kontraktor jogja
31
Mar

Kelebihan Dan Kekurangan Batako Press

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BATAKO PRESS

Sumber : liputan6

Arsitek Indo Kontraktor | Batako Semen atau yang lebih kita kenal dengan batako press ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih bahan untuk bangunan maka harus mengetahui plus minus dari Batako Press ini. Nah maka dari itu, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut akan dibahas dalam ulasan dibawah ini. Yuk simak ulasan di bawah ini

 

Baca Juga : .Kelebihan Dan Kekurangan Batu Bata, Batako, Bata Ringan

Kelebihan  Batako Semen /Batako Press

  1. Kelebihan yang dimiliki dari penggunaan material batako. Karena bentuknya yang rata dan halus, ketika dipasang (diikat) oleh seorang tukang yang rapi. Tentu tidak di perlukan dinding untuk di plester. Sehingga ada penghematan biaya untuk plester.
  2. Menggunakan material bangunan rumah dengan batako semen PC atau Batako press didalam pengerjaan lebih cepat, karena bentuk material yang cenderung seragam, sehingga mudah dalam proses pengerjaan.
  3. Karena bentuk batako press yang cukup besar jika di banding dengan batu bata merah, memberikan nilai plus dalam proses pengerjaan lebih murah, jika di banding dengan material batu bata merah yang ukurannya cenderung lebih kecil.
  4. Material batako semen PC/Batako Press lebih cenderung kedap air, sehingga ketika di jadikan dinding tidak berpotensi ada rembasan air atau bocor. Baca Juga : Cara Memasang Bata Bangunan

Kekurangan Batako Semen /Batako Press

  1. Kelebihan sekaligus kekurangan yang dimiliki material batako semen atau batako press, karena fisiknya memiliki lubang di tengah menjadikan mudah pecah atau retak ketika di pasang. Memang di satu sisi ada rongga untuk sirkulasi udara, tapi secara kekuatan akan kalah jika dibanding batu bata merah yang bentuknya padat dan utuh.
  2. Material batako terdiri dari semen pc, sekitar bahan dasarnya 50% terdiri dari semen. Ketika batako press di jadikan sebagai dinding, material ini kurang baik dalam menyerap hawa panas. Sehingga ketika musim kemarau atau musim panas ada kecenderungan terasa gerah di dalam ruangan yang dindingnya terbuat dari batako.

Nah, itulah uraian dari kami tentang kekurangan dan kelebihan di dalam penggunaan material batako semen atau batako press sebagai bahan bangunan.