05
Sep

Langkah Mudah Cara Mengecat Tembok

Langkah Mudah Cara Mengecat Tembok

Langkah Mudah Cara Mengecat Tembok – Dari sekian banyak pekerjaan merenovasi rumah yang bisa dikerjakan sendiri adalah mengganti cat dinding. Sebenarnya mengecat dinding juga merupakan hal yang mudah dan relatif murah. Jika ada kesalahan, kamu bisa mengulanginya lagi. Namun, sebelum akan memulai mengecat dinding, ada sejumlah hal yang harus Anda diperhatikan. Pelajari seluruh langkah dan ikuti caranya berikut ini.

1. Melakukan Perencanaan

Sebelum mengecat dinding, pikirkan apakah kamu akan mengaplikasikan warna cat yang sama pada seluruh dinding. Coba pikirkan aksen warna berbeda pada salah satu dinding. Jangan lupakan langit-langi, apakah dicat berbeda.

2. Memilih Warna Cat Tembok

Ada beragam pilihan warna cat tembok. Kamu bisa memilih warna netral atau campuran. Warna netral seperti putih menjadi solusi yang aman, tetapi tidak usah takut memilih warna yang lebih berani. Jangan lupa untuk memikirkan apakah warna cat dinding akan selaras dengan furnitur, dekorasi, dan lainnya.

3. Memilih Peralatan

Sebelum mengecat dinding, pastikan semua peralatan telah dipersiapkan seperti kuas, cat, roller, tempat menaruh cat, tangga, pakaian yang nyaman, penutup hidung, kain lap, ember, dan lainnya. Beragam peralatan dibutuhkan karena kondisi dinding pastinya berbeda.

4. Menghitung Jumlah Cat yang Dibutuhkan

Kamu harus melakukan penghitungan berapa jumlah cat yang dibutuhkan. Hitung berapa luas dinding yang akan dicat. Setelah itu, kamu bisa menanyakan kepada toko cat mengenai jumlah cat yang dibutuhkan. Biasanya toko cat sudah memiliki perhitungan berapa liter cat yang diperlukan.

5. Merapikan Dinding dan Ruangan

Sebelum memulai pengecatan, segera rapikan ruangan. Kalau memang mungkin, keluarkan seluruh perabotan. Jika tidak, kamu bisa menutupinya dengan koran bekas. Lantas perhatikan dinding, apakah permukaan masih rata atau perlu ditambal dan dipoles terlebih dahulu.

6. Mencampur Cat Terlebih Dahulu

Gunakan ember atau baki untuk menaruh cat. Tuang sedikit cat dan lakukan sedikit tes dengan mengecat bagian kecil dari dinding. Mungkin kamu ingin memulainya dengan sapuan cat yang lebih halus atau ingin mencoba variasi warna.

7. Menentukan Teknik Mengecat

Untuk mengecat dinding yang luas tentunya membutuhkan cara yang cepat, mudah, dan efektif yaitu dengan menggunakan roller. Kamu bisa melakukannya dari atas ke bawah. Jangan lupa untuk memerhatikan hasil, apakah sudah rata atau belum.

8. Tidak Melupakan Ventilasi Udara

Saat mengecat, jangan lupa untuk membuka jendela atau menyalakan kipas angin. Hal ini bisa mempercepat proses pengeringan cat.  Selain itu, jendela yang terbuka bisa membantu sirkulasi udara sehingga bau cat tidak terkonsentrasi di dalam ruangan.

9. Membersihkan Ruangan

Setelah mengecat, proses selanjutnya adalah membersihkan ruangan. Perhatikan seluruh ruangan apakah ada sisa cat di lantai. Jangan sampai cat masih membekas, hal ini tentunya membuat lantai terlihat kotor.

10. Menentukan Waktu yang Cukup

Saat melakukan pengecatan sendiri tentunya membutuhkan waktu tergantung dari ukuran ruangan, teknik mengecat, dan kemampuan mengecat. Proses mengecat bisa membutuhkan waktu beberapa jam atau bahkan beberapa hari. Selain itu, mengecat rumah pastinya membutuhkan dana. Pastikan kamu memiliki dana yang cukup.