15
Apr

Membuat Pagar Dari Bambu

Membuat Pagar Dari Bambu

Membuat Pagar Dari Bambu – Pagar tidak hanya terbuat dari besi maupun semen saja. Untuk membuat seni atau tampilan yang berbeda, pagar juga bisa terbuat dari kayu atau bambu. Selain mengetahui jenis bambu serta kelebihan dan kekurangan bambu, Anda juga perlu mengetahu alat apa saja yang dibutuhkan. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat pagar bambu sendiri? Peralatan seperti gergaji, pensil, penggaris/meteran, gambar desain pagar, amplas, tali tambang, paku dan palu, sarung tangan dan cat kayu apabila dibutuhkan.

1. Memilih bambu

Pilihlah bambu sesuai dengan keinginan dan kreasi yang Anda butuhkan. Setelah memilih bambu, jangan lupa untuk memotong bambu sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Biasanya untuk tinggi pagar dibutuhkan tinggi sekitar 120cm sampai dengan 150cm tergantung dengan selera Anda.

2. Rendam bambu

Tahap selanjutnya adalah dengan merendam bambu cukup lama sekitar 2 bulan untuk menghindari pelapukan bambu secara cepat dan membuat bambu lebih awet dari serangan rayap. Merendam bambu akan memberikan warna berbeda juga membantu membersihkan bambu dari serbuk atau bulu-bulu halus yang mampu melukai tangan Anda. Bulu-bulu ini juga terkadang dapat menyebabkan gatal jadi ada baiknya menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari cedera-cedera yang tidak dinginkan.

3. Tentukan desain

Selagi menunggu bambu yang masih direndam, ada baiknya Anda memulai mengukur pekarangan atau membuat desain pagar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat ini sangat banyak desain bambu yang kreatif yang membuat Anda tidak merasa ketinggalan jaman lagi untuk menggunakan pagar berbahan bambu.

4. Menghaluskan bambu

Jangan lupa untuk memperhalus bambu dengan amplas kayu jika dirasa ada bagian yang kurang halus atau tajam sehingga tidak menusuk atau melukai tangan Anda.

5. Memasang bambu

Setelah direndam dalam jangka waktu tertentu, maka bambu tersebut sudah siap untuk dibentuk menjadi pagar sesuai dengan desain. Anda bisa menggunakan bambu secara batangan bulat atau membelahnya menjadi dua jika Anda ingin membuat pagar dengan bahan baku cukup banyak. Tanam batang bambu dengan diameter yang cukup besar pada tanah yang sudah Anda persiapkan sebagai landasan atau  pondasi untuk menempelkan bambu-bambu dengan potongan bagian kecil lainnya.

6. Menata bambu

Nah, untuk bagian ini lebih disesuaikan dengan desain yang telah Anda buat. Bagaimana Anda ingin membentuk atau menata bambu sebagai pagar Anda. Bambu dengan diameter kecil bisa dipasang secara sejajar horisontal dan diikat dengan menggunakan tali tambang atau rotan. Atau bisa juga Anda menanam bambu dengan pola zigzag dan mengikat pada sambungan yang bertemu antara bambu satu dengan bambu yang lain. Hal ini tergantung denga desain yang telah Anda buat.

7. Merapikan bambu

Anda dapat merapikan pagar bambu yang tidak sama tinggi dengan memotongnya menggunakan gergaji. Setelah sama rata, Anda bisa menghaluskannya agar tampak lebih rapi lagi. Pilihan yang lain adalah Anda bisa dengan dengan menutup bagian atas pagar atau bawah dengan menggunakan bambu yang diletakkan secara vertikal kemudian memakunya atau bisa juga dengan menggunakan tali untuk mengikatnya.

8. Mengecat bambu

Untuk sentuhan terakhir tergantung pada pilihan saja. Anda dapat melakukan polesan terakhir dengan memberikan warna yang Anda suka pada pagar Anda, sehingga tampilannya semakin menarik. Atau, jika ingin tetap mempertahankan corak alamiah yang ada pada bambu, mungkin Anda dapat menggunakan plitur kayu sehingga corak kayu tetap terlihat dengan apik.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666