semakin sempit.

READ  Desain Bernuansa Tradisional Pada Rumah Idaman

Anda juga tentunya harus pintar-pintar dalam menentukan ukuran dan bahan dari furniture yang akan di letakkan di teras rumah. Nah jika hunian sobat termasuk hunian minimalis yang tidak memungkinkan meletakkan furniture seperti meja dan kursi. Namun sobat ingin bisa menerima tamu di teras atau sekedar bercengkrama bersama keluarga sobat bisa menggunakan ide teras rumah model minimalis dengan konsep lesehan. Hanya dengan menggunakan karpet dan bantal-bantal yang empuk sobat tentu sudah akan mendapatkan kenyamanan yang singgah di area teras rumah sobat. Mudah sekali ya?

5. Dekorasi Sekitar Pintu Rumah

Memanfaatkan Teras Rumah : Langkah Awal Untuk Menambah Daya Tarik Hunian SobatPada dekorasi pintu rumah, sobat juga perlu memperhatikan dengan baik karena pintu merupakan akses langsung dengan teras. Sobat dapat mendekor pintu rumah dengan pengetok pintu klasik atau sekedar menempelkan dekoarasi hiasan disana agar terlihat lebih cantik. Namun sobat harus bisa menyesuaikan dengan baik warna pintu dengan dekorasi tersebut agar menyatu dengan teras rumah secara cantik dan alami. Gunakan warna-warna cerah seperti kuning, merah ataupun jingga.

Nah trik dari Saya agar sobat bisa menciptakan kesan ruangan yang besar pada teras dengan lahan minimalis di rumah sobat yaitu dengan menggunakan cermin yang berukuran agak besar di dinding teras rumah sekitar pintu agar suasana tampak lebih lapang.

Cermin memang dipercaya menjadi salah satu dekorasi yang bisa membuat ruangan menjadi tampak leluasa contohnya seperti lift, benar kan? Hal ini disebabkan karena cermin dapat memantulkan ruang dari sisi lain. Pemandangan sisi lain atau berlawanan inilah yang membuat teras rumah akan semakin lega.

6. Menentukan Fungsi dari Teras Rumah

Memanfaatkan Teras Rumah : Langkah Awal Untuk Menambah Daya Tarik Hunian SobatHal lain yang harus sobat perhatikan adalah fungsi dari teras dirumah sobat. Sobat bisa mendekor secantik mungkin namun apabila tidak sesuai dengan fungsinya, teras rumah tidak akan terpakai secara maksimal.

READ  Kunci Utama Mendesain Powder Room Yang Nyaman Untuk Tamu

Karena segala seuatu pasti memiliki fungsi termasuk juga salah satunya yaitu teras rumah idaman sobat. Tentunya langkah awal adalah menentukan dan memastikan terlebih dahulu fungsi dari teras rumah sobat itu untuk apa. Misalnya untuk berkumpul bersama keluarga di sore hari, atau sekedar duduk sambol minum teh bersama tamu. Maka dari itu sovat harus menyesuaikan dekorasi teras rumah sesuai dengan kebiasaan sehari-hari yang sobat lakukan di teras.