30
Apr

Membuat Ruang Tamu Minimalis

HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN DALAM MEMBUAT RUANG TAMU MINIMALIS

Sumber : dekoruma.com

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ruang tamu yang minimalis belum tentu tidak memenuhi kriteria sebagai ruang tamu. Walaupun tidak luas, ruang tamu minimalis ternyata ada berbagai hal yang harus di perhatikan dalam membuatnya, Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai hal yang harus di perhatikan dalam membuat ruang tamu minimalis.

Perhatikan pemilihan tata letak furnitur sesuai bentuk ruangan

“Bagi ruang dengan ukuran sisi sama panjang, dengan begitu Anda bisa menata letak furnitur seperti kursi atau meja dengan diagonal. Namun, dengan catatan tidak terlalu banyak aksen atau dalam jumlah yang banyak,” paparnya.

Perhatikan material furnitur dan aksesoris yang digunakan

“Penerapan desain ruang yang baik adalah yang bisa menerapkan furnitur atau aksesoris dengan material yang lebih tahan lama. Misalnya dengan menggunakan material kursi yang anti rayap atau besi yang tak mudah berkarat.

Sebenarnya Anda memiliki kebebasan untuk memilih material furnitur yang hendak dipakai. Tapi hanya pastikan bahwa materialnya tidak membawa kerusakan dalam jangka panjang,” ucap ibu dua anak ini. Baca Juga : Tips Hiasan Dinding Pada Ruang Tamu

Agar menambah rasa nyaman dan hangat pada ruang tamu, Anda juga bisa menambah aksesoris seperti karpet atau parket pada lantai. Selain itu, terapkan juga bantal-bantal kecil pada kursi atau sofa mungil di ruangan tersebut.

Bisa menambahkan kaca pada dinding ruang

Selanjutnya adalah menyiasati ruangan dengan menggunakan aksesoris kaca pada dinding ruangan. Efek kaca atau cermin bisa memberikan kesan luas terhadap ruangan. Sehingga, apabila furnitur yang digunakan berukuran sedikit besar, Anda tidak merasa terlalu sesak.

Perhatikan pemilihan warna dinding

Selain menggunakan kaca atau cermin, pemilihan warna dinding juga turut memberikan efek luas pada ruang tamu. Pilihlah warna yang netral terang seperti putih atau putih tulang (broken white). Warna itu memberikan kesan hangat dan nyaman. Bahkan, warna putih juga bisa memberikan kesan dingin bagi ruangan kecil dan gelap. Baca Juga : Tips Memilih Sofa Ruang Tamu

Buat ruang tamu menjadi multifungsi

Terakhir adalah menjadikan ruang tamu menjadi ruang multifungsi yang menarik. Ruangan ini tidak hanya sekedar menerima tamu, tetapi juga bisa menjadi ruangan menjamu tamu yang menarik. Misalnya bikin tamu Anda bisa membaca sembari minum kopi atau teh.

Ya, ruang tamu juga bisa didesain dengan penambahan sejumlah tempat penyimpanan  yang bisa berguna untuk menunjang kegiatan di ruang tersebut.

Misalnya, dengan desain pemilihan meja cofee shop atau rak buku seperti perpusatakaan mini di dalam rumah.