kontraktor jogja
02
Mei

Karakteristik Atap Dak Beton

MENGENAL KARAKTERISTIK ATAP DAK BETON

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Jika anda ingin membangun atap dak beton anda harus mengetahui bagaimana karakteristik dari atap dak beton. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai karakteristik dak beton dan kami tambahkan bagaimana tips membuat atap dak beton. Mari simak ulasan di bawah ini!

Karakteristik dak beton yang baik harus memiliki 4 poin utama berikut, yaitu:

  • Solid atau kuat agar mampu menahan beban dan berat tanpa kendala.
  • Pengerjaan yang halus dan rata, karena berpengaruh terhadap fungsi dan estetika rumah secara keseluruhan.
  • Efisien, yang artinya dak beton harus dibangun dalam tempo yang tepat dan tidak terlalu lama supaya hasilnya tidak mudah retak atau keropos
  • Ekonomis, dak beton juga merupakan salah satu pilihan untuk membuat pelat lantai yang terjangkau dan irit.

Seorang kontraktor yang baik biasanya akan memulai membuat dak beton dengan cara menghitung dimensi lantai untuk menaksir bahan, material yang digunakan, peralatan yang digunakan, misalnya bor, serta jumlah tim kerja yang dibutuhkan. Timing juga harus dipertimbangkan saat membuat dak beton supaya hasil dak beton nantinya tidak melengkung, tidak rata atau bahkan retak karena tidak pas.

Tips Membuat Dak Beton Yang Baik

  • Hitung terlebih dahulu dimensi dan jumlah besi tulangan yang pas untuk membuat dak beton sesuai ukuran ruangan. Penggunaan besi yang berlebihan tidak dianjurkan karena malah akan menambah bobot struktur dan boros biaya pembuatan.
  • Ketebalan dak beton harus cukup untuk menahan gaya tekan. Umumnya dak lantai beton dibuat dengan ketebalan 12 cm, sedangkan untuk atap dak beton rata-rata menggunakan ketebalan minimal 8 cm.

Membuat Dak Beton

google.com

  • Menyesuaikan antara kualitas dak beton dengan kebutuhan struktur, terutama untuk benda-benda yang akan diletakkan dalam ukuran bobot yang tidak lazim. Misalnya jika ada penambahan brankas pada titik- titik tertentu di lantai atas, maka harus dipertimbangkan. Baca Juga : Kegunaan Dan Jenis Alumunium Foil Untuk Atap
  • Perhatikan pengadukan bahan supaya benar-benar homogen (merata). Komposisi bahan adukan tidak terlalu cair ataupun kental, dan tidak muncul segregasi atau butiran terpisah yang berpengaruh pada kualitas pengerjaan dak beton nantinya.
  • Menyiram air untuk menghindari pengerasan dak beton sebelum waktunya. Hal ini bisa juga diatasi dengan menaruh kain basah diatas permukaan lain, supaya dak beton tidak terlalu cepat mengeras.