kontraktor jogja
13
Mei

Kelebihan dan Fungsi Sofa Rumah

kontraktor jogjaKELEBIHAN DAK FUNGSI SOFA RUMAH

Kontraktor Jogja – Apa yang Anda ketahui tentang sofa? Sofa rumah merupakan salah satu komponen perabotan rumah wajib ada pada hunian rumah. Namun tidak sedikit juga, orang lebih memilih konsep rumah lesehan. Nah membahas soal sofa rumah, sofa ini memiliki beberapa kelebihan dan fungsi sofa yang perlu Anda ketahui. Langsung saja simak ulasan kami Kontraktor Jogja berikut ini.

Manfaat Sofa Untuk Rumah Anda

Sahabat Kontraktor Jogja, lalu apa saja sebenarnya kegunaan dan manfaat dari sofa pada interior ruangan? Berikut beberapa penjabaran dari kegunaan serta manfaat perabot rumah tangga satu ini agar kamu bisa memaksimalkan fungsinya pada setiap ruangan yang ada di rumahmu.

Beristirahat dan Menunjang berbagai Aktivitas

Seperti yang telah disebut di awal, sofa sangatlah umum digunakan untuk mengisi ruang keluarga ataupun ruang tamu. Hal ini digunakan untuk menunjang aktivitas di ruang-ruang tersebut dimana penghuni cenderung duduk santai atau bercengkerama sehingga kehadiran perabot ini sangat dibutuhkan untuk menunjang fungsi ruang. Pada ruang tamu, biasanya sofa set yang digunakan berfungsi untuk menyambut serta menjamu tamu yang tengah datang ke rumah. Sedangkan pada ruang keluarga, sofa dua dudukan atau sofa tiga dudukan biasa digunakan untuk sekedar duduk santai sembari menonton TV ataupun untuk bercengkrama hingga mengadakan rapat keluarga. Tak lupa pada kamar anak, sofa anak berguna sebagai tambahan tempat duduk yang sesuai untuk ukuran si kecil.

Selain di kedua ruang yang umum tersebut, keberadaan sofa sebagai perabot utama ataupun pelengkap akan selalu menunjang aktivitas di ruang tersebut. Seperti sebagai tempat membaca di ruang baca atau ruang kerja, hingga menjadi tempat bersantai menyeruput kopi di sore hari jika diletakkan di teras belakang rumah.

Selain untuk beraktivitas, sofa juga sangat umum digunakan untuk beristirahat ringan. Tak heran beberapa jenis perabot ini dirancang dengan bahan yang sangat nyaman dan bentuk yang sangat ergonomis dimana kamu bisa merebahkan tubuh untuk beristirahat. Bahkan, beberapa fitur modern yang bisa memijat bisa kamu temukan kini untuk bisa bersantai sekaligus beristirahat.

Menambah Nilai Estetika dari Sebuah Ruangan

Selain untuk menunjang aktivitas, Kontraktor Jogja mengulas kehadiran perabot sofa kerap digunakan juga untuk mempermanis ruangan. Desain perabot sofa yang menarik bisa menjadi vocal point dari ruangan untuk membuat keseluruhan ruangan menjadi jauh lebih menarik. Salah satu trik desain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan perabot yang memiliki warna kontras dari warna dominan yang ada di ruangan tersebut sehingga saat memasuki ruangan, maka sofa menjadi perhatian utama yang menarik.

Tak harus selalu tampil menonjol, perabot ini juga bisa menunjang estetika ruangan dengan penggunaan gaya desain dan warna yang selaras dengan konsep desain yang ingin diciptakan seperti penggunaan material kayu dan warna lembut untuk gaya skandinavian atau warna hitam untuk konsep interior monokrom.

Tak heran jika sofa kerap menjadi alternatif untuk mengisi berbagai sudut ruangan yang kosong karena selain bisa menjadikan ruang fungsional, desain sofa yang baik dan tepat bisa menambah estetika dari ruangan dimana sofa tersebut diletakkan.

Multifungsi untuk Mengubah atau Menambah Fungsi Ruangan

Meskipun umumnya sofa digunakan untuk duduk, beberapa desain sofa modern kini memungkinkanmu untuk memiliki fungsi tambahan sebagai tempat tidur. Lho. Perabot ini umumnya dikenal dengan nama sofa bed.

Sofa bed sangat populer digunakan untuk hunian-hunian yang memiliki keterbatasan ruang. Hadirnya sofa dengan desain seperti ini memungkinkanmu menyulap ruang keluarga atau ruang tamu menjadi kamar tidur tambahan pada saat-saat tertentu.

Untuk kamu yang tinggal di hunian studio, penggunaan sofa bed juga sangat praktis untuk membuat hunian studio terasa lebih lapang dan tidak sempit. Pada siang hari kamu bisa memiliki ruang tamu yang lapang, dan saat waktu istirahat tiba kamu bisa menyulapnya menjadi ruang tidur yang nyaman untuk beristirahat.

Selain memiliki fungsi tambahan sebagai tempat tidur, terdapat berbagai desain sofa lainnya yang memiliki fungsi tambahan lainnya yang bisa jadi pilihan sesuai kebutuhanmu, seperti sofa yang bisa menjadi storage atau tempat penyimpanan tambahan.

Sebagai Pembatas antar Ruangan

Fungsi lainnya dari sofa adalah sebagai pembatas ruangan. Kegunaan perabot ini sangat bisa kamu manfaatkan jika kamu memiliki denah dengan konsep terbuka dimana perabot-perabotan menjadi alternatif sebagai pembatas ruangan menggantikan kehadiran dinding.

Perabot sofa yang berukuran besar seperti sofa L bisa menjadi pembatas antar ruang yang menarik sekaligus memberikan identitas ruang yang berbeda meski tidak adanya dinding sebagai pemisah ruangan. Trik ini biasanya digunakan untuk memanipulasi agar ruang-ruang yang ada di hunian menjadi terasa lebih luas dan lapang.

Misalkan jika kamu memiliki ruang keluarga yang berbatasan langsung dengan ruang makan, menata ruang dengan meletakkan sofa pada batas antara ruang keluarga dan ruang makan akan memberikan batasan fungsi yang jelas antar kedua ruang. Trik ini bisa digunakan untuk menyiasati kondisi-kondisi lainnya seperti ruang tamu yang bersebelahan dengan ruang keluarga atau ruang kerja terbuka yang berbatasan dengan kamar tidur atau ruang baca.

Tips lainnya untuk memperkuat perbedaan antar kedua ruang tanpa dinding pembatas adalah dengan menggunakan konsep desain yang sedikit berbeda antar kedua ruang atau dengan mengaplikasikan warna dan material yang berbeda sehingga batas-batas antar ruang bisa terasa meskipun tak ada dinding yang membatasi.

Menggantikan Berbagai Fungsi Kursi Lainnya

Sama-sama umum digunakan untuk duduk, sofa bisa menjadi pengganti berbagai fungsi kursi lainnya yang ada di rumahmu. Tak sedikit orang yang menggunakannya di ruang makan sebagai pengganti kursi makan, atau menempatkannya di teras belakang atau gazebo taman sebagai pengganti kursi teras yang lebih nyaman. Namun, untuk mengalihfungsikannya, pastikasn desain, ukuran, dan juga bahan material sofa juga memungkinkan untuk digunakan sebagai pengganti berbagai fungsi lainnya tersebut.

Seperti sofa satu dudukan untuk ruang makan membutuhkan ukuran yang sedikit lebih tinggi daripada ukuran umumnya agar bisa pas dengan ketinggian meja makan dan juga menggunakan material yang mudah dibersihkan jika terkena noda makanan. Sedangkan untuk penggunaan sofa outdoor seperti di taman, penggunaan material yang tahan terhadap cuaca sangat dianjurkan agar perabot bisa menjadi lebih awet dan tahan lama. Salah satu alternatif yang bisa kamu coba gunakan adalah sofa yang terbuat dari bahan rotan.

Itulah kegunaan dari sofa yang bisa kamu eksplorasi penggunaannya di rumahmu. Dengan mengetahui lebih luas penggunaan dari perabot rumah tangga satu ini, kamu bisa memanfaatkannya dengan lebih maksimal pada hunian. Jadi, sudahkah kamu memanfaatkan perabot-perabot yang ada di rumahmu dengan semaksimal mungkin?

Terima kasih sudah mengunjungi website kami Kontraktor Jogja. Semoga sukses selalu dan bermanfaat

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666