16
Apr

Jenis Kayu Untuk Lantai Kayu Awet

JENIS JENIS KAYU UNTUK LANTAI KAYU

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Lantai yang menggunakan bahan kayu biasanya menjadi pilihan ke dua setelah lantai keramik. Ada berbagai jenis kayu yang memiliki kualitas yang cukup bagus untuk di jadikan sebagai lantai kayu, Jika anda ingin membuat lantai kayu, kami berikan beberapa jenis kayu yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan membuat lantai kayu. Mari simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini 5 jenis kayu untuk lantai yang kami rekomendasikan:

  1. Kayu Jati

Dibanding jenis kayu untuk lantai lainnya, kayu jati sering dinilai sebagai kayu yang kualitasnya paling baik. Kayu jati memiliki warna kecoklatan dengan tekstur yang sangat unik serta kuat menanggung beban yang berat. Kayu jati juga lebih tahan terhadap serangan rayap dibanding jenis kayu lainnya.

  1. Kayu Merbau

Jenis kayu untuk lantai berikutnya adalah kayu Merbau. Kayu Merbau memiliki warna coklat dengan sedikit campuran warna merah serta kuning. Namun ada pula jenis kayu merbau yang memiliki warna kehitaman. Sebagai material lantai, kayu merbau dinilai cukup kuat karena memiliki karakter yang hampir sama dengan kayu jati meski masih di bawahnya.

Baca Juga : 4 Jenis Jenis Kayu Termahal

  1. Kayu Ulin

Kayu ulin tergolong sebagai jenis kayu untuk lantai yang baik karena keras sehingga cocok digunakan untuk keperluan heavy duty. Kayu ini juga unggul dalam hal ketahanannya terhadap air. Banyak yang menilai penampilan kayu ini semakin terlihat menawan dengan paparan air yang diterima. Kekurangan kayu ini adalah seratnya yang tak terlihat.

  1. Kayu Damar Laut

Jenis kayu untuk lantai yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah kayu damar laut. Kayu ini tergolong jenis kayu keras dengan serat lurus atau terpilin. Kekurangan kayu ini adalah pengolahannya yang sulit karena sifat kerasnya. Namun kayu ini lebih murah dibanding kayu Bengkirai yang karakternya mirip.

Baca Juga : Jauhkan Furniture Kayu Dari Rayap

  1. Kayu Bengkirai

Kayu Bengkirai atau kayu balau adalah kayu asal Kalimantan yang memiliki serat kayu panjang dan lurus. Kayu ini merupakan kayu paling getas di antara 4 jenis kayu lainnya dan sudah sering dimanfaatkan untuk dek.