24
Okt

Manfaat Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan

Manfaat Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Sebuah hunian biasanya terbagi atas beberapa ruang seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Jika hunian milik kamu berukuran besar, ruang-ruang tersebut bisa dengan mudah didesain terpisah satu sama lain dengan dinding sebagai pembatasnya.Bagaimana jika hunian berukuran kecil? Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah menyatukan beberapa ruangan sekaligus. Misalnya ruang makan menyatu dengan dapur atau ruang keluarga menyatu dengan ruang makan minimalis.Dengan cara menyatukan dua ruangan sekaligus, kamu bisa menghemat lahan pada hunian bahkan penggunaan furnitur. Hanya saja, kamu perlu berpikir kreatif agar ruangan tersebut tidak terlihat sesak dan tetap nyaman untuk digunakan. Manfaat desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan sangatlah berguna. Pasalnya hal ini akan menghemat ruangan.

Ruang Terlihat Lebih Besar dan Cerah

7 Manfaat Desain Ruang Keluarga menyatu dengan Ruang Makan

Efek yang paling terasa saat Anda menyatukan ruang keluarga dengan dapur adalah ruangan yang tampak lebih besar, lega, dan cerah. Ruang akan tampak semakin kecil jika terdapat partisi, baik dalam bentuk tembok atau pun partisi portable. Menghilangkan sekat antara ruang, dalam hal ini antara dapur dan ruang keluarga, membuat interior ruang Anda tampak lega dan menyenangkan.

Keluarga Menjadi Lebih Akrab dan Hangat

Umumnya, ruang keluarga adalah pusat aktivitas keluarga. Pada saat senggang, Anda dan keluarga akan bercengkerama atau bersantai di ruang keluarga. Namun pada saat ini, ada kecenderungan bahwa dapur juga menjadi pusat kegiatan keluarga yang baru.

7 Manfaat Desain Ruang Keluarga menyatu dengan Ruang Makan

Jika Anda menyatukan ruang keluarga dan dapur Anda telah menyatukan dua pusat aktivitas keluarga tersebut. Tentu saja cengkerama dengan keluarga semakin asyik. Lebih lanjut, Anda juga meniadakan perasaan terisolasi saat memasak di dapur dibandingkan saat Anda memasak pada dapur konvensional. Anda pun bisa berinteraksi akrab dengan keluarga/kawan yang sedang bersantai pada saat memasak.

READ  Dekorasi Kamar Dari Barang Bekas

Akses Ruang yang Lebih Mudah

Dapur dan ruang keluarga yang menyatu membuat Anda dan keluarga lebih mudah mengakses ruang-ruang di sekitarnya, seperti kamar tidur, taman belakang (jika Ada), ruang tamu, dan tentu saja ruang makan.

7 Manfaat Desain Ruang Keluarga menyatu dengan Ruang Makan

Pada ruang berkonsep terbuka, ruang makan biasanya berada di antara ruang keluarga dan dapur. Bentuknya bisa berupa set meja makan lengkap dengan kursinya, namun juga ada pula yang bersifat minimalis dalam bentuk minibar yang menyatu dengan kitchen island atau, untuk ruang yang lebih mungil, berbentuk peninsula. Penataan tersebut juga mempermudah pemilik rumah dalam menyiapkan makanan.

Mudah Mengawasi Anak-anak

7 Manfaat Desain Ruang Keluarga menyatu dengan Ruang Makan

Poin ini terutama sangat efektif bagi Anda yang memiliki putra-putri yang masih kecil. Penyatuan dapur dan ruang keluarga dalam desain terbuka tentu saja akan membuat Anda yang sedang memasak leluasa mengawasi si kecil yang sedang beraktivitas di ruang keluarga. Anda pun tenang memasak, si kecil pun merasa aman merasa selalu dekat dengan diri Anda.

Ruang Lebih Mudah Dibersihkan

7 Manfaat Desain Ruang Keluarga menyatu dengan Ruang Makan

Ruang yang terbuka tentu saja lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan ruang yang penuh sekat. Karena tidak banyak sudut, tentu proses pembersihan ruang juga lebih cepat.

Pengaturan Furnitur Lebih Mudah dan Luwes

7 Manfaat Desain Ruang Keluarga menyatu dengan Ruang Makan

Ruang yang lebih lega seperti ruang keluarga sekaligus dapur memungkinkan Anda lebih leluasa dalam mengatur dan memilih furnitur untuknya. Jika Anda suka gaya minimalis, pemilihan furnitur yang tepat bahkan akan membuat ruangan semakin segar dan lega.

Enak untuk Acara Keluarga

7 Manfaat Desain Ruang Keluarga menyatu dengan Ruang Makan

Acara keluarga, arisan, atau sekadar rapat RT, memerlukan ruang yang lebih luas dari ruang pada umumnya. Jika Anda memiliki ruang tanpa sekat antara dapur dan ruang keluarga, maka Anda tidak akan terlalu kesulitan mendapatkan ruangan yang cocok untuk menampung jumlah orang yang banyak. Anda tinggal menyingkirkan furnitur yang ada terlebih dahulu, maka jadilah ruang yang lega untuk keperluan bersama.

READ  Desain Ruang Keluarga Multifungsi