24
Agu

Keuntungan Terapkan Gaya Hidup Minimalis ala Jepang, Bisa Dimulai dari Hunian Lho!

Keuntungan Terapkan Gaya Hidup Minimalis ala Jepang, Bisa Dimulai dari Hunian Lho!

Hunian Minimalis – Gaya hidup minimalis menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang tinggal di kawasan perkotaan dan pada umumnya hanya memiliki lahan terbatas sebagai hunian. Jika hunian tidak luas, maka secara otomatis berbagai barang di dalamnya juga hanya akan terdiri dalam jumlah yang terbatas. Minimnya area perumahan dan juga pola hidup yang praktis tentu menjadi salah satu alasan utama warga Jepang menyukai tren minimalis ini. Tak bisa dipungkiri, jika pada kenyataannya pola hidup yang satu ini banyak memberikan dampak positif berupa keuntungan bagi kehidupan orang-orang yang menjalankannya.

Keuntungan dari Tren Minimalis

Memulai pola hidup minimalis yang diawali dari hunian merupakan cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan tren ini di dalam kehidupan. Awalnya memang akan terasa tidak mudah, jika ternyata selama ini Anda terbiasa dengan berbagai barang-barang dan juga kondisi rumah yang serba ada.

Namun bagi Anda yang benar-benar ingin menjalankannya, melakukan perubahan secara bertahap dan dimulai dari hal-hal yang kecil saja adalah sebuah keputusan yang tepat.

Misalnya dengan menata kembali barang-barang yang ada di dalam hunian. Jika ada barang yang tidak digunakan lagi, Anda bisa membuangnya atau bila kondisi masih layak pakai tak ada salahnya kasih ke orang sekitar yang ada di lingkungan rumah.

Berjalannya waktu, Anda akan terbiasa untuk tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan, sehingga ini akan berpengaruh pada pola pikir menyoal gaya hidup minimalis ini. Meski terlihat sederhana, ada keuntungan yang bisa didapat, seperti berikut ini:

1. Keuangan Lebih Tertata dan Hemat

Tren minimalis akan mengarahkan siapapun yang menjalankannya mengenai penggunaan berbagai barang yang minim dan terbatas, dimana seseorang akan belajar memanfaatkan segala sesuatu yang dimiliki. Artinya, tidak perlu membeli berbagai barang baru lagi dan hal lainnya yang benar-benar tidak dibutuhkan.

Hal ini akan membawa dampak yang sangat besar pada keuangan, yaitu Anda bisa menghemat lebih banyak uang dan menata keuangan dengan lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, bisa mengalokasikan lebih banyak uang untuk dana tabungan atau investasi, dibandingkan dengan membelanjakannya berbagai barang lainnya.

2. Pola Hidup Lebih Teratur

Yang kecil dan mudah ditata pada umumnya akan memberikan kenyamanan yang lebih bagi kehidupan, hal ini tentu juga berlaku di dalam hunian. Ketika Anda memiliki rumah besar dengan berbagai perabotan yang luar biasa banyak, maka Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengurus rumah dan hal lainnya yang berkaitan dengan itu seperti membersihkan, belum lagi kalau ada yang harus diperbaiki.

Namun sebaliknya, saat tinggal di rumah yang ukurannya lebih kecil dengan barang-barang yang terbatas, maka pekerjaan untuk menata, membersihkan dan melakukan berbagai aktivitas pada umumnya akan menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga Anda bisa mengerjakan kegiatan lainnya dengan tepat waktu. Dengan begitu, menjalani pola hidup bisa lebih teratur, tanpa harus direpotkan dengan pekerjaan rumah yang membutuhkan waktu panjang untuk menyelesaikannya.

3. Pikiran Lebih Tenang dan Nyaman

Menjalani hidup dalam kondisi yang serba cukup, tentu akan membuat pikiran Anda akan jauh lebih tenang dan nyaman. Keinginan untuk belanja atau memiliki berbagai barang yang tidak perlu bisa diredam dengan baik. Artinya, Anda tidak lagi mudah tergoda untuk membeli dan membawa pulang berbagai barang yang tidak benar-benar Anda perlukan.

Mulai dari sekarang bagi Anda yang berniat untuk menjalankan pola hidup minimalis, Anda bisa memulai hal ini dengan mudah dari hunian yang Anda tempati. Kelola dan terapkan pola hidup minimalis ini di rumah Anda sejak sekarang, sehingga Anda bisa mendapatkan banyak manfaat positif di dalam kehidupan Anda.