Jenis Alat Arsitektur
01
Agu

Jenis Alat Arsitektur

Jenis Alat ArsitekturJENIS ALAT ARSITEKTUR

Arsitektur – Jika Anda adalah seorang arsitek, pasti sudah tidak asing lagi dengan pembuatan denah rumah dan lain sebagainya bukan? Arsitek biasanya menggunakan beberapa alat untuk pendukung selama proses pembuatan denah. Nah peralatan tersebut biasanya kita sebut dengan alat arsitektur.

 

GANBAR TEKNIK

Jenis – jenis alat gambar :

  • pensil mekanik
  • penggaris segi tiga satu pasang
  • penghapus
  • busur
  • rapido set / drawing pen ( 0.1 , 0.5 , 0.3 )
  • jangka
  • buku gambar A3.

PERALATAN GAMBAR

Ketrampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang teknisi berkaitan dengan kemampuan menggambar teknis harus mapu memilih dan menggunakan peralatan gambar secara baik dan benar. Untuk memperoleh gambar teknik yang baik diperlukan peralatan gambar yang memadai karena itu setiap calon teknisi perlu memiliki seperangkat alat gambar teknik yang memenuhipersyratan.

Alat dan peralatan yang dibutuhkan dalam menggambar teknik antar a lain :

  1. pensil gambar
  2. pena
  3. jangka
  4. sepasang penggaris segi tiga
  5. kertas gambar is
  6. meja gambar
  7. mesin gambar
  8. mal lengkung
  9. alat bantu pelengkung
  10. karet penghapus
  11. letra film , letra tone , sil houte
  12. warna

Pensil gambar

Untuk memulai menggambar seharusnya menggunakan pensil yang runcing. Pensil ini ada yang keras dan juga ada yang lunak , tetapi sebaiknya kita menggunakan pensil yang keras sebab pensil yang keras tidak mudah tumpul jika ink akan cepat tumpul dan membuat gambar akan mudah kotor .

Ada semacam pensil yang ukurannya sudah ditentukan ( FIX PENCIL ) sehingga garis gambar yang dihasilkan sama dengan ukurannya tebal . pensil semacam ini sangat disukai karena praktis , tidak peru dirncingi dan ditempatkan pada syatu wadah yang menerupai pulpen yang disebut lead helder . tingkat kekerasan pensil dinyatakan dengan kode huruf dan angkayang terdapat pada pensil tersebut .

Kode huruf arti
H ( hara ) keras
B ( black ) Hitam lunak
HB ( hara dan black ) Keras hitam
F ( fine ) Baik kekerasanya maupun warnanya bersifat
Sedang.

Didepan huruf terdapat angka semakin menonjol yang dinyatakan dengan kode semakin menonojol sifat yang dinyatakan dengan kode hurufnya seperti ;

  1. 2H lebih keras dari H
  2. 3H lebih eras dari 2H
  3. 2B lebih lunak dari B
  4. 3B lebih lunak dari 2B dan B.

Untuk gambar teknik digunakn pensil dengan kekerasan maksimum 6H dan

Keluakan maksimum 2B , namun untuk memulai menggambar sebaiknya menggankan yang berinisial H .

Pensil gambar berbeda dengan pensil biasa baik keunakanmaupun kekerasannya . umumnya dengan batang berpenampang segi 6 dan tanda yang menunjukan tingakt kekerasan atau tingkat kelunakannya dari pensil standart kekerasan ataupun kelunakan dari pensil S sebagai berikut .

Keras sedang lunak
4H 3H 2B
5H 2H 3B
6H H 4B
7H F 5B
8H HB 6B
9H B 7B
H = HARA B = BLACK

 

KERTAS GAMBAR.

Jenis K ertas Gambar

Berdasarkan jenisnya kertasnya kertas gambar yang dapat digunakan menggambar eknik adalah

  1. Kertas pada larang
  2. Kerats manila
  3. Kertas strimin
  4. Kertas kalkir

Ukuran Kertas

Ukuran kertas gambar teknik sudah ditetapkan berdasarkan standart . ukuran A0 = 1 m persegi dengan perbandingan √2:1 untuk ukuran p dan l . ukuran A1 diperoleh dengan membagi 2 ukuran A0 , ukuran A2 di[eroleh dengan membagi 2 ukuran A1 demikian seterusnya .

PENSIL GAMBAR

Jenis pensil ini antara batang dan isinya terpisah jika isi pensil habis dapat di isi ulang . batang pensil tidak bisa habis . pensil mekanik memiliki ukuran diameter mata pensil misalnya 0,3 mm , 0,5 mm , 0,1 mm .

RAPIDO

Rapido ini adalah merupakan peralatan gambar yang sangat mahal . penggunaan rapido untuk saat ini jarang digunakan . hal ini karena banyak orang yang menngunakan komputer . ukran rapido dibedakan berdasarkan garis yang dihasilkan mata rapido .

PENGGARIS

Penggaris pada umumnya yang sering digunakan adalah penggaris yang berbentuk T dan penggaris segi tiga .

  1. Penggaris T

Terdiri dari dua bagian , bagian mistar penggaris dan bagian kepala mistar pendek tanpa ukuran yang bertemu membentuk sudut 90 derajat .

  1. Penggaris sei tiga

Penggaris segi tiga terdiri dari 1 penggaris segi tiga yang besudut 45 , 90 , 45 .dan satu buah penggaris yang bersudut 30 , 90 , 60 . sepasang penggaris segi tiga ini digunakan untuk membuat garis garis yang sejajar , sudut sudut istimewa dan garis yang saling tegak lurus .

JANGKA

Jangka adalah alat gambar yang digunakan untuk membuat lingkaran dengan cara menggunakan salah satu ujung batang pada kertas gambar sebagai pusat lingkaran . dan ujung yang lain berfungsi sebagai pensil untuk menggambar garis lingkrannya .

Jenis jenis jangka

  1. Jangka biasa
  2. Jangka bagi
  3. Jangka pompa
  4. Jangak pegas.

PENGHAPUS

Ada dua jenis penghapus yaitu penghapus lunak dan juga penghapus keras. Penghapus lunak digunakan untuk menghapus pensil sedangkan penghapus keras digunakan untuk menghapus dari tinta .

BUSUR DERAJAT

Busur derajat ini digunakan untuk mengukur dan membagi sudut .

SABLON HURUF DAN ANGKA

Sablon huruf dan angka ini adalah sebuah alat gambar yang digunakan untuk membuat gambar huruf dan angka . agar tulisannya rapi dan seragam .

MEJA GAMBAR

Meja gambar adalah meja yang digunakan alas menggambar . meja gambar terdiri dari rangka dan daun meja gambar tidak seperti meja biasa karena bisa diubah ketinggian dan kemiringan daun mejanya .

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666