02
Jul

Kebutuhan Ruang Makin Bertambah? Jangan Khawatir Berikut Cara Menambah Sekat Ruang dengan Triplek

Kebutuhan Ruang Makin Bertambah? Jangan Khawatir Berikut Cara Menambah Sekat Ruang dengan Triplek

Kontraktor Jogja – Seiring berjalannya waktu dalam sebuah keluarga kemungkinan dalam rumahnya kebutuhan ruang juga akan semakin bertambah. Hal ini bisa disebabkan oleh bertambahnya anggota keluarga, dll. Nah, oleh karena itu kami akan bagikan tips dan Cara Menambah Sekat Ruang dengan Triplek agar bisa efisien dalam menambah ruang. Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menambah Sekat Ruang dengan Triplek

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Cara membuat sekat ruangan dengan triplek yang pertama yaitu mempersiapkan alat dan bahan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam pekerjaan Anda nantinya.

Adapun alat dan bahan yang diperlukan :

  • Triplek
  • Kayu kaso
  • Paku 2 cm
  • Paku 7 cm
  • Gergaji
  • Palu
  • Meteran
  • Penggaris siku
  • Tang
  • Kape
  • Cat

Selain itu Anda juga perlu menyiapkan alat pelindung diri, seperti sarung tangan keselamatan agar dapat melindungi tangan Anda dari risiko yang mungkin terjadi seperti terjepit, tertindis, dan tertumbuk saat membuat penyekat ruangan.

Baca Juga :

Kiat – Kiat Membangun Rumah dengan Penghematan

Mengenal Apa Itu Kolom Bangunan dan Fungsinya Bersama Kontraktor Jogja

2. Lakukan Pengukuran

Langkah selanjutnya yaitu mengambil meteran yang telah Anda siapkan pada langkah sebelumnya. Buatlah desain dan ukur ruangan yang akan Anda sekat menggunakan dinding triplek.

Hal ini akan harus Anda lakukan karena dapat membantu untuk menentukan berapa banyak bahan dan biaya yang Anda perlukan nantinya. Buatlah gambaran yang detail agar mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Membuat Rangka

Setelah melakukan pengukuran, sekarang Anda dapat membuat rangka partisi ruangan. Ambil kayu dan pasanglah secara vertikal dan horizontal sehingga terbentuk rangka yang kuat.

Untuk jaraknya sendiri bisa Anda sesuaikan dengan ukuran dari sekat nantinya. Gunakan paku untuk memastikan rangka-rangka kayu tersebut dapat melekat dengan baik. Pastikan Anda menggunakan kayu yang berkualitas agar rangka tidak mudah rusak dan bengkok.

READ  Kelebihan Pagar Rumah Besi

4. Pasang Dinding

Rangka telah terpasang, selanjutnya Anda sudah bisa memasang dinding triplek. Anda dapat memasang dinding triplek dengan menggunakan paku. Agar terpasang dengan kokoh, jarak yang disarankan adalah 8 – 10 cm.

Selain itu, pasanglah triplek pada kondisi terik atau di siang hari. Hal ini bertujuan agar permukaan triplek tidak melengkung saat dipasang.

Pemasangan triplek di dua sisi (depan belakang) memang lebih baik, akan tetapi Anda dapat menghemat biaya dengan memasang dinding triplek di satu sisi saja (bagian depan). Sisi belakang yang terbuka dapat Anda manfaakan untuk membuat rak dinding. Menarik, bukan?

5. Dempul Bagian yang Tidak Rata

Apabila ada bagian dari rangka ataupun dinding triplek yang tidak rata, cobalah untuk mendempulnya. Agar lebih mudah, gunakan kape untuk mendempul permukaan kayu atau triplek tersebut.

Baca Juga :

Hai Ladies Boleh Coba Nih Pasang Wallpaper Dinding Yang Terkesan Feminim

Anti Yang Namannya Kesan Horror! Cara Mendekor Lorong Rumah Ini Bisa Anda Lakukan

6. Cat untuk Mempercantik

Cara membuat partisi ruangan dengan triplek yang satu ini adalah pilihan. Anda dapat mempercantik pembatas ruangan dengan mengecatnya jika memiliki budget lebih.

Untuk mendapatkan pola kayu yang cantik, gunakan cat kayu dengan tipis. Lapiskan cat yang telah dicampur dengan thinner. Tunggu hingga mengering dan ulangi setidaknya 2-3 kali agar hasilnya rapi.

7. Finishing

Langkah terakhir adalah membersihkan area kerja Anda. Simpan sisa cat yang telah digunakan di tempat yang Aman. Tutuplah dengan rapat agar tidak tertumpah saat ada yang menyenggol.

Perhatikan juga peralatan yang telah Anda gunakan seperti palu, meteran, dsb. Jangan sampai tercecer, karena akan merepotkan Anda saat harus menggunakannya kembali.

READ  6 Strategi Jitu Menekan Biaya Pembangunan Rumah

Semoga artikel ini bermanfaat ya Sobat.