17
Apr

Jenis Tanaman Rambat Untuk Pagar

JENIS TANAMAN RAMBAT UNTUK PAGAR

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Pagar rumah anda akan semakin cantik jika di tambah sentuhan tanaman rambat pada pagar anda. Ada beragam jenis tanaman rambat yang cocok di jadikan hiasan pada pagar anda. Pada artikel di bawah ini kami berikan beragam jenis tanaman rambat yang cocok untuk pagar rumah, mungkin salah satunya akan menjadi pilihan anda. Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Dolar Rambat

Tanaman dolar rambat memiliki daun yang hijau, tidak berbunga, serta dapat tumbuh sangat lebat. Tanaman ini banyak dipilih sebagai tanaman merambat untuk menutupi dinding. Namun karena dapat menimbulkan kelembaban dan kerusakan pada dinding, sebaiknya pilih dinding plasteran yang tidak berubin sebagai tempat dolar rambat. Jaga tanaman dolar rambat dari jamur dan rumput liar, siangi secara teratur, dan jangan sampai menarik tanaman dolar rambat sampai terlepas karena nantinya sudah tidak bisa ditanam lagi, sehingga Anda harus menanamnya dari awal. Baca Juga : Lindungi Tanaman Taman Dari Hama

2. Morning Glory

 

Tanaman yang mekar setiap pagi ini memiliki aroma yang sangat harum dan cocok dijadikan sebagai tanaman rambat pada pagar rumah. Bunganya yang berwarna-warni dan cerah, serta tahan cuaca dingin maupun panas menjadi kelebihan utamanya. Morning glory juga sering digunakan dalam vertical garden karena memberikan kesan teduh dan dingin.

3. Alamanda

Bunga Alamanda berwarna kuning atau merah muda. Tanaman alamanda yang dapat tumbuh sangat lebat ini cocok sebagai pelapis pagar rumah. Tanaman alamanda dapat distek sehingga warna bunga yang ada bisa bermacam-macam pada satu pagar. Jangan lupa untuk melakukan perawatan agar bunga tumbuh teratur dan rapi.

4. Air Mata Pengantin


Bunga air mata pengantin berkesan kecil dan mungil, berwarna merah muda dengan daun hijau berbentuk hati. Air mata pengantin sangat mudah tumbuh sehingga dapat menutupi pagar rumah Anda dengan cepat. Perawatan bunga ini sangat mudah karena walaupun tanpa disiram atau dipupuk, bunga ini dapat tumbuh secara mandiri.

5. Mandevilla

Tanaman mandevilla hampir mirip alamanda. Mandevilla dapat dijadikan pilihan sebagai tanaman rambat yang tahan hama dan dapat tumbuh di daerah tropis. Selain itu mandevilla dapat tumbuh rimbun dan memiliki bentuk bunga unik dan berwarna cerah. Batang tanaman mandevilla kadang tidak mengikuti sulur sehingga perlu dirapikan dengan rafia.

6. English Ivy

 

Tanaman english ivy atau hedera dikenal memiliki kemampuan untuk membersihkan udara disekitarnya. Selain itu, tanaman ini ternyata juga cukup indah jika digunakan sebagai tanaman rambat pada pagar rumah. Daun tanaman ini bermacam-macam sesuai spesiesnya dan menjadi daya tarik utamanya sebagai tanaman rambat.

7. Bougenville


Bunga bougenville dapat dijadikan tanaman rambat pada pagar rumah Anda. Bunganya yang bertekstur seperti kertas warna-warni dan berwarna mencolok akan menghasilkan kombinasi warna yang kelihatan sangat indah. Perawatan bunga bugenvil pun sangat mudah karena bunga ini sangat mudah tumbuh. Baca Juga : Inspirasi Taman Mini Untuk Rumah

8. Flame of Irian


Flame of Irian atau bunga melati irian memiliki untaian bunga yang cukup besar dan bergerombol, sehingga cocok untuk dijadikan tanaman rambat pada pagar. Bunga ini dapat dikreasikan sehingga menghasilkan kesan yang artistik dan kelihatan lebih menawan. Bunga ini tergolong mahal dan langka, namun dapat tumbuh cukup cepat dan mudah dirawat.
Ada berbagai macam tanaman merambat yang bisa mempercantik pagar rumah Anda. Anda bisa memilih salah satu dari contoh tanaman di atas sebagai penghias pagar Anda, dan rasakan perbedaan suasana halaman Anda menjadi lebih rimbun dan nyaman.