04
Apr

KANOPI JENDELA? Yuk Kenali Lebih Lanjut Bersama Kami

KANOPI JENDELA? Yuk Kenali Lebih Lanjut Bersama Kami

Residential Metal Awnings | LA Custom Awnings

Kontraktor Jogja – KANOPI JENDELA? Yuk Kenali Lebih Lanjut Bersama Kami. Kebanyakan pemilik rumah sering mengabaikan pentingnya memasang kanopi jendela pada rumah mereka. Padahal jendela berkanopi banyak manfaatnya, bukan hanya bisa mengurangi jumlah cahaya sekaligus radiasi berbahaya masuk ke rumah, namun juga bisa mempercantik tampilan rumah. Kini beragam model dan jenis kanopi sudah bisa ditemukan. Bahan pembuat kanopi pun mulai bervariasi, sehingga mudah dipilih sesuai selera dan kebutuhan seperti bahan genting, bahan sirap (kayu), vinil, polikarbonat, kain, plastik, dak beton, seng, dan fiber semen.

 

Fungsi Kanopi Jendela

Kenali 4 Hal Seputar Kanopi Jendela

Kanopi jendela berfungsi sebagai perpanjangan atap untuk menghalau sinar matahari menyorot langsung ke jendela. Kanopi jendela juga mengurangi terpaan tampias air ketika hujan turun. Di samping itu, kanopi jendela minimalis juga dapat menjadi elemen dekoratif untuk fasad rumah. Jendela yang berkanopi akan tampak lebih unik dan bisa menjadi ciri khas tampak depan rumah.

Tipe Kanopi Jendela

Kenali 4 Hal Seputar Kanopi Jendela

Ada dua jenis kanopi jendela, yakni fixed canopy dan retractable canopy. Perbedaan kedua jenis kanopi tersebut terletak pada pemasangannya: fixed canopy dipasang permanen sehingga akan lebih awet dan lebih kuat dalam menahan angin dan hujan, sedangkan model retractable canopy adalah jenis kanopi jendela yang bisa dilipat dan dilepas-pasang. Kanopi jenis ini lebih fleksibel, bisa dibuka atau ditutup sesuai kebutuhan, namun kurang kokoh untuk menahan angin kencang.

Kenali 4 Hal Seputar Kanopi Jendela

Selain kanopi jendela minimalis, ada juga tritisan jendela. Fungsi tritisan hampir sama dengan kanopi jendela, yakni sebagai perpanjangan atap untuk peneduh rumah serta menghindari tampias air hujan. Tritisan biasanya menempel langsung dengan rumah sehingga materialnya pun sama atau menyatu dengan bangunan utama. Tritisan biasanya terbuat dari bata, asbes, dan genting.

READ  Membersihkan Noda Cat Pada Kaca

Material Kanopi Jendela Minimalis

Kenali 4 Hal Seputar Kanopi Jendela

Terdapat beragam jenis material pembuat kanopi jendela minimalis. Berdasarkan material rangka kanopi, ada kanopi jendela baja ringan dan kayu, sedangkan bila dibagi berdasarkan material penutup, tersedia kanopi jendela berbahan kaca, membran, dan polycarbonate.

Tiap material memiliki karakteristik dan daya tahan yang berbeda. Bila Anda yang menginginkan kanopi jendela yang awet dan bebannya ringan, kanopi jendela baja ringan adalah pilihan yang tepat. Rangka kanopi jendela baja ringan terbukti antikarat sehingga tahan lama dan minim biaya perawatan. Selain itu, kanopi jendela baja ringan cocok untuk diterapkan dalam desain kanopi jendela minimalis. Kanopi jendela baja ringan juga dapat dicat dengan warna yang sepadan dengan pilihan warna cat rumah. Jika menginginkan kerangka kanopi jendela dari kayu, Anda perlu memilih kayu yang cocok untuk desain eksterior seperti kayu jati, merbau, ulin, dan bengkirai yang berkarakteristik keras dan tahan cuaca.

Untuk pilihan material penutup, sesuaikan material dengan kebutuhan. Contohnya, kanopi kaca akan lebih pas untuk area rumah yang teduh. Anda juga bisa memilih material membran dan polycarbonate yang bisa menahan panas maupun hujan.

Desain Kanopi Jendela

Kenali 4 Hal Seputar Kanopi Jendela

Berbagai desain kanopi jendela minimalis tersedia di pasaran. Anda bisa memadankannya dengan konsep hingga warna cat fasad rumah. Salah satu model kanopi yang memiliki banyak pilihan warna adalah model kanopi lipat. Anda bisa memilih kanopi lipat berwarna senada dengan cat rumah. Bila menginginkan motif, kanopi lipat pun ada yang bermotif garis-garis.

Untuk sentuhan yang lebih personal, Anda bisa membuat model kanopi jendela secara custom. Sesuaikan material, desain, hingga ukuran kanopi jendela agar pas melindungi jendela dari terpaan sinar matahari dan tampias hujan.

READ  Begini Cara Hitung RAB Pasangan Pondasi Batu Kali

Penggunaan kanopi untuk jendela rumah memang bukan hanya untuk kepentingan fungsional sebagai penghalau sinar matahari saja, namun juga bisa meningkatkan tampilan visual sebuah rumah. Sekian ulasan mengenai kanopi jendela, dari Kami. Semoga bermanfaat ya!