22
Jun

Material Unggul yang Ramah Lingkungan

Material Unggul yang Ramah Lingkungan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Bangunan ramah lingkungan saat ini banyak diminati oleh kalangan milenia, dimana materialnya yang ramah lingkungan membuat suasana hunian, dan bangunan gedung menjadi sejuk dan nyaman untuk di tempati. Material yang paling banyak jenisnya saat ini dan terus berkembang di masa yang akan datang, yaitu material yang mampu berkontribusi pada aspek ramah lingkungan maupun kesehatan manusia.

Teknologi baru yang bermunculan akan mengalahkan teknologi lama. Jenis yang dicari seperti struktur yang ringan dengan nanotechnology, cat antibakteri, kain/fabric anti stain dan lain-lain. Tidak hanya material ramah lingkungan, tetapi material yang dicari juga harus tahan terhadap cuaca yang ekstrim seperti sekarang, dan zat yang di tambahkan dalam material adalah :

Zat- zat yang ditambahkan material ramah lingkungan

– Nanotechnology, adalah suatu zat yang ditambahkan berukuran skala nano, ini merupakan zat material yang akan terbarukan dimana fisika.lipi.go.id dimana teknologi akan menjadi zat pemasok material terbaik.

– Microfiber, sebuah teknologi yang visualisasinya sebagai zat dalam penambahan material sebagai serat yang sangat halus. Dimana biasanya zat ini seperti kain, handuk dsb.

– Self Cleaning material, permukaan yang dapat membersihkan sndiri ini termasuk kelas material dimana dengan adanya kemampuan melekat untuk menghilangkn kotoran atau bakteri dari permukaan dengan berbagaimacam cara misal water striders

– Antimicrobial, merupakan material yang tahan terhadap microba, dimana material ini antri microba

– Anti fungus,  merupakan material yang diciptakan anti jamur, jika biasanya kayu sering terkena jamur, tetapi sebagian juga ada kayu yang tahan terhadap jamur

– Low voc, material yang mudah menguap artinya suatu senyawa organik yang rendah dengan uapan berbahaya . biasanya ditemukan pada material cat dinding baik cat interior dan eksterior. Dalam membangun bangunan hijau sebaiknya pilihlah cat yang mengandung low voc.

– Fire retardant, zat yang digunakan agar memperlambat atau menghentikan adanya penyebaran api.

– Moisture resistant, bahan material yag dapat mengatur kelembaban bentuknya kotak berwana hijau seperty gypsum

– Antibacterial: zat yag digunakan tahan terhadap bakteri, dimana pada saat pandemi wabah corona bahan material ini sangat cocok digunakan, sepeti :silver Ionization

Baca juga : kenapa harus memiliki bangunan hijau?

Sehingga dari komponen diatas yang ada spesifikasi zat-zat material yang ramah lingkungan dan cocok untuk diterapkan pada hunian dan bangunann rumah hijau agar kita lebih selektif lagi dalam memilih material. Dengan demikian pemilihan yang tepat pada sebuah material akan lebih membuat hunian nyaman untuk di tempati.

Bila kamu ingin bangun rumah? Gedung? Atau tempat-tempat yang membutuhkan material ramah lingkungan bisa kamu kunjungin kontak disini, dan konsultasikan perencanaan pebangunanmu ya..

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini sosial media, web, blog kemanapun yang kamu suka.