09
Feb

Kamar Mandi Minimalis WC Jongkok Bermanfaat untuk Kesehatan

Kamar Mandi Minimalis WC Jongkok Bermanfaat untuk Kesehatan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Tidak semua orang menyukai buang air besar dengan cara duduk, sehingga desain kamar mandi minimalis kloset jongkok cukup banyak dicari. Apakah Anda juga sedang mencari inspirasi desainnya?. Kloset duduk dianggap lebih modern, kekinian dan higienis. Alhasil, banyak rumah modern dilengkapi dengan kloset jenis ini. Namun, ternyata tidak semua orang cocok menggunakannya. Meski terkesan tradisional, hingga saat ini kloset jongkok masih banyak digunakan. Dilihat dari segi kesehatan, kloset jongkok juga dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan kloset duduk. Oleh sebab itu, tak jarang kita menemukan kloset jongkok pada rumah-rumah masa kini. Penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan desain rumah modern, sehingga terlihat lebih cantik. Berikut ini kamar mandi minimalis WC jongkok bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa Desain Kamar Mandi Minimalis WC Jongkok

Jika rumah anda berdiri di atas lahan yang kecil, sudah pasti kamar mandinya juga akan berukuran mini. Tak mengapa, tetap santai. Meskipun begitu, tatanan tempat ini akan tetap rapi dengan desain kamar mandi minimalis WC jongkok.

Kamar Mandi Kloset Jongkok dengan Shower & Wastafel

Hasil gambar untuk Kamar Mandi Kloset Jongkok dengan Shower & WastafelJika ukuran kamar mandi anda tidak terlalu besar alias mini, desain kamar mandi seperti ini sangatlah cocok. Anda bisa menambahkan kaca sebagai pembatas pada bagian shower.

Guna supaya ketika anda mandi lantai tidak akan basah semuanya. Dalam ruangan tersebut, tambahkan juga wastafel lengkap dengan cermin. Kegunaan dari wastafel tersebut tidak untuk cuci piring, melainkan cuci muka atau gosok gigi. Tambahkan juga celah yang dapat menjadi ventilasi atau jalan keluarnya udara supaya kamar mandi tidak pengap.

READ  Cara Memaksimalkan Interior Di Ruangan Sempit

Lengkap dengan Shower dan Bak Air

Hasil gambar untuk Kamar Mandi Kloset Jongkok Lengkap dengan Shower dan Bak AirMeskipun mungil, anda juga dapat memiliki kamar mandi minimalis WC jongkok lengkap dengan shower dan baik air. Penempatan bak air sebaiknya bersandingan dengan kloset.

Tujuannya saat kita hendak membersihkan kotoran setelah BAB tidak terlalu jauh. Untuk showernya, letakkan di bagian depannya.

Dengan Bak Air Unik

Mengapa bak air ini unik? Karena memang memiliki bentuk yang tak lazim seperti umumnya. Pada umumnya, bak-bak kamar mandi itu berbentuk kotak atau persegi.

Namun bak unik ini tidak, berbentuk bulat oval seperti telur ayam yang berdiri. Tak hanya mempunyai satu warna saja, akan tetapi berbagai jenis warna sehingga sangat mudah untuk anda yang ingin menyelaraskan bak tersebut dengan desain interior kamar mandi anda.

Kamar Mandi Minimalis Keramik Tegel

Hasil gambar untuk Kamar Mandi Kloset Jongkok Lengkap Kamar Mandi Minimalis Keramik TegelPenggunaan keramik tegel ini akan memberikan kesan unik pada kamar mandi minimalis WC jongkok di rumah anda. Tentunya Anda akan memilih dimana tempat pengaplikasian keramik bermotif tegel tersebut. Apakah pada salah satu dinding atau lantai. Dengan begitu, kamar mandi anda akan mempunyai daya tarik tersendiri.

Kamar Mandi Kloset Jongkok Natural

Hasil gambar untuk Kamar Mandi Kloset Jongkok NaturalDesain ini membutuhkan batu alam untuk mendapatkan kesan natural. Selain batu, anda juga bisa menghadirkan tanaman dengan tujuan supaya kamar mandi tetap dan makin segar. Jika anda juga ingin menambahkan bak dan shower pada kamar mandi minimalis WC jongkok ini juga sangat cocok.

Kamar Mandi Minimalis Modern

Kamar mandi yang menggunakan WC jongkok hadir dengan sederhana, tetapi modern. Bagaimana bisa? Manfaatkan dinding tersebut untuk rak yang akan berfungsi sebagai tempat menaruh barang-barang yang dibutuhkan saat berada dalam kamar mandi.

Keuntungan Menggunakan Kloset Jongkok

Jangan pernah menganggap remeh kamar mandi dengan WC jongkok. Selain lebih sehat, kloset jongkok juga mempunyai berbagai keuntungan yang mungkin anda belum mengetahuinya.

READ  Material Pilihan Untuk Penutup Dinding

Memperlancar BAB

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh Digestive Diseases and Sciences bahwa dengan menggunakan kloset jongkok hanya membutuhkan waktu 51 detik untuk buang air besar.

Melemaskan Otot Puborectalis

Henry L. Bockus pada jurnal Gastroenterology, pemakaian kloset jongkok bisa membuat tekanan otot mengendur sehingga pengeluaran feses akan berjalan dengan lancar.

Mengurangi Tenaga Ketika Buang Air

Menurut Henry, anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar ketika hendak mengeluarkan feses menggunakan WC jongkok. Karena penggunaan kloset jongkok akan meningkatkan sudut anorektal yang menyebabkan tabung jalur feses keluar dari tubuh.

Membantu Peningkatan Tekanan Intra Abdomen

Masih berpedoman pada jurnal Gastroenterology bahwa ketika anda memiliki kamar mandi WC jongkok, paha akan tertekuk pada perut. Hal tersebutlah yang akan menaikkan kapasitas rongga perut juga mempercepat proses pendorongan feses keluar.