11
Apr

Langkah-Langkah Memasang Dinding Wallpaper

Langkah Cara Memasang Wallpaper Dinding Sendiri

Tips Ruangan Harum

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Wallpaper pada dinding sering menjadi pilihan untuk menambah keindahan pada tembok anda. Tetapi tahukah anda memasang wallpaper pada dinding tidak dapat di lakukan secara sembarang lohh. Karena jika di lalukan dengan sembarang wallpaper anda menjadi tidak rapi dan tidak sesuai harapan anda. nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai langkah langkah memasang wallpaper yang benar, mari simak ulasan di bawah ini

1. Bersihkan dinding dari paku dan noda

Sebelum kamu memasang wallpaper, pastikan dinding kamu sudah dibersihkan dari paku dan noda-noda yang tidak diinginkan. Proses ini penting agar nanti kamu bisa menempelkan wallpaper kamu dengan sempurna.

Kalau menemukan dinding yang lembab dan mengelupas, kelupas catnya dan tambal dengan dempul tembok. Untuk masalah dinding berlubang karena paku, isi bagian bolong dengan dempul tembok agar wallpaper kamu tertempel rata.

Pokoknya, apapun masalah dinding kamu, kamu harus menyiapkan dempul tembok ketika akan memulai.

2. Tidak perlu terburu-buru

Persiapan untuk memasang wallpaper itu memakan waktu lama, jangan khawatir, dan jangan terburu-buru. Siapkan semua bahan yang kamu butuhkan dan singkirkan barang barang yang akan menganggu.

Jangan sampai ketika kamu tengah memasang wallpaper, kamu kekurangan lem, wallpaper, atau salah memotong wallpaper.

Baca Juga : Biaya Memasang Wallpaper

3. Ukur ketinggian dan lebar dinding

Pakai meteran untuk mengukur panjang dan lebar dinding yang akan ditutupi dengan wallpaper nantinya. Kemudian, tandai panjang dan lebar yang sudah kamu ukur di wallpaper.

Kalau wallpaper kamu berwarna cerah jangan tandai terlalu tebal ya, nanti tidak enak dilihat bekasnya di wallpaper kamu.

Selain itu, sisakan beberapa sentimeter agar kalau wallpaper kamu tidak sengaja sobek, kamu tidak perlu bingung menambal nantinya.

4. Gambar garis lurus pada dinding

Menggunakan pensil, gambar garis lurus dari atas hingga bawah dinding. Garis ini nanti akan digunakan sebagai panduan dan garis memasang wallpaper.

Jangan mengandalkan garis pintu atau langit-langit, karena nanti wallpaper kamu bisa tidak tertempel dengan rapi.

5. Oleskan lem wallpaper

Kalau ukuran dan bahan-bahan sudah siap, mulai oleskan lem wallpaper dengan kuas. Jangan pakai kuas cat ya, karena teksturnya yang jarang dan mudah rontok akan membuat lem tidak teroles dengan rapih di dinding.

Oleskan lem wallpaper satu kali saja, karena kalau berlebihan, nanti kertas wallpaper akan basah dan menjadi keriput, tidak enak dipandang.

Baca Juga : Cara Beli Wallpaper

6. Tempelkan wallpaper

Karena lem sudah kamu oleskan di dinding, kini saatnya kamu menempelkan wallpaper dinding kamu.

Tempelkan kertas wallpaper dinding dengan perlahan, dan pastikan dinding tertutup rapi dengan wallpaper tanpa melewati garis awal.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, tambahkan sedikit lem di ujung wallpaper.

7. Ratakan wallpaper

Karena wallpaper dinding sudah ditempel, kini kamu harus memastikan wallpaper tersebut tertempel dengan sempurna di dinding. Cara untuk memastikannya cukup mudah, kamu hanya memerlukan kain perca.

Menggunakan kain perca, ratakan wallpaper dengan gerakkan memutar, seperti sedang mengelap. Hal ini penting agar tidak ada gelembung udara di wallpaper dinding kamu.