14
Sep

Kenali dulu Plus dan Minus Toilet Gantung

Kenali dulu Plus dan Minus Toilet Gantung

 

Kenali dulu Plus dan Minus Toilet Gantung – Toilet gantung adalah jenis toilet duduk yang salurannya langsung ditanam pada dinding. Sehingga menampilkan kesan mewah dan elegan. Saat ini model toilet gantung ini sedang menarik perhatian meskipun masih hanya beberapa yang meggunakan toilet gantung ini. Apakah Anda tertarik juga memakai toilet gantung ini? Kenali dulu plus dan minusnya.

 

 

 

Plus Toilet Gantung

  • Hemat tempat

Toilet model ini memang mengusung semangat minimalisme sebagai landasan desainnya. Sehingga, terciptalah toilet minimalis yang tampak praktis dan sangat hemat tempat. Dengan toilet ini, tidak banyak ruang yang dibutuhkan, sekaligus Anda mendapatkan kenyamanan dan tampilan kamar mandi yang elegan.

  • Ketinggian fleksibel

Kalau umumnya toilet sudah dicetak dengan ketinggian standard dan tidak bisa diubah, dengan toilet gantung Anda bisa menentukan seberapa tinggi toilet ini akan dipasang. Dengan begitu, kenyamanan Anda dalam menggunakannya pun lebih maksimal.

  • Mudah dirawat dan dibersihkan

Pada toilet biasa, kita sering direpotkan pada bagian pojok antara lantai dengan toilet. Area ini relatif sulit dibersihkan. Tapi, dengan toilet gantung Anda tidak perlu lagi kesulitan membersihkannya, karena model toilet ini tidak menempel ke lantai.

Minus Toilet Gantung

  • Sulit dipasang

Pada toilet biasa, bisa dikatakan bahwa pekerja bangunan cukup memasang dengan meletakkan toilet di atas lantai dengan saluran yang disediakan. Sementara, pada toilet gantung pemasangannya lebih ribet. Saluran air berada di dalam dinding. Toilet ini juga dipasang tidak menempel lantai, sehingga harus benar-benar kuat menahan beban tubuh. Dibutuhkan konstruksi dinding yang kuat, agar bisa menopang beban.

  • Perawatan lebih rumit

Pada toilet biasa, perawatan cukup pada kebersihan, ketertiban penggunaan, dan pembersihan saluran pembuangan bila diperlukan. Tetapi pada toilet gantung, perawatan juga harus dilakukan pada mekanisme alat. Apalagi, toilet model ini umumnya dilengkapi dengan teknologi tinggi yang jika rusak akan sangat sulit dibetulkan.

  • Biaya tinggi

Toilet mewah ini berharga sangat mahal, biasanya 2 kali toilet duduk biasa. Pada jenis yang menggunakan teknologi tinggi seperti penyiraman otomatis dan pengeringan otomatis, harganya bisa jauh lebih mahal lagi. Selain harga toilet, juga ada harga pemasangan dan harga maintenance yang tidak kalah menguras dana.

  • Kesulitan reparasi

Sekali ada yang rusak pada toilet jenis ini, akan sangat sulit untuk membenahinya. Anda harus membongkar pula dinding kamar mandi. Ada juga produsen dan kontraktor yang menawarkan dinding palsu tambahan untuk menyamarkannya, tetapi sama saja. Saat direparasi, dinding imitasi ini harus dibongkar dan kemudian dipasang kembali.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari toilet gantung. Apakah Anda berminat menggunakannya? Atau, masih sayang dengan model toilet yang lama?