Kekurangan Besi Beton Polos
03
Agu

Kekurangan Besi Beton Polos

Kekurangan Besi Beton PolosKEKURANGAN BESI BETON POLOS

Besi Beton Polos – Tidak hanya kelebihan yang harus Anda ketahui tentang besi beton polos. Seperti yang kita ketahui juga, jika segala hal ada kelebihan dan kekurangannya. Besi beton polos ini juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Kekurangan Besi Beton

Jika telah disebutkan kelebihan besi beton, maka kekurangan besi beton adalah sebagai berikut.

  1. Jika dasar tanah tidak begitu baik, maka penggunaan besi beton akan lebih sulit digunakan.
  2. Kualitas besi beton tergantung pada pabrik pembuatnya, sehingga kadang-kadang butuh ketelitian ekstra untuk memilih besi beton berkualitas dengan standar SNI.
  3. Meski mampu menahan daya tekan, namun besi beton memiliki performas yang tidak begitu baik terhadap daya tarik. Itu sebabnya diperlukan struktur tulangan tarik pada konstruksi bangunan.
  4. Pembuatan besi beton cenderung rumit karena harus memastikan hal-hal seperti proporsi campuran dan cara pengadukannya.
  5. Meski biaya penyediaan besi beton cenderung murah, namun biaya bekisting bisa terhitung sebesar sepertiga atau dua pertiga dari total biaya struktur beton.

Perbandingan Besi Beton Polos & Besi Beton Ulir

Struktur besi beton ulir yang memiliki sirip di permukaannya, terbukti memiliki daya tekan minimal sebesar 400 Mpa. Hal ini disebabkan karena sirip-sirip tersebut memiliki daya ikat yang lebih tinggi. Karena hal ini pula, besi beton ulir akan sulit dibengkokkan karena sifatnya yang kurang lentur. Jadi, besi ulir akan lebih cocok digunakan untuk tulangan memanjang.

Sedangkan besi beton polos memiliki daya tekan yang lebih kecil, minimal sebesar 240 Mpa. Besi beton polor bersifat lebih fleksibel dan lentur sehingga mudah dibentuk dan dibengkokkan. Karenanya, besi beton polos biasanya digunakan untuk mengikat batang-batang besi ulir untuk membentuk rangka-rangka beton yang biasa disebut dengan besi begel. Kemampuan besi ulir untuk menahan tekanan yang lebih besar membuat harga besi ulir lebih tinggi daripada besi beton.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666