26
Okt

Kenali Furnitur Kursi Ikonik Gaya Retro Untuk Rumah Anda

Kenali Furnitur Kursi Ikonik Gaya Retro Untuk Rumah Anda

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Tren kembali ke masa lalu memang sedang digandrungi saat ini. Entah itu dengan mendengarkan musik lawas, memakai baju dengan fashion 70-an atau 90-an, hingga membawa kenangan masa lalu tersebut ke dalam interior rumah gaya retro. Masa lalu tersebut akhirnya bisa memberi inspirasi untuk kehidupan di masa kini, sehingga tren ini juga kembali digandrungi di dunia desain interior. Para pemilik hunian saat ini berlomba untuk menuangkan masa lalu tersebut ke dalam desain retro, atau yang bisa disebut dengan desain interior gaya retro. Gaya retro sendiri dikenal sebagai salah satu jenis desain dekorasi rumah dengan teknik mengulang gaya yang pernah populer pada masa lalu, terutama tahun 1970-an. Sekilas, gaya desain retro memang sering kali dikaitkan dengan gaya desain vintage. Meski sama-sama mengulang gaya masa lampau, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Kenali furnitur kursi ikonik gaya retro untuk rumah anda terlebih dahulu.

The Womb Chair

Womb™ Chair and Ottoman - Design Within ReachThe Womb Chair adalah hasil rancangan desainer modern, Eero Saarinen, pada akhir 1940-an. Seperti namanya, kursi ini didesain untuk nyaman dalam berbagai posisi.The Womb Chair tercipta karena pesanan bos furnitur Knoll, Florence Knoll (yang desain-desainnya sendiri tak kalah ikonis). Semula kursi ini diberi nama produksi No.70. Namun karena bentuknya yang organik dan nyaman, nama womb chair melekat hingga kini.

Parson Chair

Unbranded Flynn Walnut Parson Chair Set-DFN100PC - The Home DepotPerlu kursi makan yang menawan? Parson Chair bisa menjadi pilihan Anda. Kursi Parson merupakan hasil rancangan seorang desainer di Parsons School of Design, New York, pada tahun 1930-an.

Bentuknya terasa sangat umum untuk kursi modern dan masih terlihat sebagai kelanjutan perkembangan bentuk-bentuk kursi makan sebelumnya. Namun mungkin karena itu, bentuk kursi Parson begitu banyak yang mengadaptasi dan populer hingga sekarang.

READ  Cara Mengatasi Plafon Bocor pada Rumah

Marais A Chair

Marais A ChairSatu lagi kursi yang ikonis dan perlu Anda pertimbangkan untuk rumah Anda adalah Marais A Chair.  Kursi ini dibuat dari baja galvanis yang tahan karat dan cuaca. Didesain oleh Xavier Pauchard pada 1934, Marais A Chair semula diperuntukkan untuk pemakaian di ruang luar. Namun karena desainnya yang timeless, peruntukannya melebar sehingga Anda bisa mendapatinya di dapur atau ruang makan. Kafe-kafe kekinian pun pun juga suka menggunakannya.

Egg Chair

Jual TMUF Egg Chair Kursi Sofa - Merah Online Oktober 2020 | Blibli.comDari tiga kursi yang telah kami hadirkan di sini, Egg Chair mungkin adalah yang paling familier. Egg Chair merupakan rancangan desainer Denmark Arne Jacobson. Kursi ini semula merupakan pesanan dari SAS Hotel yang ingin memiliki kursi yang nyaman namun juga bisa memberi privasi saat sedang di tempat umum. Melihat perkembangannya, ternyata model kursi ini ‘nyangkut’ di hati publik hingga tetap populer sampai saat ini, lengkap dengan segala model turunannya.

Eames Lounge Chair

Eames Lounge Chair & Ottoman | Urbanloft | ShopTentu Anda sudah hafal dengan model kursi ini. Desainnya paten dan selalu memberi kesan eksklusif namun nyaman di ruangan. Kursi santai elegan ini dirancang oleh pasangan Charles dan Ray Eames pada 1956 dan tetap top hingga sekarang.

Seperti lingkungan gaya Mid Century eklektik dan suka bereksperimen dengan berbagai material, Eames Lounge Chair ini dibalut paduan Plywood dan kulit. Sebuah Ottoman (penyangga kaki, bisa juga untuk sofa darurat) ditambahkan untuk menambahkan kenyamanannya.

Eames Shell Chair

Eames Shell Chair 3d model | Herman Miller, USAPenyuka desain-desain kontemporer pasti akan sering mendapati kursi ini terlihat di berbagai ruang minimalis. Sekali melihat, Anda pasti akan ingat dengan modelnya yang memiliki struktur logam di bagian kaki-kakinya yang mirip struktur menara Eiffel, sehingga sering juga disebut Eiffel Shell Chair.

READ  4 Bahaya dan Risiko Berikut Ini Sebelum Membangun Rumah

Kursi cantik ini dirancang oleh Ray dan Charles Eames pada 1950. Semula rancangan kursi ini diperuntukkan sebagai kursi makan. Kursi ini terdiri dari kaki-kaki dan jok kursi dari bahan fiberglass. Dalam rancangan awal, kaki-kakinya sendiri bisa menggunakan jenis yang berbeda-beda, bukan hanya jenis Eiffel saja.

Model 3107 Chair

3107 | Arne Jacobsen | V&A Search the CollectionsKursi berikut juga sangat sering menghuni ruang-ruang kekinian dengan bentuknya yang lucu namun tetap elegan. Ini dirancang oleh Arne Jacobson dengan bahan plywood dan proses pembuatannya menggunakan teknik tekuk kayu yang juga digunakan oleh pasangan Eames. Kursi modern ini kemudian dikenal sebagai Model 3107 Chair dan menjadi salah satu kursi yang paling banyak direproduksi di seluruh dunia.

Kursi Bar Bertoia 

Knoll International Bertoia Barstool, Full upholstery, satin chrome-plated,  Black (Tonus 128) by Harry Bertoia, 1952 - Designer furniture by smow.comAnda sering pula mendapati kursi bar Bertoia di dapur-dapur minimalis kekinian. Bentuknya khas dan langsung menyedot perhatian mata karena dibuat dengan struktur kawat pada bagian dudukannya.

Kursi yang tampak sangat kekinian ini sebenarnya muncul pertama kali pada 1951, dirancang oleh Harry Bertoia. Konstruksinya masih seperti kursi tamu biasa. Setahun kemudian perusahaan furnitur Knoll memasarkannya secara luas. Semenjak itu kursi Bertoia menjadi sangat terkenal dan memiliki banyak desain turunan, termasuk kursi bar Bertoia.