16
Sep

Kelebihan dan Kekurangan Genteng

Kelebihan dan Kekurangan Genteng

Kelebihan dan Kekurangan Genteng  – Genteng umumnya penutup rumah yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Selain mempunyai manfaat melindungi kita dari panasnya sinar matahari dan juga melindungi kita dari air hujan. Genteng sendiri terbuat dari tanah liat, proses pencetakannya dengan cara di press atau dipanaskan dengan bara api dengan suhu yang sangat tinggi agar menciptakan kualitas genteng yang sangat keras dan berkualitas. Gunakanlah genteng sesuai dengan kebutuhan Anda, pemilihan jenis genteng dan warna akan menentukan estetika rumah Anda. Berikut penjelasannya.

 

Kelebihan Genteng

  • Tangguh dan tahan cuaca

Genteng tanah liat terkenal dengan kekuatannya dalam menahan beban. Genteng tanah liat pun akan cocok digunakan untuk melengkapi desain atap rumah. Genteng pun bisa melindungi semua penghuni rumah dari rintik-rintik hujan dan sengatan sinar matahari. Jika pemasangan genteng dilakukan secara hati-hati dan penuh konsentrasi, air hujan tidak akan merembes masuk ke rumah.

  • Memberikan kesejukan bagi rumah

Jika atap asbes menyerap panas saat musim kemarau, maka genteng tanah liat tidak seperti itu. Jenis atap ini cocok digunakan di iklim tropis seperti Indonesia karena kemampuannya yang justru menahan panas matahari. Hal ini disebabkan oleh ketebalannya sehingga rumah pun terasa sejuk.

  • Tahan lama

Genteng tanah liat cukup awet apabila kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Jenis atap ini tidak busuk dan tidak mudah dirusak oleh serangga. Ditambah, atap ini juga tahan terhadap api.

Kekurangan Genteng

  • Mudah berlumut dan mudah pudar warnanya

Genteng tanah liat ada untuk melindungi penghuni rumah dari terik matahari, air hujan, dan benda-benda lainnya. Tanpa sadar karena sering terpapar sinar matahari dan air hujan, warna genteng ini lama-kelamaan akan pudar. Selain itu, genteng akan berlumut.

  • Rawan akan kebocoran

Pemasangan genteng tanah liat yang tidak hati-hati dan teliti akan membuatnya kurang maksimal dalam melindungi rumah. Air hujan akan mudah mengalir dan atap pun bocor. Supaya terhindar dari peristiwa ini, pastikan bahwa orang yang memasang genteng punya konsentrasi yang baik dan tentunya berhati-hati saat memasangnya.

  • Ukuran yang kecil

Dibanding dengan jenis atap rumah lain, genteng tanah liat punya ukuran yang kecil. Maka dari itu, kamu akan membutuhkan banyak potongan genteng untuk menutupi bagian atas rumah.