03
Apr

Model Pintu Keren Untuk Kamar Tidur

MODEL PINTU UNTUK KAMAR TIDUR

Solusi Furniture Rumah

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai banyak model pintu untuk kamar tidur anda, dari yang sederhana sampai yang memiliki gaya unik dan mewah. Nah dalam artikel ini kami akan membahas berbagai jenis model pintu untuk kamar tidur anda. Mau tahu apa saja? yuk simak ulasan di bawah ini

1. Model Pintu Kamar Bypass atau Pintu Geser

Model Pintu Kamar Geserirastar.com

Disebut juga pintu bypass, pintu geser adalah model pintu kamar yang juga kerap ditemui di perumahan. Sesuai namanya, model pintu kamar geser menggunakan konsep ‘digeserkan’ dari kiri ke kanan, atau sebaliknya. Tidak seperti model pintu kamar lainnya yang berayun dari luar ke dalam, atau sebaliknya. Model pintu kamar geser akan disertai dengan bingkai dudukan ataupun dipasang dengan menggunakan sistem gantung untuk proses menggeser pintu yang leluasa. Baca Juga : Cara mencegah daun pintu memuai

Model Pintu Kamar Geserebay.co.uk

Termasuk salah satu jenis model pintu minimalis, model pintu kamar ini sering digunakan terutama di area rumah yang tidak banyak memiliki ruang, sehingga kamu tidak usah khawatir akan posisi pintu yang terbuka tidak sempurna atau terkena perabot yang di luar. Otomatis, model pintu kamar geser sering menjadi solusi saat menata rumah-rumah kecil atau pada kamar yang agak sempit.

2. Model Pintu Kamar Paling Umum, Pintu Engsel

Model Pintu Kamar Engselpinterest.com

Jenis pertama untuk model pintu kamar adalah pintu engsel, yang menggunakan konsep ayun untuk tutup-buka dan dipasang dengan engsel. Pintu engsel adalah model pintu kamar yang paling umum kita jumpai di rumah-rumah dengan bahan solid. Contohnya kayu, papan, kaca, dan vinyl untuk seluruh permukaannya.

Model pintu kamar ini bisa dibeli dalam bentuk terpisah, yaitu pintu tersebut sendiri atau dibarengi dengan unit kusen secara komplit. Jika dibeli secara komplit, maka model pintu kamar ini sudah dilengkapi dengan engsel supaya instalasi pintu engsel ini dapat kamu kerjakan sendiri di rumah. baca Juga : Jenis Pintu Rumah

READ  Ini 5 Faktor untuk Menentukan Ketinggian Plafon Hunian

2. Pintu Panel

Model Pintu Kamar Panelloversiq.com

Sebenarnya tidak ada banyak perbedaan antara pintu engsel dengan model pintu kamar yang berjenis panel. Prinsip kerjanya tetap menggunakan engsel dengan konsep buka-tutup dari luar ke dalam atau sebaliknya.

Yang membedakan model pintu kamar jenis panel adalah pada permukaan pintu yang tidak seluruhnya tertutup, tetapi telah digantikan dengan bukaan dengan model miring.  Jadi, jika dilihat dari luar, akan ada nampak cahaya atau aliran udara yang keluar dari bukaan miring tersebut.

Pintu panel sering digunakan untuk lemari, pintu kloset, pintu kamar laundry, atau pintu kamar garasi karena sifatnya yang bisa memberikan ventilasi, tetapi tetap ada unsur privasi bagi pemakainya. Model pintu kamar ini juga bisa disesuaikan dalam segi bukaannya, baik full, semi, maupun custom sesuai kebutuhan.

4. Pintu Lipat (Bifold)

Pastinya model pintu kamar lipat juga bukan jenis yang asing lagi bagi kita. Umumnya model pintu kamar lipat sering dipasang untuk menutupi ruang-ruang seperti garasi, kloset, dapur, ataupun area laundry di rumah.  Model pintu kamar lipat juga terdiri dari berbagai bahan yang berbeda-beda, seperti kayu tipis, besi atau komposit gabungan seperti campuran antara kayu dengan vinyl.

Model Pintu Kamar Bifoldhomedepot.com

Cara kerja model pintu kamar berjenis lipat adalah pada ulir besi yang telah dimasukkan pada ujung atas dan bawah setiap lipatan pintu, sehingga proses membuka dengan menggeser/ melipat dapat berjalan dengan mudah.

Dibandingkan dengan pintu geser, model pintu kamar jenis lipat memiliki kelebihan tersendiri, yaitu kondisi pintu yang bisa terbuka dengan sempurna, berbeda dengan model pintu kamar geser, kecuali pemilik rumah mengkondisikan ruang geser yang memadai untuk bukaan sempurna.

5. Pintu Ganda

Model Pintu Kamar Gandahouzz.com

Mau punya model pintu kamar yang berkesan dramatis nan elegan di dalam rumah? Pintu ganda bisa menjadi solusi yang kamu cari, karena stylenya yang lebih dominan, anggun dan juga cantik.

READ  Tips Menata Dapur Kering dan Dapur Basah

Sesuai namanya, pintu ganda terdiri dari dua daun pintu yang saling bertemu di tengah saat ditutup. Masih menggunakan konsep yang sama dengan pintu engsel, yaitu buka tutup dan engsel sebagai penahan, pintu ganda bisa terbuat dari berbagai macam bahan seperti kayu, kaca (French Door), dan papan.

Model pintu ganda sering digunakan terutama untuk rumah yang berukuran besar dengan gaya mewah, misalnya untuk kamar utama, kamar keluarga, atau ruangan kantor yang butuh ekstra privasi. Baca Juga Tips Memilih Desain Pintu Rumah

6. Pintu Pocket atau Pocket Door

Model Pintu Kamar Pocketpinterest.com

Hampir sama dengan model pintu kamar yang berjenis geser, pintu pocket juga menggunakan konsep slide atau geser yang efisien. Bedanya adalah, pintu pocket menggunakan konsep “tersembunyi” saat digeser, sedangkan pintu geser selalu masih terlihat di  bagian samping.

Konsep ” tersembunyi” dari model pintu kamar jenis pocket ini bisa terjadi karena teknik pembuatannya yang saling melengkapi antara geseran pintu dengan dudukannya. Pintu pocket juga dianggap memiliki elemen arsitektur yang menarik dan hemat tempat, baik untuk pintu pocket single maupun dobel/ganda.

7. Pintu Pivot

Termasuk salah satu model pintu kamar yang baru dan kekinian, pintu pivot mungkin masih agak jarang dijumpai pada perumahan umumnya.  Berbeda dengan pintu engsel yang ditahan pada bagian samping, pintu pivot terbuka pada engsel yang ditahan pada bagian tengah pada atas dan bawahnya.

Model Pintu Kamar Pivotarchiexpo.com

Saat dibuka, pintu pivot akan terbuka pada kedua sisi dan tertahan pada tengah- tengah kusen pintu, sehingga terlihat sangat unik dan menarik. Model pintu kamar non konvensional ini punya gaya khas tersendiri yang elegan dan lain daripada yang lain, sehingga sudah mulai banyak pemilik rumah ingin menerapkannya di luar maupun dalam rumah.

READ  Warna Cantik Biru Tosca

Perlu diingat untuk pintu pivot, kamu tentunya membutuhkan ruang gerak pintu yang maksimal atau sekitar 180-360 derajat perputaran. Jika bisa diinstalasi dengan baik, bukan tidak mungkin rumah akan menjadi ekstra menarik dan elegan.

8. Pintu Dutch, Model Pintu Kamar Merangkap Jendela

Ingin punya pintu yang merangkap jendela? Pintu Dutch adalah jawaban yang kamu cari.

Masih menggunakan konsep engsel samping, model pintu kamar berjenis Dutch terdiri atas dua bagian/panel (atas & bawah), sehingga pintu bisa dibuka hanya pada salah satu bagian ataupun keduanya pada waktu bersamaan.

Model Pintu Kamar Dutchdesignsflair.com

Untuk ukuran, kedua panel pintu pada sebuah daun pintu yang sama bisa disesuaikan, baik kecil di bawah atau atas dan sebaliknya. Begitu juga dengan bahannya, misalnya bahan kaca di bagian atas dan kayu solid pada bagian bawahnya.

Model pintu kamar dutch memang agak jarang dijumpai di desain rumah modern masa kini, karena merupakan salah satu model pintu yang sudah agak kuno. Tetapi, bagi kalian pecinta gaya interior pedesaan atau tradisional, pintu dutch bisa memberikan sentuhan berbeda.