17
Mei

Konsep Hunian Zen Living – Yuk simak ide desainnya!

Konsep Hunian Zen Living – Yuk simak ide desainnya!

zen living room decor ideas Off 73%

Kontraktor JogjaKonsep Hunian Zen Living – Yuk simak ide desainnya! Dengan mengacu pada prinsip Zen Living, Anda dapat menghadirkan kebahagiaan dan ketenangan dalam jiwa. Dalam prakteknya, Zen Living dapat diaplikasikan pada penataan rumah sehingga dapat tercipta suasana harmonis. Dapat bersantai di rumah tentu menjadi pelepas lelah saat Anda selesai menjalani kesibukan dan aktivitas yang padat. Untuk menjadikan suasana rumah Anda harmonis di rumah, terdapat beberapa hal dari Zen Living yang dapat diaplikasikan dari segi penataan ataupun cara bersikap. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan ketenangan dan suasana tentram di rumah Anda.

 

Tampil Sederhana

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Prinsip dari zen living yang cukup dikenal adalah shibumi. Dalam kaitannya dengan ilmu arsitektur, shibumi memiliki definisi ‘keindahan yang tidak sempurna’ atau ‘kemewahan yang membumi’. Intinya, prinsip shibumi pada zen living mendefinisikan indah berdasar kesederhanaan dari setiap hal. Prinsip shibumi mengutamakan barang yang memiliki nilai guna atau fungsi yang tinggi.

Taman di Ruang Terbuka

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Prinsip zen living meyakini bahwa alam memiliki peranan yang kuat dalam menciptakan keseimbangan hidup. Hubungan antara alam dan manusia perlu dijaga dan dikembangkan dengan baik agar tercipta keharmonisan. Oleh karena itu, keberadaan taman atau kebun sangat diperlukan pada hunian. Cobalah periksa kembali ke seluruh bagian rumah. Jika terdapat lahan terbuka yang masih kosong, hadirkan taman atau kebun di sana.

Hadirkan Tanaman Hias di dalam Rumah

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Hadirkan berbagai tanaman hias pada interior rumah. Bisa juga dengan menempatkan tanaman hias pada sisi-sisi yang tak biasa, seperti pada rak buku, kamar mandi, credenza, dan ruang-ruang lainnya agar rumah terasa lebih lega. Keberadaan tanaman dalam rumah dapat membuat kualitas udara di dalam rumah menjadi lebih segar dan membuat suasana penghuni rumah menjadi lebih baik.

READ  Mengenal Furniture Berbahan Rotan

Buat Ruangan Segar dengan Aroma dan Wewangian Khas

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Untuk membuat ruangan terasa segar dan wangi, gunakan lilin aroma terapi atau pengharum ruangan dengan aroma yang lembut dan tak terlalu kuat. Dengan adanya aroma yang khas, penghuni dapat merasa lebih rileks meskipun sedang berada di tengah keramaian kota.

Pencahayaan Optimal

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Di dalam arsitektur, pencahayaan natural adalah elemen yang penting dalam bangunan. Selain memberikan penerangan yang optimal, pencahayaan natural juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh penghuni rumah. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membuka tirai dan jendela di pagi hari agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah. Pada ruangan yang tak terkena cahaya matahari atau pada malam hari, lampu dengan terang yang tepat dapat membantu. Jangan lupa untuk mengganti lampu ruangan yang sudah mulai redup.

Gunakan Perpaduan Warna

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Menggunakan konsep yang sederhana bukan berarti tak boleh menggunakan perpaduan warna. Namun, pilihlah warna-warna yang soft dan sejuk seperti warna putih cream, hijau telur asin, dan biru teduh agar tak terlalu mencolok.

Nah, semoga penjelasan yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah inspirasi desain bagi Anda ya. Untuk tips dan informasi menarik lainnya bisa Anda simak di Kontraktor Jogja.