06
Sep

Langkah-langkah Mengecat Tembok Batu Bata

Langkah-langkah Mengecat Tembok Batu Bata

Tembok Batu Bata – Tampilan tembok batu bata memang sekarang menjadi trend kembali. Pasalnya dinding bata memberikan kesan klasik yang menarik untuk dilihat. Sebenarnya warna bata itu sendiri memiliki warna yang sangat menarik untuk memperindah rumah. Namun, untuk membentuk suasana maka tampilan dari batu bata perlu diubah. Untuk mengubah tampilan batu bata, Anda dapat melakukan pengecatan. Sayangnya, mengecat batu bata tidak semudah yang diperkirakan. Sebagai awalan, permukaan pada batu bata sendiri itu kurang halus dan cenderung kasar. Apalagi, untuk tetap mempertahankan bentuknya, Anda tidak bisa melapisinya lagi dengan semen. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melapisi permukaan batu bata menggunakan cat terbaik, misalnya saja dari Bital Asia. Setelah memilih cat yang sesuai, kini saatnya Anda praktikan beberapa tips berikut ini untuk mengecat tembok batu bata.

Membersihkan Permukaan Tembok

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan permukaan tembok bata. Anda bisa memanfaatkan spons penggosok, sikat, dan penyedot debu. Bersihkan permukaan tembok yang akan dicat secara menyeluruh. Hilangkan debu yang menempel pada tembok. Hal ini bertujuan membuat cat tembok bisa menempel dengan baik.

Setelah selesai membersihkan, tembok didiamkan selama satu hari atau tunggu sampai mengering. Permukaan yang masih basah hanya akan membuat tembok jadi lembab dan menjadi tidak ideal untuk pengecatan. Pastikan tembok telah mengering sebelum berangkat ke langkah selanjutnya.

Amati Retakan Tembok

Selanjutnya, amati tembok batu bata Anda. Apakah Anda menemukan adanya retakan pada tembok? Jika nantinya Anda menemukan retakan, disarankan untuk menambal terlebih dahulu retakan tersebut. Anda bisa menggunakan dempul untuk mengisi retakan tersebut. Lanjutkan proses penambalan hingga tidak ada keretakan yang terlihat.

Tembok yang retak akan rentan terhadap air yang merembes. Tembok batu bata yang sering terkena air akan mudah ditumbuhi lumut. Hal ini akan membuat tembok bata Anda mudah pecah dan memunculkan keretakan lainnya.

Proses Pengecatan

Dengan kondisi dinding yang telah mengering dengan sempurna, kini saatnya memulai pengecatan. Sebaiknya, Anda menyiapkan dua jenis cat. Satu cat bertujuan sebagai dasaran untuk tembok dan satu lagi digunakan untuk cat primer.

Mengapa membutuhkan dua macam cat? Hal ini karena permukaan dinding batu bata cenderung kasar, jadi untuk mengatisipasinya Anda membutuhkan pelapisan ekstra. Ini bertujuan supaya hasil akhir pengecatan menjadi lebih bagus.

Setelah mengaplikasikan cat dasar, langkah selanjutnya untuk yaitu Anda mengaplikasikan cat primer. Anda bisa menggunakan roll, semprot, atau kuas untuk menempelkan cat pada tembok. Gunakan kuas yang berukuran kecil untuk memberi warna lain pada tembok bata. Pengecatan menggunakan cat primer ini sebaiknya dilakukan 2-3 kali supaya mendapatkan warna yang sempurna.

Memilih Cat Terbaik

Supaya menghemat pengeluaran, Anda bisa memilih cat yang bagus dan murah, misalnya saja cat jenis waterproofing. Cat waterproofing mampu melindungi tembok dari jamur, lumut, maupun rembes. Selain itu, cat jenis ini juga akan menutup dengan sempurna.

Salah satu jenis cat yang bagus dan memiliki daya tahan kuat adalah bitadur. Cat produksi dari Bital Asia ini merupakan cat waterproofing yang memiliki banyak warna. Selain itu, cat dari Bital ini berteknologi Belgia jadi sudah sesuai dengan standar internasional. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas yang ada.