26
Okt

Kunci Utama Mendesain Powder Room Yang Nyaman Untuk Tamu

Kunci Utama Mendesain Powder Room Yang Nyaman Untuk Tamu

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Ternyata, ruangan kecil berisi wastafel, cermin dan toilet adalah sebutan yang populer untuk Powder room, lho. Powder room ini terletak didekat ruang tamu karena diperuntukkan bagi tamu agar akses nya mudah, fungsi lainnya ruangan ini digunakan untuk merias diri. Luasan dari powder room sendiri relative kecil dikarenakan tidak membutuhkan banyak furniture, beberapa rumah memanfaatkan area bawah tangga untuk dijadikan powder room. Alih-alih memiliki luas yang sempit, tetapi powder room dapat diolah dengan desain yang cantik dan menarik agar tidak terlihat sempit. Karena itu, desain dan penataan di ruangan ini perlu diperhatikan dengan seksama agar tamu yang menggunakan dapat merasa nyaman. Berikut ini kunci utama mendesain powder room yang nyaman untuk tamu.

Toilet

6 Kunci Utama Mendesain Powder Room yang Nyaman untuk Tamu

Bagaimana pun, sebuah powder room membutuhkan toilet sehingga kehadiran toilet menjadi faktor penting. Anda perlu pastikan seberapa luas ruang untuk toilet agar powder room yang Anda sediakan buat tamu tetap terasa nyaman. Mengetahui luas dari area toilet akan membantu Anda menentukan model dan jenis toiletnya sebelum Anda membeli. Ukuran toilet yang pas, tidak sempit, membantu menciptakan rasa nyaman di powder room.

Wastafel

6 Kunci Utama Mendesain Powder Room yang Nyaman untuk Tamu

Selain toilet, wastafel juga menjadi elemen wajib yang harus ada di powder room. Wastafel digunakan oleh para tamu untuk mencuci tangan. Tak jarang, para tamu pun akan menggunakan powder room untuk bercermin atau membetulkan penampilan mereka sebelum bertemu pemilik rumah. Untuk itu, tepat di depan wastafel, perlu ditempatkan cermin.

Satu hal lagi yang perlu diingat dari wastafel adalah pemilihan desain dan ukurannya. Perhatikan ukuran wastafel, posisinya dalam powder room, agar tidak mengganggu jalur sirkulasi keluar-masuk orang.

Rak di Powder Room

6 Kunci Utama Mendesain Powder Room yang Nyaman untuk Tamu

Salah satu faktor kenyamanan di powder room adalah tertatanya semua barang-barang pada tempatnya. Contohnya, handuk untuk mengelap tangan bisa ditempatkan di dalam rak bawah wastafel agar tidak terlihat berantakan. Perlengkapan powder room lainnya juga bisa ditempatkan di rak tersebut untuk menjamin kerapian dan keteraturan.

Area Lantai

6 Kunci Utama Mendesain Powder Room yang Nyaman untuk Tamu

Meski tidak dipakai untuk mandi, tak menutup kemungkinan lantai di powder room akan basah oleh air. Bisa saja ada cipratan air dari wastafel dan toilet yang terkena lantai. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan di powder room, Anda perlu memerhatikan material lantainya. Pilihlah yang agak “kasar” atau memiliki tekstur agar tidak licin.

Ventilasi

6 Kunci Utama Mendesain Powder Room yang Nyaman untuk Tamu

Sirkulasi udara yang lancar harus hadir di powder room karena mengingat fungsinya yang rentan membuat ruangan lembap. Bukaan seperti jendela bisa Anda tempatkan pada sisi atas dinding wastafel maupun toilet. Apabila tidak memungkinkan untuk memasang jendela, exhaust fan juga akan sangat membantu mengurangi kelembapan ruang.

Aksesori

6 Kunci Utama Mendesain Powder Room yang Nyaman untuk Tamu

Terkesan sepele, tetapi beberapa aksesori seperti tisu, sabun cuci tangan, cermin, dan lampu tak boleh absen di powder room. Aksesori ini akan membantu para tamu ketika menggunakan ruang tersebut. Pastikan tisu dan sabun cuci tangan selalu tersedia.