26
Okt

Masalah Dalam Mengecat Rumah dan Cara Menghindarinya

Masalah Dalam Mengecat Rumah dan Cara Menghindarinya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Aplikasi pengecatan yang benar akan menghasilkan hasil cat yang sempurna. Lapisan cat akan terlihat rata dan rapi sehingga dapat meningkatkan keindahan ruangan. Namun sebaliknya, apabila aplikasi cat terdapat kesalahan maka akan menghasilkan masalah pengecatan yang sangat mengganggu. Selain itu, dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan mengurangi keindahan ruangan.Nah, agar Anda tidak mengalami masalah pengecatan yang mengganggu keindahan rumah. Maka Anda sebaiknya mengetahui masalah dalam mengecat rumah dan cara menghindarinya.

Cat Terlalu Tipis

Masalah cat yang terlalu tipis biasanya terjadi karena kesalahan memilih aplikator cat, baik kuas maupun roll. Sebaiknya, pilihlah kuas yang berkualitas dengan bulu yang tidak mudah lepas. Untuk area dinding yang luas, gunakan roll yang lebar untuk memudahkan proses cat rumah. Usahakan juga aplikasi kuas atau roll dalam satu arah untuk hasil pengecatan yang lebih rapi.

Cat terlalu tipis juga bisa terjadi akibat terlalu banyak mencampurkan air ke cat ketika pengadukan. Ikuti takaran campuran air dan cat yang sesuai dengan jenis cat. Perhatikan pula daya sebar cat yang biasanya tertera pada kemasan atau kaleng cat.

Percikan ke Lantai

5 Masalah Mengecat Rumah dan Cara Menghindarinya

Inilah risiko yang paling sering terjadi ketika mengecat rumah. Terlebih bila proses cat rumah yang membutuhkan banyak detil seperti saat membuat mural di dinding. Anda bisa mencegahnya dengan memasang penutup pada area lantai. Usahakan adukan cat jangan terlalu cair karena lebih mudah mengalir ke lantai ketika diaplikasikan ke dinding.

Cat Menggelembung

5 Masalah Mengecat Rumah dan Cara Menghindarinya

Cat menggelembung biasanya terjadi karena lapisan cat tidak menempel sempurna dengan permukaan dinding. Hal ini disebabkan oleh dinding yang kotor atau lembap ketika dicat. Jika dibiarkan, cat yang menggelembung bisa pecah dan membuat cat dinding terkelupas. Bila sudah begini, tentu tampilan cat rumah tidak akan menarik lagi.

READ  Anti Licin, Gunakan Jenis Keramik Kamar Mandi Ini

Untuk mencegahnya, sebaiknya bersihkan permukaan dinding yang akan dicat sebelum melakukan pengecatan. Bila cat di dinding sudah terlanjur menggelembung, Anda sebaiknya bersihkan permukaan dinding dengan mengelupas cat bergelembung. Bila perlu, gunakan paint remover untuk pembersihan yang lebih maksimal.

Cat Retak

5 Masalah Mengecat Rumah dan Cara Menghindarinya

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan cat retak, pertama karena permukaan dinding yang kurang siap untuk dilapisi cat misalnya karena acian retak sehingga perlu diaci ulang. Penyebab kedua adalah kualitas cat yang kurang baik sehingga mudah retak ketika cat mengering. Cat yang sudah disimpan terlalu lama juga berisiko mudah retak bila diaplikasikan ke dinding, karena itu sebaiknya periksa kualitas cat rumah Anda sebelum mengaplikasikannya.

Warna Cat tidak Rata

5 Masalah Mengecat Rumah dan Cara Menghindarinya

Ada kalanya pemilik rumah hanya mengecat sebagian area dinding karena dinding terkena noda. Agar hasil pengecatan ulang tampak rata, sebaiknya bersihkan area yang terkena noda terlebih dahulu dengan busa lembut atau bila perlu menggunakan paint remover. Kemudian pilih cat rumah dengan nomor yang sama dengan cat yang sudah digunakan pada dinding.

Warna tidak rata juga bisa disebabkan oleh permukaan dinding lama yang lembap atau berjamur. Sebaiknya, atasi dulu penyebab masalah dinding tersebut, contohnya menggunakan waterproofing. Untuk hasil yang lebih sempurna, gunakan juga cat dasar atau sealer.