28
Jul

Macam Jenis Daun Jendela Yang Unik

Macam Jenis Daun Jendela Yang Unik

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorJendela merupakan bangunan yang memiliki fungsi utama sebagai ventilasi udara dan jalan masuknya cahaya. Karenanya, jendela menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan lingkungan sebuah rumah atau bangunan.

Selain mempengaruhi tingkat kesehatan di dalam rumah, jendela juga mempengaruhi nilai estetika sebuah rumah. Karena itu, pertimbangkan dengan baik mengenai posisi, bentuk, ukuran, hingga bahan jendela sebelum memasangnya.

Idealnya, pemilihan jenis jendela yang baik itu disesuaikan dengan tema atau konsep rumah yang Anda inginkan. Misalnya, rumah-rumah dengan konsep mediterania lebih tepat jika menggunakan tipe bay atau transom window.

Baca juga: 

cara membuat rumah sehat

inspirasi rak kayu yang bisa kamu tiru

Trik Menyekat Rumah Yang Perlu Kamu Tahu

Lalu, bagaimanakah dengan tipe jendela untuk rumah minimalis yang menjadi favorit masyarakat Indonesia? Berikut ulasan menarik mengenai tujuh pilihan jendela untuk rumah modern minimalis yang sudah di rangkum dari hgtv.com:

1Stationary Window

Contoh jendela

Contoh stationary window yang pemasangannya untuk jendela kamar mandi (hgtv.com)

Jendela stationary adalah jenis jendela yang tidak bisa dibuka. Model jendela ini bisa dipasang di sudut. Tipe jendela ini juga kerap ditemukan pada rumah minimalis modern atau bergaya kontemporer. Desainnya yang sederhana mencerminkan konsep rumah minimalis tersebut.

2Casement Windows

Di lihat dari gambar

Di lihat dari gambar contoh Casement window yang dipasang pada dapur rumah minimalis.

Casement windows merupakan tipe jendela yang bisa dibuka dengan engsel di bagian samping. Dengan demikian, jendela bisa dibuka lebar-lebar. Sebagai informasi, jendela dengan engsel di atas disebut awning windows sementara jendela dengan engsel di bawah disebut hoppers 

3Picture window

Jendela dengan tipe

Picture window pada gambar ini juga tepat diaplikasikan pada rumah minimalis. Biasanya, untuk rumah “grace glass house” atau rumah kaca.

Picture window mirip dengan stationary window, tidak bisa dibuka atau ditutup. Bedanya terletak pada ukurannya yang sangat besar. Beberapa bahkan dipasang sebagai pengganti tembok.

Jendela ini biasanya digunakan pada rumah-rumah dengan pemandangan yang menarik. Namun kini, picture windows digunakan pada rumah minimalis untuk menghadirkan kesan luas dan untuk menghadirkan cahaya alami.

Picture window kebanyakan diaplikasikan pada lantai dua. Di lantai 1, penggunaan picture window bisa membuat penghuninya risih karena kegiatan di dalam rumah bisa terlihat langsung oleh orang-orang yang lalu-lalang di jalan.

4. Awning window

Jenis

Jenis

Seperti dijelaskan sebelumnya, awning window memiliki engsel di atas dan membuka ke atas. Di luar negeri, jendela ini biasanya digunakan untuk ruang basement, yang tidak punya banyak ruang untuk menempatkan jendela.

Pada rumah minimalis, jendela ini digabungkan dengan jendela stationary dan ditempatkan di bagian atas atau bawah. Sehingga saat butuh ventilasi, cukup awning window yang berukuran kecil saja yang dibuka.

 

5. Double-Hung

double hung

contoh tipe double-hung yang ditempatkan di kedua sisi stationary window.

Tipe double-hung window adalah jendela yang terdiri dari dua daun jendela, yakni bagian bawah dan atas dengan proporsi yang tidak selalu sama. Daun jendela atas bisa dibuka dengan menggeser ke bawah, sedangkan daun jendela bawah bisa dibuka dengan menggeser ke atas.

6. Single-Hung

single hug

Contoh single-hung yang biasa diaplikasikan pada ruang tamu.

Single-hung mirip sekali dengan double-hung. Bedanya, hanya satu jendela yang bisa dibuka, yaitu bagian atas ke bawah, atau bagian bawah ke atas.

7. Sliding

sliding window

Terakhir adalah jenis sliding panel. Sesuai namanyatipe ini dibuka dengan cara digeser. Untuk memaksimalkan bukaan, daun jendela dibuat menjadi dua atau lebih.Anda bisa mngeaplikasikan jendela ini pada kamar tidur atau dapur.

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.