kontraktor jogja
06
Apr

Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Untuk Rangka Atap

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KAYU UNTUK RANGKA ATAP

Sumber : hdesignideas.com

ARSITEK INDO KONTRAKTOR  | Kebutuhan meterial untuk atap pasti di butuhkan rangka, genteng dan lain lain. Namu bahan apa yang anda pilih untuk dijadikan rangka atap rumah anda?. Mayoritas masyarakat memilih bahan kayu untuk dijadikan rangka atap rumah. Tetapi jika anda bingung untuk memilihnya dan agar anda tidak salah memilih. Dalam artikel di bawah ini akan di bahas mengenai kelebihan dan kekurangan kayu untuk di jadikan sebagai atap rumah. Untuk itu, mari simak ulasan di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Kayu

1,Pengerjaan Mudah Dilakukan

Keunggulan yang pertama menggunakan rangka atap dari bahan kayu adalah mudah dalam pengerjaannya. Hal tersebut membuat Anda dapat dengan mudah untuk mencari ahli pemasangan rangka atap dari bahan kayu. Hampir di setiap daerah pasti memiliki banyak tukang yang dapat mengerjakan rangka atap rumah yang terbuat dari kayu.

2.Fleksibel Dalam Pembuatan

Keunggulan berikutnya dari menggunakan rangka atap berbahan material kayu adalah memiliki sifat yang fleksibel. Sifat kayu yang fleksibel tentu akan memudahkan tukang bangunan untuk membuat rangka sesuai dengan kemauan si pemilik rumah.

Semua hal itu, tentu tidak akan dapat dilakukan dengan mudah apabila memilih rangka atap yang terbuat dari bahan padat lain seperti aluminium, beton ataupun besi.

Baca Juga : Kelebihan Kayu Mahoni Untuk Bahan Furniture

3.Memunculkan Nuansa Alami

Pemberian aksen kayu pada bangunan tentu dapat menimbulkan nuansa alami pada rumah. Demikian juga dalam hal pemakaian rangka atap berbahan kayu.

Suasana rumah akan menjadi lebih asri dan juga sejuk jika menggunakan rangka atap yang terbuat dari kayu. Hal tersebut membuat permintaan pasar terhadap rangka atap berbahan dasar kayu tidak pernah mengalami penurunan.

Kekurangan Rangka Atap Kayu

1.Mudah Dimakan Rayap

Rayap merupakan musuh alami dari material kayu, apapun jenisnya. Untuk menghindari sergapan rayap, anda harus memilih jenis kayu yang sudah tua dan memenuhi tingkat kekerasan tertentu. Jika daerah anda dikenal sebagai lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi dan banyak rayap, anda harus hati – hati dalam memilih materiap kayu untuk rangka atap.

2.Mudah Terbakar

Kelemahan utama dari material kayu adalah mudah terbakar. Sekuat kuatnya kayu, jika harus bertemu dengan api, maka habislah. Jika kebakaran terjadi pada bangunan yang menggunakan rangka atap maka sudah pasti sulit dipadamkan dan lekas menjalar dengan cepat, karena sifat kayu yang mudah terbakar.

Baca Juga : Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Glugu

3.Dapat mengembang dan Menyusut

Kayu merupakan material yang memiliki sifat alami dapat mengembang dan menyusut. Khususnya kayu yang tidak benar – benar tua dan kering, jenis kayu ini masih dapat mengembang ataupun menyusut karena kondisi tertentu. Hal ini dapat mempengaruhi kerapatan sambungan kayu. Untuk itu, anda harus memilih kayu dengan bijak untuk rangka atap.