kontraktor jogja
14
Feb

Konsultasi Desain Gratis

kontraktor jogja
kontraktor jogja

KONSULTASI DESAIN GRATIS

Arsitek Indo Kontraktor – Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa arsitek untuk mendesain rumah Anda. Anda bisa langsung hubungi kami. Konsultasikan saja terlebih dahulu, dan kami akan bantu dalam mendesainkan rumah Anda. Untuk info lebih lanjut KLIK DISINI.

Tips Desain Rumah

1. Desain rumah minimalis cenderung geometris

Perspektif Eksterior Ahouse 1 Rumah Minimalis Oleh studiopapa Minimalis

Sesuai dengan makna harafiahnya, minimal artinya cenderung kurang, paling sedikit, atau pas. Desain rumah minimalis umumnya berbentuk geometris, yaitu kubus atau kotak tanpa atap pelana atau perisai. Di bidang arsitektur, gerakan minimalisme diawali oleh De Stijl dan Bauhaus di era 1920-an. Bila De Stijl mengedepankan abstraksi dan mengurangi ornamen-ornamen seni untuk kembali ke esensi bentuk dan warna, gerakan Bauhaus mempromosikan produksi massa serta perpaduan seni dan kerajinan dengan teknologi. Bentuk geometris adalah bentuk dasar rumah atau bangunan yang dikenal manusia sejak berpuluh tahun silam. Sedangkan atap datar dipilih karena atap jenis ini lebih cepat dibangun untuk sekelompok hunian yang dibangun secara massal.

2. Ringkas dan bersih

Living Room Design Concept Ruang Keluarga Minimalis Oleh Lighthouse Architect Indonesia Minimalis

Lighthouse Architect Indonesia

Living Room Design Concept

LIGHTHOUSE ARCHITECT INDONESIA

Bila sudah yakin memilih dan menjadikah minimalisme sebagai gaya hidup, maka langkah paling mudah yang bisa diterapkan adalah menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Agar sejalan dengan tujuan ini, desain rumah minimalis perlu dilengkapi dengan tempat-tempat penyimpanan di semua ruangan. Dapur sebagai pusat aktivitas berat di rumah seringkali tak terhindarkan dari keruwetan. Oleh karena itu sangat disarankan agar desain rumah minimalis menyematkan tempat-tempat penyimpanan yang besar, mudah diakses, dan tidak menghambat lalu lalang penghuni rumah. Usahakan agar dinding hanyalah dinding utama yang membatasi sekeliling area rumah, tidak ada dinding yang berdiri di tengah-tengah ruangan. Akan lebih baik lagi bila dapur terintegrasi dengan ruangan lain seperti ruang tamu atau ruang makan(open space).

3. Kohesifitas

Bedroom Kamar Tidur Minimalis Oleh Likha Interior Minimalis Kayu Lapis
Likha Interior

Bedroom

LIKHA INTERIOR

Dalam desain rumah minimalis, kohesifitas adalah penting agar tercipta kesinambungan antar elemen dengan cara sederhana. Usahakan agar potongan elemen-elemen dalam ruangan tampak sama dan saling melengkapi, tidak terlalu banyak detil, lebih sedikit warna, dan tidak terlihat tumpang tindih. Pada gambar ini, tempat penyimpanan ditata mengelilingi ruangan dengan bentuk geometris yang simpel dan serba lurus. Agar lebih serasi, furnitur lain di ruangan itu sebaiknya juga memiliki bentuk geometris yang senada. Tempat penyimpanan dinding geometris semacam ini juga menciptakan keterkaitan antara interior rumah dan eksterior rumah minimalis yang serba geometris.

4. Desain rumah minimalis itu sederhana

Ruang Studi/Kantor Minimalis Oleh PLUS ULTRA studio Minimalis
PLUS ULTRA studio

PLUS ULTRA STUDIO

Kami sudah menekankan hal ini dalam banyak artikel kami tentang desain rumah minimalis, dan akan mengulangnya kembali di sini. Minimalis adalah tentang kesederhanaan. Saat merancang desain rumah minimalis, ingatlah bahwa less is more(sedikit itu lebih). Untuk merealisasikan filosofi ini, warna putih biasa digunakan sebagai warna utama pada interior rumah minimalis. Mulai dari warna dinding, lantai, atap, furnitur, sampai kusen jendela. Menurut psikologi warna, warna putih identik dengan kesucian, kesehatan, dan awal yang baru. Jadi seharusnya tidak perlu ada kekhawatiran akan munculnya kebosanan akibat aplikasi warna putih di seluruh interior rumah. Dalam rangka mengatasi hal ini, sesuatu perlu ditambahkan dalam desain rumah minimalis. Yaitu penempatan obyek dengan warna kontras. Sesuai dengan prinsip dasar desain rumah minimalis, obyek yang dimaksud sebaiknya memiliki fungsi atau fungsional. Pada contoh, obyek semacam ini diwakili oleh kursi turqoise dan pagar pengaman dari logam bercat hitam.

5. Utamakan kualitas daripada kuantitas

Dining Area Ruang Makan Minimalis Oleh homify Minimalis
homify

Dining Area

HOMIFY

Tren furnitur yang silih berganti kadang bikin kita lapar mata dan ingin membeli semuanya. Prinsip desain rumah minimalis justru sebaliknya. Kita harus memikirkan secara matang benda apa saja yang akan dimasukkan dan ditata dalam ruangan sebelum membelinya. Adalah lebih bijaksana bila furnitur yang dipilih akan abadi, apa pun tren yang tengah hits. Bahan yang dipilih jelas harus tahan lama, tetapi tidak menyulitkan jika suatu saat akan dipindahkan. Seperangkat meja makan dan kursi makan gaya klasik modern seperti contoh sudah cukup manis menghiasi ruang makan dengan paduan warna kontras hitam putihnya. Hitam dan putih adalah dua warna abadi yang paling mudah dipadukan dengan warna lain, dan pastinya tidak akan membuat ruangan kita jadi mati gaya.

6. Desain rumah minimalis selalu maksimalkan keadaan

Balkon, Beranda & Teras Minimalis Oleh Estudio ODS Minimalis
Estudio ODS

ESTUDIO ODS

Ketersediaan lahan berlebih atau sangat sempit bukanlah halangan yang sukar diatasi dalam desain rumah minimalis. Satu hal penting yang perlu diingat adalah apa yang terlintas di benak kita dalam merespon kondisi lahan. Seorang profesionalberpengalaman bisa dimintai bantuan bila pemilik lahan masih bimbang dengan apa yang harus dibangun di atas lahan yang dimilikinya. Karakter geometris rumah minimalis sesungguhnya merupakan suatu keuntungan, karena banyak fungsi bisa diciptakan di atas atap datarnya. Teras, atau ruang bersantai bisa dibangun di atasnya. Bahkan sebuah kolam air hangat atau tempat berendam seperti contoh. Kualitas dan perawatan atap datar tentu saja harus diperhatikan agar tidak terjadi kebocoran.