11
Mar

Karakter Berbagai Jenis Batu Alam

Karakter Berbagai Jenis Batu Alam

Karakter Berbagai Jenis Batu Alam – Batu alam adalah jenis bebatuan yang sering digunakan untuk membuat sebuah interior atau pada bangunan rumah. Daya tarik dari batu alam ini adalah warna dan tekstur yang menarik. Namun, dari segi harga sendiri sedikit lebih mahal. Perbedaan penggunaan material dinding batu alam akan memperngaruhi nafas dan nyawa yang akan hidup pada keseluruhan desain sehingga diperlukan pemilihan yang sangat matang terhadap material dinding batu alam yang ingin kamu gunakan.

Berikut adalah 9 material dinding batu alam yang umum digunakan beserta dengan karakternya yang bisa jadi referensimu dalam membangun dnding rumah impian.

Dinding Batu Alam Natural

Dinding Batu Alam Natural

Alasan paling banyak untuk mengaplikasikan dinding batu alam adalah untuk mendapatkan kesan natural pada rumah. Namun, nggak semua material dinding batu alam cocok untuk memberikan karakter alami dan natural. Inilah pilihan batu alam yang cocok untuk dinding batu alam natural.

Dinding Batu Alam Andesit

Dinding Batu Alam Andesit

Salah satu material dinding batu alam paling konvensional adalah batu andesit. Batu Ansesit memiliki karakter yang keras, kasar, dan juga tahan terhadap cuaca dan jamur sehingga cocok untuk digunakan pada dinding eksterior. Umumnya batu andesit digunakan pada area pagar, garasi, dan juga carport, seperti desain carport minimalis. Namun karena permukaanya yang kasar, tak jarang batu ini juga digunakan pada area kamar mandi.

Batu alam andesit memiliki tone warna dari abu-abu mudah hingga kehitaman dengan corak berbintik dengan kepadatan yang bervariasi. Jenis finishing dari dinding batu alam andesit juga bervariasi dan bisa disesuaikan dengan gaya desain yang diinginkan, mulai dari flammed finishing yang memberikan tekstur kasar dan permukaan doved, hingga polished finishing yang memberikan tekstur sedikit lebih licin dan permukaan yang glossy.

Batu Palimanan

Dinding Batu Alam Palimanan

Untuk pilihan kesan natural lainnya, kamu bisa menggunakan material batu Palimanan untuk dinding batu alam rumahmu. Umumnya, dinding batu alam palimanan memiliki tekstur lebih kasar dan tidak rata jika dibanding dengan batu andesit. Namun, ada beberapa jenis batu Palimanan yang lebih rata dan halus. Warna dari dinding batu alam Palimanan sangat cerah; mulai dari krem, kecoklatan, hingga putih kekuningan.

Penggunaan dinding batu alam palimanan lebih umum digunakan untuk bagian eksterior dan juga area taman-taman rumah. Namun, penggunaan di ruang interior juga bisa jadi pilihan jika kamu menginginkan karakter yang lebih keras pada ruanganmu.

Batu Candi

Dinding-Batu Alam Candi

Untuk pilihan lebih lembut dibandingkan kedua material dinding batu alam sebelumnya, kamu bisa menggunakan batu candi sebagai material dinding batu alam. Sesuai dengan namanya, batu ini adalah material yang umum digunakan untuk pembuatan candi pada zaman dahulu kala.

Batu candi memiliki tekstur yang berpori dan sedikit kasar dengan tone warna abu hingga kehitaman. Selain kesan natural, batu candi juga cocok untuk bangunan-bangunan semi-modern.

Harganya yang relatif terjangkau membuat batu candi cukup populer untuk digunakan sebagai dinding batu alam.

Dinding Batu Alam Modern & Minimalis

Nggak cuma kesan natural, dinding batu alam juga sangat mungkin untuk diaplikasikan pada desain rumah modern minimalis. Namun, diperlukan batu alam yang pas agar kesan modern serta minimalis nggak hilang begitu saja. Berikut adalah berbagai material dinding batu alam yang bisa kamu pilih untuk kesan yang lebih modern dan minimalis:

Batu Paras Jogja

Dinding Batu Alam Paras Jogja Putih

Berbeda dengan dinding batu alam sebelumnya yang bersifat kasar, dinding batu alam dengan material batu paras jogja memiliki tekstur yang jauh lebih halus dan lembut. Batu paras jogja biasanya memiliki dua varian warna yaitu yang berwarna krem dan juga yang berwarna putih.

Sifatnya yang lebih halus membuat batu paras lebih cocok untuk digunakan sebagai dinding batu alam interior. Penggunaan batu paras jogja pada eksterior sangat rawan terhadap jamur dan lumut, jadi harus dilakukan perawatan yang lebih rutin dibandingkan dinding batu alam lainnya.

Dinding Batu Alam Breksi

Dinding Batu Alam Breksi

Material dinding batu alam selanjutnya adalah batu breksi. Batu breksi memiliki karakter warna cerah keputihan dengan permukaan yang lebih halus. Pola dari batu breksi adalah guratan-guratan seperti batang kayu yang dibelah. Dinding batu alam breksi sangat cocok digunakan untuk desain rumah-rumah modern.

Dinding Batu Alam Marmer Travertine

Dinding Batu Alam Travertine

Berbeda dengan batu alam marmer pada umumnya, batu alam travertine memiliki pori-pori yang lebih besar dan juga kasat mata. Namun, pori-pori inilah yang memberikannya daya tarik tersendiri sehingga cukup populer untuk digunakan sebagai material dinding batu alam.

Umumnya dinding batu alam dengan marmer travertine memiliki tone warna putih kecokelatan, krem, hingga coklat muda dan sangat populer untuk digunakan sebagai fasad rumah modern tropis. Penggunaan dinding batu alam travertine juga umum untuk statement wall indoor, namun biasanya dalam penggunaan indoor, pori-pori yang terbukan ini ditutup menggunakan resin agar permukaan dinding batu alam menjadi datar dan resiko berjamur menjadi berkurang.

Dinding Batu Alam Mewah dan Elegan

Ingin memiliki dinding batu alam yang lebih mewah dan elegan? Sangat mungkin! Ada beberapa pilihan material dinding batu alam yang bisa digunakan untuk memberikan kesan yang lebih berkelas, seperti material dinding batu alam berikut:

Dinding Batu Alam Marmer

Dinding Batu Alam Marmer

Dinding batu alam marmer sudah bukan berita baru lagi karena penggunaannya sudah banyak dilakukan di berbagai rumah dan bangunan dikarenakan kemampuannya memberikan kesan yang lebih berkelas dan mewah. Umumnya, batu marmer digunakan di dalam ruangan baik sebagai dinding ataupun lantai. Namun, hal ini tak membatasi penggunaan material dinding batu alam ini di luar ruangan.

Memiliki banyak sekali varian jenis pola dan warna, dinding batu marmer bisa diaplikasikan secara utuh atau dalam bongkahan bidang lebar ataupun dipotong-potong menjadi tile yang disusun. Apapun itu, bisa kamu sesuaikan dengan gaya desain yang dikehendaki.

Batu Alam Granit

Dinding Batu Alam Granit

Alternatif pilihan dinding batu alam lainnya untuk memberikan kesan mewah namun dengan budget yang lebih rendah adalah menggunakan batu granit. Dengan pori-pori yang lebih padat, dinding batu alam granit bisa ditempatkan di area-area yang lembap.

Selain karakter, perbedaan mendasar dari dinding batu alam granit dan batu alam marmer adalah polanya yang berbintik abstrak sedangkan dinding batu alam marmet berurat atau membentuk guratan-guratan. Batu jenis ini juga sering dijadikan sebagai bahan utama lantai granit di hunian.

Dinding Batu Alam Onyx

Dinding Batu Alam Onyx

Dinding batu alam terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dinding batu alam onyx. Batu onyx sudah lama digunakan untuk properti-properti mewah. Jika kamu menginginkan kesan mewah tersebut ada di rumahmu, kamu juga bisa mengaplikasikan onyx pada dinding batu alam di rumahmu. Selain solid, karakter dari dinding batu onyx adalah sifatnya yang semi-transparan sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk instalasi hidden lamp dan memberikan kesan yang lebih mewah lagi.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666