26
Jan

Jenis-Jenis Kaca Yang Sering Di Gunakan Untuk Bangunan

Jenis-Jenis Kaca Yang Sering Di Gunakan Untuk Bangunan!

Different Types of Tempered Glass & its Uses | McCoy Mart

Kontraktor JogjaTahukah kamu kalau ada banyak jenis kaca yang bisa digunakan? Masing-masing jenis kaca memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Salah memilih jenis kaca bisa membuat tampilan rumah kurang selaras, bahkan membuat kamu merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, sebelum membangun rumah sebaiknya ketahui dulu jenis-jenis kaca yang sering di gunakan untuk bangunan berikut ini!

 

1. Kaca Polos

Jenis kaca yang pertama adalah kaca polos. Kaca dengan jenis ini merupakan salah satu jenis kaca yang paling banyak digunakan pada setiap bangunan. Kaca polos dibuat dari sodium silika dan kalsium silika dan merupakan salah satu jenis kaca paling sederhana dan mudah untuk dibuat.

Karena proses pembuatannya yang mudah menjadikan kaca ini mempunyai harga jual yang murah dan sangat umum untuk dipakai pada setiap bangunan yang ada. Secara spesifikasi, kaca ini mempunyai ketebalan mulai dari 2mm hingga 20mm dan mempunyai berat mulai dari 6 hingga 36kg per meter perseginya.

2. Kaca Anti Pecah

Jenis kaca yang selanjutnya adalah kaca anti pecah. Kaca dengan jenis ini mempunyai kelebihan yaitu akan sangat aman ketika terkena benturan. Jika umumnya kaca yang terkena benturan akan pecah dan hancur menjadi berkeping-keping dan menjadikannya sangat berbahaya maka kaca anti pecah ini tidak akan hancur berserakan apabila terkena benturan yang keras dan sangat aman untuk digunakan pada bangunan yang memiliki risiko kecelakaan tinggi. Kaca anti pecah ini menggunakan lapisan plastik polyvinyl butyral yang membuatnya punya ketahanan yang sangat tinggi. Secara spesifikasi, ketebalan dari kaca anti pecah berbeda-beda

3. Kaca Laminasi

Jenis kaca yang bisa Anda temui selanjutnya adalah kaca laminasi. Kaca dengan model ini memiliki kelebihan yaitu kemampuannya dalam menahan panas dan sinar UV dari cahaya matahari. Karena mempunyai lapisan laminasi yang tebal menjadikan jenis kaca ini mempunyai ketebalan dan berat yang jauh lebih tinggi daripada kaca biasa pada umumnya. Selain itu juga, harga dari kaca laminasi jauh lebih mahal daripada kaca polos karena proses pembuatannya yang rumit.

READ  Tanaman Yang Cocok Untuk Taman Dekat Kolam Renang

4. Kaca Ekstra Jernih

Salah satu jenis kaca yang paling banyak diminati lainnya adalah kaca ekstra jernih. Kaca ini mempunyai kelebihan yaitu lapisan oleophobic dan hydrophobic dan menjadikannya sangat mudah untuk merawat kaca ini.

5. Kaca Photochromatic

Jenis kaca yang berikutnya adalah kaca photochromatic. Kaca ini umumnya dipakai pada berbagai tempat seperti ruang kantor, ruang Intensive Care Unit ataupun ruangan penting yang lainnya. Kelebihan dari kaca ini adalah kemampuannya dalam melindungi bagian dalam ruangan dari cahaya matahari yang masuk.

6. Kaca Berwarna

Kaca berwarna memiliki penampilan yang sangat menarik. (Foto: Control Glass)

Salah satu jenis kaca yang banyak digunakan pada bangunan-bangunan ataupun rumah. Kaca ini merupakan kaca polos biasa yang sudah diberikan warna pada dalam proses pembuatannya agar bisa terlihat menarik dan berbeda. Sebagai contohnya, material kaca biasa akan ditambahkan dengan sulfur untuk menjadikan warnanya berubah menjadi berwarna biru.

7. Kaca Tempered

Jenis kaca yang paling sering Anda temui selanjutnya adalah kaca tempered. Kaca jenis ini merupakan salah satu kaca yang mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas ataupun benturan. Kaca ini juga tidak mudah memuai dan menjadikannya sangat aman untuk digunakan dalam pintu darurat karena sifatnya yang lebih tahan apabila terjadi kebakaran. Selain itu juga, kaca tempered bisa Anda temui pada kendaraan yang Anda pakai karena kuat terhadap benturan.

8. Kaca Balok

Kaca balok merupakan salah satu jenis kaca yang mempunyai nilai estetika yang menarik. Anda bisa menggunakan kaca balok ini untuk memperindah bangunan atau rumah Anda karena bentuknya yang unik dan cocok untuk diaplikasikan pada berbagai bagian rumah yang berbeda. Cara pembuatan dari kaca balok juga sangatlah unik karena terdapat dua buah kaca yang akan di pres dan cetak secara bersamaan ketika dalam proses pembuatannya. Ketika cahaya melewati kaca balok akan menghasilkan efek yang sangat indah dan menarik.

READ  10 Desain Kamar Hitam Putih yang Bisa Kamu Tiru

9. Kaca Insulasi

Kaca insulasi adalah salah satu jenis kaca yang terbuat dari dua atau tiga lapis kaca yang terbagi oleh ruangan kosong yang tervakum. Lapisan kaca tersebut menciptakan efek insulasi terhadap panas dan tekanan yang sangat baik dan menjadikannya sangat tahan terhadap tekanan yang tinggi.

Semoga brmanfaat ya, jangan lupa baca dan share juga artikel menarik lainya hanya di Arsitek Indo Kontraktor!