15
Apr

Lindungi Tanaman Taman Dari Hama

LIDUNGI TANAMAN TAMAN DARI HAMA

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Menjaga tanaman dari hama agar tetap terjaga keindahan taman anda salah satu kewajiban bai anda pemilik taman. Tahukah anda ada berbagai jenis hama yang dapat merusak tanaman anda. Nah dalam artikel di bawah ini kami berikan beberapa tips bagaimana melindungi tanaman anda dari hama. Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Ulat hama

hama tanaman berupa ulat hitam pada daunhgtv.com

Salah satu hama tanaman yang paling umum, ada banyak jenis ulat hama yang harus dihadapi pecinta tanaman. Untuk kategori tanaman hias, kalian harus waspada pada dua jenis ulat hama yaitu Spodoptera sp. yang menyerang daun dan Noctuidae yang menyerang bagian batang.

Pertanda tanamanmu telah diserang hama tanaman ini terlihat pada daun yang berubah warna dan pecah-pecah atau batang yang menjadi rentan dan mudah patah.

Cara terbaik untuk mengatasi ulat hama adalah dengan mengambil hama tanaman ini dari tanaman yang diserang. Namun efektifnya, disarankan untuk menggunakan pestisida, baik yang alami seperti bawang putih maupun insektisida sistemik minimal seminggu sekali untuk perlindungan maksimal.

Baca Juga : Cara Membersihkan Lantai Kayu

2. Tungau laba-laba

hama tanaman berupa tungau laba-laba di daun tampak dekatcropwatch.uni.edu

Hama tanaman ini cukup berbahaya karena menyerang bagian daun dengan cara menyerap cairan dan unsur hara tanaman. Serangan tungau laba-laba atau spider mite juga biasanya intens dan berlangsung cepat dalam skala besar. Tak pelak, tanaman bisa mati dalam kurun waktu singkat.

Lebih kebal terhadap insektisida, disarankan untuk membasmi hama tanaman ini menggunakan akarisida, yaitu bahan senyawa kimia beracun yang ampuh membunuh rumpun keluarga tungau, caplak dan laba-laba.

3. Kutu tanaman

hama tanaman berupa kutu putih pada daunallotment-garden.org

Beberapa jenis kutu tanaman yang ditakuti oleh tanaman antara lain adalah kutu putih dan kutu perisai. Kutu putih adalah hama tanaman yang sering menyerang tanaman hias pada dataran rendah.

Sesuai namanya, hama tanaman berupa kutu putih berwarna putih dan bisa terlihat bergerombol di batang ataupun daun tanaman. Sementara itu, untuk kutu perisai umumnya hanya menyerang bagian daun, terutama di bagian tulang daun. Baca Juga : Cara Membuat Kusen Kayu

hama tanaman berupa kutu perisai di lembaran daun panjanggardeners.com

Kedua jenis hama tanaman ini sulit diberantas karena punya sistem perlindungan tersendiri. Kutu putih memiliki lapisan lilin, sedangkan kutu perisai memiliki bentuk perisai pada punggungnya.

Untuk membasmi hama tanaman ini, gunakan campuran deterjen cair dengan air untuk menghilangkan lapisan lilin pada kutu putih. Lanjuti dengan insektisida sistemik dan bahan aktif acephate untuk membasmi tuntas.

4. Belalang

hama tanaman berupa belalang di atas daunereceptionist.co.uk

Pemandangan umum belalang jangan dianggap sepele karena ia bisa menjadi hama tanaman yang merusak tanaman kesayangan di taman rumah. Belalang adalah pemakan daun, sama seperti ulat bulu.

Membasmi belalang bisa dilakukan dengan cara menangkap atau menyemprot dengan air menggunakan penyiram tanaman supaya hama tanaman ini sulit terbang dan bisa dienyahkan. Selain itu, gunakan saja pestisida organik atau alami racikan karena umumnya sudah cukup untuk mengusirnya.

Baca Juga : 4 Jenis Jenis Kayu Termahal

5. Tungau

hama tanaman berupa kutu di atas daunshutterstock.com

Tungau adalah sejenis kutu kecil yang kerap menyerang rumah, termasuk tanaman hias daun kalian. Sering mengganggu dan menyebabkan bercak-bercak di daun tanaman, tungau sulit dideteksi karena hampir tidak kasat mata. Jika daun tiba-tiba berwarna kuning dan gugur tanpa sebab, bisa jadi hama tanaman tungau telah menyerang tanaman kesayangan.

Untuk mengatasi serangan hama tanaman ini, segera potong bagian yang terinfeksi tungau lalu bakar kumpulan daun tersebut. Lanjuti juga dengan insektisida untuk membasmi hingga benar-benar hilang.

6. Cacing liang

hama tanaman berupa cacing liang di atas batuworldatlas.com

Cacing liang adalah hama tanaman yang menggeliat di bagian dalam tanah dan menyerang bagian akar tanaman. Otomatis tanaman akan menjadi kerdil dengan pertumbuhan lambat atau bahkan berpotensi mati sebelum mekar atau berbuah.

Untuk hama tanaman yang satu ini, kalian boleh mencoba pestisida alami atau organik sebelum mencoba senyawa kimia. Ada pula jenis nematisida atau cairan khusus pembunuh cacing dan hama tanaman lainnya.

7. Tikus

hama tanaman berupa tikus kecil di atas daun penuh bijianimalcorner.co.uk

Hama tanaman yang satu ini wajib dihindari karena bisa menyerang tanaman secara langsung, sekaligus pertanda buruk bahwa rumah sehat gagal terwujudkan. Tikus gemar memakan batang tanaman yang masih muda dan biji-biji tanaman.

Untuk mengatasi tikus sebagai hama tanaman, coba perangkap tikus atau budidayakan tanaman tabulampot yang ampuh sebagai salah satu cara mengusir tikus. Gunakan juga rodentisida atau pembasmi tikus serta cari sumber persembunyian tikus.