16
Nov

Kenali Jenis Lantai Keramik Sesuai dengan Fungsi Ruangan

Kenali Jenis Lantai Keramik Sesuai dengan Fungsi Ruangan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Salah satu hal yang diperhatikan dalam mendesain interior hunian adalah lantai. Elemen ini menjadi salah satu hal penting karena dapat mempengaruhi kenyamanan ruangan. Meskipun dipasang pada tahap akhir konstruksi, pemilihan lantai tentu tidak bisa dilakukan secara mendadak. Biasanya, orang lebih memperhatikan desain saat memilih lantai.  Padahal, Anda juga harus memperhatikan kualitas materialnya, seperti ketahanan terhadap pemakaian harian, kelembaban, dan juga keawetan warna.Kenali jenis lantai keramik sesuai dengan fungsi ruangan. Yuk simak artikelnya.

Glazed Ceramic

Glazed Ceramic

Glazed Ceramic adalah jenis lantai keramik yang sudah dilapisi oleh mineral pembentuk kaca. Lantai keramik jenis ini memiliki kesan semi-gloss hingga high glossGlazed ceramic juga memiliki ketahanan pada noda atau kotoran, sehingga membuat lantai keramik jenis ini banyak digunakan sebagai keramik untuk banyak bagian di dalam rumah. Glazed ceramic memiliki karakter yang sangat mudah dipotong, sehingga dapat dengan mudah dipotong untuk menyesuaikan bentuk lantai dan ruangan. Kekurangan lantai jenis ini adalah licin, terutama dalam keadan basah. Selain itu, keramik jenis ini juga cenderung mudah tergores.

Kelebihan dari lantai keramik jenis ini adalah karakternya yang menyejukkan ruangan, sehingga cocok digunakan untuk bangunan yang berada di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

Unglazed Ceramic

Unglazed Ceramic

Berbeda dengan glazed ceramicunglazed ceramic tidak dilapisi oleh mineral pembentuk kaca. Sehingga lantai keramik jenis ini memiliki tekstur permukaan yang kasar. Lantai ini biasa digunakan di bagian luar rumah seperti garasi dan area taman, namun banyak juga yang menggunakan lantai keramik ini sebagai material untuk lantai kamar mandi.

READ  Penyebab Kerak Kamar Mandi

Lantai keramik jenis ini cenderung mudah kotor karena tekstur permukaannya yang kasar. Untuk membersihkannya, diperlukan cairan khusus yaitu cairan heavy duty cleaner.

Porcelain Tile

Porcelain Tile

Porcelain tile sebenarnya memiliki penampakan yang mirip dengan glazed ceramic. Namun porcelain tile memiliki kilat yang lebih mengundang. Namun tidak banyak pilihan warna yang tersedia karena porcelain tile hanya memiliki warna putih hingga abu-abu. Penggunaan porcelain tile sebagai lantai keramik anda tentunya bisa menambah kesan elegan dan mewah pada ruangan. Meskipun lantai keramik jenis ini memiliki ketahanan yang kuat terhadap goresan, anda masih perlu menghindarkan lantai keramik ini dari suhu yang terlalu panas dan dingin agar tidak mudah rusak.