09
Sep

Memaksimalkan Ruang Kosong Di Bawah Tangga

Memaksimalkan Ruang Kosong Di Bawah Tangga

Memaksimalkan Ruang Kosong Di Bawah Tangga – Memiliki rumah dua lantai memang menjadi idaman semua orang. Sangat menyenangkan jika mempunyai rumah dua lantai karena Anda bisa memiliki luas bangunan yang besar. Akan tetapi, terkadang terdapat ruang kosong di bawah tangga yang dibiarkan begitu saja. Padahal ruang tersebut bisa Anda maksimalkan agar lebih bermanfaat. Berikut adalah beberapa inspirasi memaksimalkan ruang kosong di bawah tangga rumah Anda.

1. Dapur

Kehabisan ruang untuk dijadikan dapur? Maksimalkan saja ruang kosong di bawah tangga sebagai dapur. Anda bisa meletakan kabinet tepat di bawah tangga, termasuk kompor gas, oven listrik, penghisap asap, dan bak cuci piring. Di dalam kabinet tersebut, Anda juga bisa masih bisa meletakan benda di dalamnya seperti pearalatan makan atau bahan-bahan makanan.

2. Ruang laundri

Biasanya ruang mencuci atau ruang laundri diletakan di keat kamar mandi agasr air sisa mencuci bisa langsung disalurkan ke dalam kamar mandi. Namun, jika Anda memiliki ruang kosong di bawah tangga, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan ruang tersebut sebagai ruang laundri. Untuk sistem air dan pembuangannya sendiri bisa menggunakan selang yang panajang. Anda juga bebas untuk emmilih mengunakan mesin cuci bukaan atas atau mesin cuci bukaan depan.

3. Kamar mandi

Jika Anda tidak memiliki kamar mandi khusus tamu, Anda bisa membangunnya di bawah tanga. Ukurannya memang tidak terlalu besar, tetapi cukup untuk di buat sebuah kamar mandi yang mencakup toilet duduk, dan wastafel. Bahakan jiak ruangan yang Anda miliki cuckup besar, Anda juga bisa menambahkan shower di dalamnya agar tamu Anda bisa mandi di kamar mandi tersebut. Agar saluran udara di dalam kamar mandi tidak pengap, jangan lupa menambahkan exhaust fan agar sirkulasi udara lancar.

4. Lemari televisi

Tangga untuk menuju ke lantai dua bisa Anda letakan di ruang keluarga. Agar ruang keluarga Anda menjadi lebih maksimal meskipun terdapat tangga, Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga sebagai lemari televisi. Selain itu bisa juga digunakan untuk menaruh pajangan lain seperti keramik atau buku-buku koleksi pribadi.

5. Rumah Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing, Anda bisa membuat rumah atau kamar berukuran kecil untuk mereka di bawah tangga. Dengan begitu hewan peliharaan Anda akan merasa senang karena memiliki tempat persembunyian yang khusus dibuat untuk mereka. Anda bisa meletakan alas tidur tipis di dalamnya dan menaruh beberapa mainan untuk melengkapi rumah hewan peliharaan Anda.

6. Ruang kerja

Biasanya keterbatasan ruangan membuat Anda menganaikan keberadaan ruang kerja di rumah Anda. Padahal ruang kerja bisa Anda gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kantor yang tertunda atau bisa juga difungsikan sebagai tempat belajar bagi anak-anak. Sebagai solusi, Anda bisa memnfaatkan ruang ksosong di bawah tangga untuk dijadikan sebagai ruang kerja.

7. Rak buku

Bagi Anda yang hobi membaca dan memiliki koleksi buku yang tak terhitung jumlahnya, pasti Anda merasa bingung dimana harus meletakan buku-buku tersebut. Apalagi jika lemari atau rak buku di kamar Anda sudah tidak bisa menampung koleksi buku milik Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memnbuat rak buku di bawah tangga.

8. Lemari wine

Insipari desain ruang josong di bawah tangga yang satu ini mungkin hanya cocok di terapkan di negara yang masyarakatnya gemar meminum wine. Bagi mereka, mengoleksi wine adalah sesuatu yang sangat memyenangkan. Semakin lama Anda menyimpan wine, semakin nikmat rasanya. Jika Anda tidak memiliki lemari untuk menyimpan wine, Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga.

9. Lemari penyimpanan

Rumah yang berukuran sempit pasti tidak memiliki ruang khusus untuk menyimpan benda-benda yang jarang digunakan. Padahal ruang ksosong di bawah tangga juga bisa diubah menjadi lemarin penyimpanan berukuran besar. Bahkan, bisa dibuat menjadi lemari dengan loker yang besar dan berjumlah banyak.

10. Kamar tidur Harry Potter

Jika Anda penggemar filim Harry Potter, pasti Anda pernah melihat kamar tidur milik Harry sebelum diterima di sekolah penyihir. Kamar Harry Potter terletak di bawah tangga. Jika Anda ingin memiliki kamar seperti itu, Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga untuk dijadikan kamar tidur seperti Harry Potter. Namun, jangan lupa untuk menambahkan exhaust fam karena udaranya akan sangat panas dan pengap jika Anda menghabiskan waktu di dalam kamar tersebut.