13
Nov

Memberi Warna Ruang Dengan Material Ekspos Pada Hunian

Memberi Warna Ruang Dengan Material Ekspos Pada Hunian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Warna merupakan aspek penting dalam sebuah bangunan, baik dari sisi arsitektur maupun interiornya. Citra sebuah ruang dipengaruhi oleh pemilihan warnanya karena setiap warna memiliki karakteristik tersendiri dan memberikan efek psikologi yang berbeda. Namun warna tidak harus selalu dihasilkan dengan menggunakan cat, warna ruang dapat juga dihadirkan melalui warna asli material bangunan yang diekspos. Beberapa material ekspos yang umumnya digunakan antara lain beton, acian, batu bata, dan juga struktur rangka baja. Memberi Warna Ruang Dengan Material Ekspos akan menampilkan kesan yang berbeda. Yuk simak artikelnya.

Beton Ekspos

Warna Ruang

Belakangan ini, material dengan karakteristik tekstur halus dan simetri menjadi populer digunakan. Kesan modern dan simpel menjadikan material ini cocok untuk digunakan pada gaya minimalis dan kontemporer. Warna abu yang ditimbulkan dari beton ekspos memberikan kesan netral dan sejuk di dalam rumah, sedangkan lubang-lubang kecil yang tampak pada permukaan dinding beton merupakan lubang yang terbentuk hasil dari proses pengecorannya. Hal ini juga memberikan karakteristik tersendiri pada ruang.

Warna Ruang

Acian Ekspos

Warna Ruang

Acian merupakan lapisan semen yang digunakan untuk menutupi dinding bata. Jika terdapat bangunan yang belum diberikan finishing dalam bentuk dinding acian, Anda cenderung melihatnya seperti rumah yang belum selesai. Namun, beberapa orang justru menyukainya. Ekspos acian seringkali dicitrakan mewakili gaya industrial pada bangunan yang belakangan ini sedang menjadi gaya desain favorit di kalangan masyarakat. Sedikit berbeda dengan beton, bidang acian memiliki warna abu-abu yang lebih variatif, tingkat kegelapan abu-abu dapat ditentukan melalui proses pengerjaan yang berbeda.

Warna Ruang

Struktur Baja Ekspos

Warna Ruang

Dalam penerapan finishing akhir, bangunan yang memiliki struktur baja seringkali ditutupi dengan material lain. Padahal ekspos material baja juga bisa menjadi menarik. Seperti acian, ekspos struktur seperti pada kolom baja dapat memberikan kesan gaya industrial dan kesan ringan pada bangunan.

READ  Fungsi Cahaya Ruangan Rumah

Warna Ruang

Batu Bata Ekspos

Warna Ruang

Batu bata umumnya dijadikan material dinding pembatas ruang dalam hunian dimana kemudian dilapisi acian dan dicat. Tetapi penyusunan dinding batu bata yang diekspos juga memiliki ciri khas tersendiri dalam ruang. Material ini dapat memberikan kesan hangat dan warna cerah di dalam ruang. Warna batu bata juga bervariasi, mulai dari orange cerah, hingga merah gelap. Warna tersebut bergantung pada jenis batu bata yang digunakan. Gaya desain industrial dan arsitektur tropis seringkali menggunakan batu bata ekspos.

BACA JUGA: Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat merancang Ruang Bioskop di Rumah Minimalis