07
Apr

Kelebihan Dan Kekurangan Tembok Keramik

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEMBOK KERAMIK

sumber : fader.id

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Memiliki tembok keramik memang sangat menyenangkan, selain tembok terlihat lebih bersih tembok keramik juga sangat mudah dibersihkan. Tetapi masih bingung dengan kelebihan dan kekurangan tembok keramik? Nah dalam artikel di bawah ini akan di bahas mengenai kelebihan dan kekurangan tembok keramik. Nah untuk itu, mari simak ulasan..

Kelebihan

Lebih Tahan Lama

Keramik dibuat dengan bahan yang homogen dan melalui pembakaran sampai lebih dari 1200 derajat Celcius. Proses ini membuat keramik menjadi bahan yang tidak mudah rusak. Berbeda dengan wallpaper yang dapat mudah robek atau cat yang mudah terkelupas.

Mudah Dibersihkan

Keuntungan lain dari mengaplikasikan keramik dinding adalah keramik mudah dibersihkan. Caranya sama dengan membersihkan lantai keramik, dinding keramik mudah dibersihkan dengan menggunakan air dan pembersih lantai, sehingga noda-noda dapat hilang dan dinding kembali bersih.

Baca Juga : Kelebihan Beton Ringan Untuk Tembok

Dinding Tidak Perlu Diperhalus dengan Aci

Karena akan ditempel keramik, dinding yang telah jadi tidak perlu dihaluskan dengan lapisan aci atau semen. Hal ini dapat menghemat penggunaan semen.

Kekurangan

Inilah hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan keramik dinding:

Lebih Mahal

Harga untuk keramik dinding per meter persegi berkisar dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu bergantung kualitas. Bila ingin menggunakan keramik pada dinding, berarti biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 2-3 kali lebih mahal dibandingkan melapisi dinding dengan wallpaper atau cat.

Keahlian Khusus

Untuk memasang keramik pada dinding, tentunya diperlukan keahlian khusus. Pemasangan keramik pada dinding terbilang lebih sulit karena bidang yang dipasang tegak lurus dari lantai, sehingga perlu ketelitian dan keahlian dalam pengerjaannya agar keramik dapat terpasang lurus dan rata. Hal ini juga mengakibatkan biaya yang dikeluarkan untuk tukang lebih banyak karena waktu yang dibutuhkan lebih lama.

Baca Juga : Penyebab Tembok Rumah Rembes

Teknik lain dalam memasang keramik dinding adalah dengan model mosaik. Untuk membentuk mosaik, pemasangan keramik memperhatikan permainan warna gelap dan terang, membentuk pola yang sama dan akhirnya membentuk rangkaian atau gambar tertentu. Untuk membuat mosaik harus didesain dulu bagaimana tampilan yang ingin dihasilkan. Tentunya pemasangan mosaik pun membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. (Wit)