Pasang Plafon Rangka Kayu
23
Apr

Kelebihan Dan Kekurangan Plafon Triplek

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PLAFON TRIPLEK 

Pasang Plafon Rangka Kayu

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Triplek memang memiliki beragam manfaat, salah satunya dapat di buat menjadi plafon untuk rumah anda. Jika anda ingin memasang plafon triplek anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing masing. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai kelebihan dan kekurangan plafon triplek. Mari simak ulasan di bawah ini .

fungsi plafon triplek

  • Menjadi pelindung antara ruang kosong dalam kerangka atap dan bagian dalam rumah.

Menjaga stabilnya suhu udara di dalam rumah saat sedang ekstrem seperti musim kemarau panjang atau hujan deras.

  • Perantara pemasangan lampu di dalam rumah.
  • Meredam suara bising air hujan atau suara lainnya yang jatuh di atap rumah.
  • Melindungi ruangan-ruangan dirumah dari debu-debu, kotoran, dan air hujan yang bocor ke dalam atap.

Kelebihan Plafon Triplek

plafon triplek

Harganya murah. Plafon ini memiliki harga yang lebih bersahabat di kantung dibandingkan dengan plafon gypsum atau GRC. Pilihan yang tepat untuk desain rumah indah yang ekonomis.

Bertekstur halus. Pori-pori pada teriplek yang digunakan untuk langit-langit rumah sangat rapat sehingga terlihat halus, mulus, dan lebih rapi; membuatnya lebih mudah di cat dan didekorasi sesuai dengan keinginan.

Proses pemasangannya mudah. Karena karakteristiknya yang ringan, plafon ini mudah dipasang dan dibentuk sesuai dengan kebetuhan. Bisa banget kamu kerjakan sendiri.

  • Kuat dan tahan lama. Triplek memang sudah terkenal dengan sifatnya yang dapat menopang beban berat.

Mudah ditemukan dimana-mana. Langit-langit triplek sangat populer penggunaannya di kalangan masyarakat luas, dan bisa kamu temukan di toko material terdekat.

  • Tidak mudah menyusut atau melengkung. Tidak seperti material besi, kayu merupakan penghantar panas yang buruk sehingga tidak dapat menyusut dan menjaga suhu ruangan di dalam rumah. Baca Juga : Kelebihan Pasang Plafon Akustik

Kekurangan Plafon Triplek

plafon triplek

Tidak tahan api. Karena terbuat dari material kayu, plafon triplek mudah terbakar sehingga penempatannya tidak disarankan terlalu dekat dengan sumber api.

Akan lembab apabila terekspos air terus-menerus. Walaupun tahan air, plafon triplek yang umurnya sudah tua tidak akan tahan air dan mudah keropos. Baca Juga : Cara Mengatasi Plafon Bocor pada Rumah