12
Okt

Kelebihan & Kekurangannya Bangun Rumah Sistem Borongan Atau Harian

Kelebihan & Kekurangannya Bangun Rumah Sistem Borongan Atau Harian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Kamu ingin membangun rumah, tapi merasa kesulitan cara memilih tukang, termasuk menghitung biayanya. Memilih tukang tentunya perlu kecermatan agar hasilnya memuaskan dan biaya yang dikeluarkan tidak membengkak. Kalau kamu menggunakan tukang yang sudah dikenal, tentunya kamu nggak meragukan hasil pengerjaannya. Lalu bagaimana, jika kamu tidak punya kenalan? Ya, mungkin kamu perlu membaca ini terlebih dahulu sebelum salah memilh tukang. Ada dua macam upah yang perlu kamu ketahui dalam membayar tukang, yaitu sistem harian dan borongan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam bangun rumah dengan sistem borongan tau harian, yuk simak artikelnya

Keuntungan Bangun Rumah Sistem Borongan Dibandingkan Membeli Rumah 

bangun rumah sistem borongan

Ada beberapa keuntungan kalau kamu memilih bangun rumah sistem borongan dibandingkan dengan membeli rumah ready stock atau second.

1. Menentukan Desain Rumah 

Saat kamu ingin membangun rumah sistem borongan atau harian, keuntungan pertama sudah tentu soal arsitektur atau desain. Kamu bebas menentukan rumah kamu seperti apa, berbeda jika membeli rumah jadi atau rumah second.Rumah bisa memiliki desain arsitektur dan desain interior yang tidak ada duanya, tidak ada kembarannya.

2. Bisa Menyesuaikan Dana Pembangunan 

Jika kamu memiliki dana terbatas, kamu bisa membangun rumah tumbuh yang dibangun secara bertahap. Atau kamu bisa membangun rumah per bagian dengan menyesuaikan dana, jika sudah habis maka kamu bisa berhenti.Kamu bisa melanjutkan lagi pembangunan rumah kalau dana sudah kembali terkumpul, jangan salah ada lho yang seperti ini.

Bangun Rumah Sistem Borongan Terbagi Dua 

bangun rumah sistem borongan

Jika kamu lebih memilih bangun rumah sistem borongan ternyata cara ini memang terbagi dua lho. Pertama, ada bangun rumah sistem borongan hanya tenaga atau jasa, dan kedua, bangun rumah sistem borongan yang komplet. Setelah mengetahui perbedaan keduanya, kamu bisa memilih bangun rumah borongan atau harian.

READ  Dapur Dengan Pemilihan Warna Cerah

1. Bangun Rumah Sistem Borongan Jasa

Kamu menggunakan jasa tukang bangunan atau kontraktor untuk jasa tenaganya saja, misalnya untuk 3-4 bulan. Dalam durasi tersebut, rumah harus selesai dikerjakan sehingga ada tenggat waktu yang harus diselesaikan. Sementara untuk seluruh bahan bangunan yang diperlukan, kamu yang memilih, mencari, dan menyediakan. Kontraktor atau tukang bangunan tidak ikut memikirkan pilihan material bangunan, mereka hanya membangun saja.

2. Bangun Rumah Sistem Borongan Komplet 

Sedangkan untuk bangun rumah sistem borongan komplet, kontraktor yang melakukan semuanya. Untuk membeli material, bisa jadi kontraktor dan pemilik rumah masih berdiskusi untuk menyesuaikan anggaran. Begitu juga dengan pembayaran tukang bangunan dan lainnya, seluruh pekerjaan ditangani oleh kontraktor.

Kelebihan Bangun Rumah Sistem Borongan 

bangun rumah sistem borongan

Saat kamu memilih bangun rumah sistem borongan, ada sejumlah kelebihan yang bisa didapatkan. Kelebihan ini terutama untuk bangun rumah sistem borongan komplet, semua hal ini bisa menjadi pertimbangan.

1. Bisa Memilih Kontraktor yang Diinginkan

Kamu bisa menentukan kontraktor atau pemborong yang diinginkan sesuai keinginan dan juga anggaran yang sesuai. Kalau sudah mendapatkan referensi yang baik dari teman atau keluarga, kamu hanya perlu bernegosiasi mengenai harga.

2. Tidak Perlu Repot Mengawasi 

Bagi yang memiliki pengalaman bangun rumah borongan, kamu tidak perlu repot mengawasi kerja para tukang setiap hari. Kontraktor sudah memiliki mandor atau tukang bangunan berpengalaman untuk mengawasi pekerjaan.

3. Pembangunan Selesai Tepat Waktu 

Kontraktor atau pemborong pastinya akan melakukan pembangunan rumah tepat waktu dan sesuai jadwal yang disepakati. Saat bangun rumah borongan, kontraktor tidak ingin rugi lantaran jika lewat tenggat waktu, mereka akan rugi.

Kekurangan Bangun Rumah Sistem Borongan

bangun rumah sistem borongan

Pastinya ada kekurangan sistem borongan bangunan seperti ini, ada hal yang perlu diperhatikan. Meski begitu, kamu bisa mengurangi risiko ini dengan melakukan sejumlah cara agar tetap mendapatkan hasil yang bagus.

READ  12 Inspirasi Baru Warna Cat Dapur

1. Kontraktor Melakukan Pekerjaan Terburu-buru 

Lantaran diburu waktu, kontraktor yang bangun rumah sistem borongan ini bisa melakukan pekerjaan secara tergesa-gesa. Kamu bisa berdiskusi dengan kontraktor mengenai waktu pengerjaan rumah, jangan terburu-buru untuk menyelesaikan pembangunan.

2. Kualitas Bangunan Kurang Bagus 

Karena diburu waktu agar cepat selesai, bisa jadi penyelesaian bangunan menjadi kurang bagus alias tidak berkualitas. Atau jika pun terlihat bagus, ada sejumlah hal yang dipaksakan cepat selesai sehingga bisa cepat rusak.

3. Biaya Pembangunan Lebih Mahal 

Kalau kamu ingin pembangunan yang berjalan baik, material yang bagus, serta kualitas akhir yang bagus. Tentunya, kamu harus menyediakan dana yang lebih karena biaya pembangunan lebih mahal lagi. Tetapi, jika hasilnya memang sepadan, ya kenapa tidak? Apalagi kalau rumah sesuai dengan keinginan kamu. Nah, kamu bisa menentukan apakah bangun rumah sistem borongan atau tidak? Jangan lupa mulai berhitung dari sekarang.