19
Okt

Keunggulan Papan Gypsum untuk Dinding Rumah

Keunggulan Papan Gypsum untuk Dinding Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Ada berbagai jenis material yang dapat digunakan untuk membuat dinding, salah satunya adalah gipsum. Material dinding gypsum disebut memiliki banyak kelebihan dibanding material lain. Gipsum adalah metaerial yang terbuat dari campuran kapur, sulfat, dan beberapa bahan lain menjadi lembaran papan. Selain digunakan sebagai material pembuat dinding, material gipsum juga bisa digunakan sebagai partisi antarruang. Banyak orang memilih menggunakan dinding gipsum dibanding bata karena waktu pemasangannya yang cepat. Selain itu, variasi dinding gipsum pun cukup banyak. Umumnya, satu lembar papan gipsum berukuruan 120 x 240 cm, dengan ketebalan 9-15 mm. Namun, beberapa produsen juga bisa memberikan konsumen ukuran khusus sesuai kebutuhan. Ada banyak kelebihan material gipsum sehingga menjadi pilihan banyak orang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah kelebihan dinding gypsum dibanding material lain.Berikut ini keunggulan papan gypsum untuk dinding rumah.

Papan Gypsum Lebih Ringan

Jika dibandingkan dengan dinding beton, bobot gypsum jauh lebih ringan, hal ini justru menjadi keunggulan dari penggunaan bahan ini. Karena akan membuat penghuni rumah menjadi aman, terutama ketika terjadi gempa.

Mudah Dipasang

Pemasangan gypsum untuk dinding interior ternyata sangat mudah, Anda hanya menyiapkan rangka dinding lalu bahan ini bisa langsung ditempel. Proses pengerjaannya pun relatif cukup cepat. Bandingkan dengan dinding beton, Anda harus menyiapkan semen dan batu batanya terlebih dahulu kemudian proses pembuatannya pun cukup lama

Mudah Diperbaiki

Selain mudah dipasang, ternyata gyopsum mudah diperbaiki, contohnya jika dinding mengalami kerusakan seperti berlubang atau lecet, Anda  hanya cukup mendempul bagian yang rusak tersebut, atau memotong dibagian yang rusak dan menempelkannya kembali dengan papan gypsum yang baru.

Ramah Lingkungan

Papan gypsum ramah terhadap lingkungan, karena jika bahan material ini sudah tidak terpakai lagi maka gypsum tidak akan mencemari tanah sebab akan langsung melebur dalam tanah. Bahan material ini juga bisa menghemat penggunaan energi pada rumah, contohnya jika ruangan rumah Anda ber-AC, gypsum lebih mudah membuat ruangan menjadi dingin karena sifat materialnya yang tidak menyerap hawa dingin.

Harga Papan Gypsum Lebih Hemat

Dengan menggunakan gypsum, maka Anda akan bisa meminimalisir biaya pengeluaran ketika membangun rumah, karena sifat gypsum yang ringan sehingga tidak mengharuskan Anda untuk membuat pondasi rumah yang kuat. Selain itu Anda pun bisa pula memasang sendiri bahan material ini untuk dinding, sehingga tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk tukang bangunan.