12
Mei

Macam Macam Cara Pembuatan Bak Air Kamar Mandi

MACAM MACAM CARA PEMBUATAN BAK AIR KAMAR MANDI 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dalam pembuatan bak air kamar mandi ada berbagai cara sobat. Jika anda akan membuat bak air kamar mandi anda dapat menyimak ulasan di bawah ini yang akan membahas mengenai berbagao cara pembuatan bak air yang baik dan benar. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

Pertama

bak air sudah dicetak dahulu di tempat lain, yang banyak dijual dalam bentuk bak sudah jadi dengan berbagai ukuran misal ukuran dalam panjang 60 cm x lebar 60 cm dan tinggi 60 cm. Ketebalan bak tersebut sekitar 5-8 cm, dan jika kita coba diisi dengan air maka sudah cukup kedap. Jikapun ada sedikit rembesan, maka rembesannya sangat kecil sekali.
Jenis bak ini sangat bagus kalau kita beli kemudian kita pasang di kamar mandi, barulah kita pasang keramik. Cara pemasangan keramiknya pun sangat simple dengan sistem tipis. Bisa menggunakan semen instan atau adukan biasa dengan perbandingan 1 semen + 1pasir halus + air secukupnya.
Catatan
Pasir ini sebaiknya diayak 2 mm agar adukannya plastis dan mudah dikerjakan. Jika masih kurang plastis maka bisa kita tambahkan lem putih PVAC.
 

Kedua

Kita membuat sendiri dengan pasangan bata merah yang dipasang berdiri. Setelah bata merah dipasang, lalu diplester kedua permukaannya, bagian dalam, bawah, dan luarnya dengan adukan 1 semen +2 pasir halus dan air secukupnya. Jika plesteran sudah selesai, bagian dalam dan bawahnya diaci hingga seluruh permukaan bagian dalamnya rata dan padat. Jangan langsung dipasang keramik. Coba diuji dulu dengan menampung air hingga penuh selama satu malam. Jika tidak bocor, barulah dipasang keramik.