31
Jan

Jenis Keramik Kamar Mandi, dan Plus Minusnya!

Jenis Keramik Kamar Mandi, dan Plus Minusnya!

Kontraktor JogjaSelain pemilihan model dan motifnya, memilih ukuran keramik kamar mandi juga dinilai sangat penting. Ini karena ada banyak sekali ukuran keramik yang tersedia di pasaran. Nah, pemilihan ukuran juga bisa ditentukan berdasarkan luas kamar mandi tersebut. Dalam pemilihan keramik, jangan abaikan juga plus minus setiapa material yang anda pilih. Berikut kami berikan jenis keramik kamar mandi, dan plus minusnya!

Contek Yuk Moms, 6 Inspirasi Warna Terbaik untuk Kamar Mandi | Orami  Magazine | LINE TODAY

 

1. Keramik lantai kamar mandi model kaca atau mosaik

Plus Minus 13 Model Keramik Lantai Kamar Mandi

Keindahan material kaca khususnya yang memiliki warna, akan menambahk nilai estetika kamar mandi. Material kaca ini mungkin saja dijadikan sebagai keramik lantai kamar mandi. Kaca-kaca ini akan memberikan efek pencahayaan yang menawan. Nilai plusnya adalah materialnya yang keras dan tahan lama. Sedangkan nilai minusnya adalah permukaannya mudah tergores dan nilainya lumayan mahal.

2. Keramik lantai kamar mandi model ubin

keramik lantai kamar mandi ubin

Keramik lantai kamar mandi model ubin ini identik dengan bangunan jaman dulu. Keramik ubin ini mampu menciptakan suasana yang nyaman dan hangat. Ubin ini dibuat dari tanah liat sehingga warnanya ada yang kemerahan dan cokelat tua.

Nilai plus dari keramik model ubin ini adalah perawatannya mudah, hemat biaya, dan tidak mudah pecah. Selain itu, ubin ini tidak mudah terasa dingin sehingga kaki penggunanya bisa menapak dengan nyaman meski tidak menggunakan sandal kamar mandi. Minusnya, ubin ini kurang tahan terhadap air.

3. Keramik lantai kamar mandi model vinyl

Plus Minus 13 Model Keramik Lantai Kamar Mandi

Keramik lantai kamar mandi model vinyl adalah keramik yang paling umum digunakan. Beberapa nilai plus dari vinyl adalah pemasangannya cukup mudah dan bisa digunakan kembali di lain kesempatan. Kemungkinan keramik model vinyl untuk pecah hanya sedikit.

READ  Panduan Menerapkan Gaya Elektrik di Rumah

Selain itu, harganya lebih murah dibandingkan dengan keramik biasa. Untuk nilai minus dari vinyl adalah tampilannya tidak seindah keramik lainnya, meski pilihan motif lantai vinyl sendiri cukup banyak.

4. Keramik lantai kamar mandi model marmer

Plus Minus 13 Model Keramik Lantai Kamar Mandi

Keramik lantai kamar mandi model marmer ini identik dengan kemewahan. Tekstur dan polanya yang unik bisa mempercantik tampilan kamar mandi

Sayangnya, keramik model ini harganya sangat mahal dan membutuhkan perawatan yang ekstra agar permukaannya tetap terlihat mengkilap. Biaya perawatannya terbilang mahal dan harus dilakukan secara rutin. Selain itu, keramik model marmer juga mudah menyerap noda.

5. Keramik lantai kamar mandi model granit

Plus Minus 13 Model Keramik Lantai Kamar Mandi

Nilai plus dari keramik lantai kamar mandi model granit adalah tampilannya yang cukup atraktif dan tersedia dalam berbagai warna. Keramik dari batu alam ini juga awet untuk jangka waktu panjang, sulit menyerap noda, dan kelembaban. Sangat cocok untuk kamar mandi yang terkenal memiliki udara lembap.

Keramik model granit ini juga cocok untuk kamar mandi bergaya rustic. Lantai granit sendiri sering digunakan untuk memberi kesan mewah. Nilai minus dari keramik model granit ini adalah harganya yang mahal dan teksturnya licin sehingga membahayakan pengguna kamar mandi.

6. Keramik lantai kamar mandi model batu kapur

zillow.com

Keramik lantai kamar mandi model batu kapur ini memiliki permukaan yang kuat dan padat. Warna alami dari keramik model batu kapur ini mampu menciptakan tampilan yang bersih dan hangat, cocok untuk kamar mandi.

Keramik model batu kapur ini juga mudah dibentuk, namun sangat kuat dan tahan lama. Sayangnya, keramik model ini memiliki pori-pori sehingga harus direkatkan dengan baik agar bisa menempel dengan sempurna. Kemudian, kamu harus menggunakan zat pembersih khusus yang mengandung pH netral.

READ  Cara Mencegah Lantai Keramik Terangkat

7. Keramik lantai kamar mandi model kayu

keramik lantai kamar mandi kayu

Kayu sebenarnya tidak direkomendasikan untuk dijadikan keramik lantai kamar mandi. Namun, ada beberapa orang yang suka mengambil risiko demi menambah nilai estetika kamar mandi. Besar kemungkinannya keramik lantai motif kayu ini akan terkena air terus-menerus sehingga akan menghancurkan lapisan kayu, membuatnya kusam, dan mudah lapuk.

Bagi kamu yang tertarik menggunakannya, pastikan untuk menggunakan lapisan khusus yang anti air, ya! Namun, meskipun sudah diberikan lapisan khusus, hindari menggunakan lantai kayu pada bagian belakang closet duduk, wastafel, area pancuran, dan bidet.

Menentukan interior pada kamar mandi nggak terbatas pada desain dan dekorasinya saja, tapi juga material yang digunakan. Selain untuk keindahan, memilih material yang tepat juga bisa menjaga keamanan kamu dan keluarga. Keramik lantai kamar mandi apa yang akan kamu gunakan?