14
Mei

Jenis Kawat Beserta Kelebihannya

JENIS JENIS KAWAT DAN KELEBIHANNYA

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai jenis kawat tetapi memiliki fungsi yang berbeda beda dalam pembuatannya. Jika anda ingin memilih kawat untuk kebutuhan anda, lebih baik anda mengetahyui kelebihannya terlebih dahulu. Nah mari simka ulasan di bawah ini yang akan membahas mengenai berbagai jenis kawat beserta kelebihannya. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

1.   Kawat Loket

Kawat bangunan loket biasa disebut Welded Wiremesh, atau lebih umumnya Weldedmesh. Berbahan stainless steel berkualitas, welded wiremesh memiliki ketahanan yang tinggi terhadap karat. Kawat loket juga dibuat dari besi terbaik yang melalui proses pengelasan secara khusus. Oleh karena itu, kawat loket tampak lebih kokoh, bersih, dan mengkilat.

Terdapat 3 jenis kawat loket, yaitu kawat loket galvanis, kawat loket stainless steel, dan kawat loket PVC hijau. Ketiga kawat tersebut berbahan dasar stainless steel. Akan tetapi, jenis kawat galvanis memiliki lapisan galvanis yang membuat kawat jenis tersebut lebih tahan terhadap korosi dan karat. Sedangkan, pada kawat PVC hijau, terdapat cairan PVC yang melapisi kawat tersebut. Adanya lapisan PVC membuat kawat menjadi tahan terhadap api.

Kawat loket biasa digunakan pada pagar jalanan, penyekat gudang atau pabrik, penutup mesin dan jendela, dekorasi, dan sebagainya.

BACA JUGA : Letak Jendela Menurut Feng Shui

2.   Kawat Harmonika

Menurut pengertiannya, kawat harmonika merupakan anyaman kawat dengan bentuk kotak pipih dan lebih sering digunakan sebagai produk pemagaran pada suatu area. Kawat harmonika biasa ditemukan pada area perumahan dan lapangan olahraga. Terdapat dua jenis kawat harmonika, yakni kawat harmonika galvanis dan kawat harmonika lapis PVC.

Kawat harmonika dapat dipakai untuk pagar pengaman, screener, partisi, hingga kandang hewan. Kelebihan dari kawat harmonika terletak pada kekuatannya, pemasangan yang cukup mudah, fleksibel, dan aman karena tidak kokoh dan fungsional.

3.   Kawat Silet

Dikenal juga dengan nama Razor Wire, kawat silet ini merupakan pengaman yang bagus dan efektif jika digunakan pada sebuah bangunan, baik untuk pagar atau tembok.

Perpaduan dari kawat dan plat galvanis membuat jenis kawat yang satu ini tahan terhadap korosi.

Selain itu, terdapat mata silet yang didesain untuk pengamanan di sekitar rumah, pabrik, perkantoran, dan perkebunan atau peternakan.

BACA JUGA : Cara Benar Agar Pagar Besi Tetap Cantik

4.   Kawat Duri

Jenis kawat yang terakhir yaitu kawat duri. Fungsi dari kawat duri sama dengan kawat silet, yaitu sebagai pengaman untuk bangunan. Kawat duri juga dapat digunakan untuk melindungi perbatasan negara.