28
Feb

Langkah Renovasi Sederhana

Langkah Renovasi Sederhana

Langkah Renovasi Sederhana – Rumah yang sudah berdiri bertahun – tahun akan mengalami penurunan kualitas material serta kekokohan pada suatu bangunan. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya anda melakukan renovasi pada banguna agar tetap berdiri kokoh. Melakuakan renovasi pada sebuah bangunan memerlukan ketelitian serta ketepatan dalam  pengerjaan. Anda bisa melakukannya sendiri untuk merenovasi rumah. Berikut langkah renovasi tepat merenovasi rumah.

  1. Tentukan Terlebih Dahulu Bagian Bangunan Yang Ingin Direnovasi

Sebagai contoh anda akan merencanakan renovasi pada dapur, kamar tidur ataupun bagian bangunan lain nya seperti atap, dinding dan lain sebagainya.

  1. Dapatkan Informasi Sebanyak Mungkin

Untuk dapat mencari informasi yang anda butuhkan mengenai desain yang ingin diterapkan. Anda dapat mencari referensi dari berbagai nara sumber seperti buku-buku arsitektur, internet atau dengan melakukan konsultasi secara langsung dengan konsultan seperti arsitek, desain interior ataupun perencana bangunan.

  1. Membuat Suatu Skala Prioritas

Apabila anda membuat suatu skala prioritas dengan cermat. Secara tidak langsung akan membantu anda didalam membuat anggaran bangunan agar tidak keluar dari budget yang sudah dianggarkan. Mengingat suatu proses renovasi bangunan akan membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Sebaiknya anda dapat mempersiapkan anggaran tersebut dengan sangat seksama dan juga mempersiapkan dana cadangan sebagai antisipasi akan adanya pengeluaran yang tidak terduga selama proses renovasi berlangsung. Nilai dana cadangan yang dianjurkan adalah 10-20% dari total dana keseluruhan yang akan digunakan untuk renovasi tersebut.

  1. Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB)

RAB adalah sebuah perencanaan awal yang menyangkut suatu jenis pekerjaan serta perkiraan atau estimasi biaya yang diperlukan dan akan terjadi untuk dapat menyelesaikan suatu kegiatan renovasi bangunan. RAB memiliki peran yang sangat penting ketika Anda ingin melakukan kegiatan renovasi untuk jenis bangunan apapun. RAB juga bisa dijadikan sebagai salah satu tips hemat membangun rumah tinggal loh.

  1. Menggunakan Tenaga Profesional

Jika anda memutuskan untuk menggunakan tenaga professional, pastikan anda dapat membangun komunikasi dan relasi yang baik dengan semua pihak yang terlibat didalam proses renovasi tersebut. Tidak ada salahnya jika anda ikut memantau langsung jalan nya proses pekerjaan yang anda percayakan pada tenaga

professional tersebut. Selain itu anda juga dapat terlibat langsung saat memilih jenis furniture atau bahan material yang akan digunakan Bersama-sama dengan konsultan tersebut. Keuntungan lain dengan memakai tenaga professional ini adalah, biasanya akan menawarkan garansi jaminan pekerjaan jika ada bagian yang rusak atau kurang memuaskan akibat kesalahan yang ditimbulkan dari pihak mereka. Sehingga mutu pekerjaan tetap dapat terjamin seperti yang diharapkan.

Membuat Rencana Jadwal Renovasi Dengan Tepat

Sebaiknya anda dapat membuat suatu jadwal proses renovasi sebelum pengerjaan dimulai. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang tidak perlu. Contohnya didalam hal menjaga efisiensi waktu dan biaya yang akan berpengaruh terhadap biaya yang sudah dianggarkan menjadi berlebih karena terlalu banyaknya biaya tidak terduga yang timbul.

Pastikan juga anda memberikan tenggang waktu yang disepakati oleh pihak konsultan saat melakukan renovasi. Contohnya tiga bulan atau enam bulan untuk dapat menyelesaikan keseluruhan pekerjaan dengan tepat waktu. Hal lain yang sebaiknya anda pertimbangkan juga adalah  mencari tempat tinggal sementara selama proses pekerjaan renovasi berlangsung, sehingga aktifitas anda maupun aktifitas proyek renovasi tetap dapat berjalan lancar seperti yang diharapkan tanpa ada kendala.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666