16
Okt

Jendela Rumah Gaya Minimalis

Jendela Rumah Gaya Minimalis

Jendela Rumah Gaya Minimalis – Agar penampilan rumah memiliki kesan yang mengesankan dapat terlihat dari eksterior rumahnya terlebih dahulu. Jika ingin mengubah tampilan ekterior rumah agar menjadi simple, Anda bisa mulai merenovasinya dari tampilan jendela. Simak beberapa tips jendela rumah dengan gaya minimalis.

 

 

  • Desain Jendela Minimalis

Jika Anda memiliki rumah sederhana bergaya skandinavia, maka jendela  sederhana, dengan material seperti alumunium saja, sudah cukup. Tapi jika rumah Anda bergaya tradisional dengan paduan kayu atau batu alam, Anda dapat memilih material kayu untuk rumah minimalis Anda.

  • Warna Jendela Minimalis

Untuk warna jendela, Imbangi dengan warna dinding jendela. Pada umumnya, setiap kamar memiliki model jendela berbeda. Praktisnya, warna bingkai jendela Anda harus sesuai dengan palet warna yang ada di rumah. Warna dingin seperti hijau, biru, dan abu-abu sangat direkomendasikan.

Namun untuk rumah tipe tradisional, Anda dapat gunakan warna hangat, seperti cokelat, merah. Koordinasi dan kontras warna perlu Anda perhatikan saat pemilihan.

  • Ukuran Jendela Minimalis

Sesuaikan dengan selera Anda. Sebagian pemilik rumah berharap agar jendela yang menghadap ke halaman tetangga mungkin lebih kecil. Namun jendela yang menghadap ke halaman belakang dibuat lebih besar. Pertimbangkan bagaimana ruangan akan digunakan dan bagaimana jendela akan mendukung kegiatan dengan cahaya matahari yang menerobos. Anda tentu juga perlu mempertimbangkan bagaiman jendela di satu sisi rumah Anda terlihat dari luar. Sah-sah saja untuk menghilangkan satu jendela dari ruang makan Anda yang kecil dan menambahkannya di dekat ruang tamu.

  • Teralis Jendela

Sebagai pelindung sekaligus pembatas, Anda harus memasang teralis jendela yang berbahan dasar kuat. Jangan takut rumah Anda terlihat seperti penjara, karena kini tersedia bermacam-macam model teralis yang dapat digunakan untuk memberikan kesan cantik pada rumah minimalis Anda.

Teralis kayu, besi tempa maupun besi beton dapat Anda pilih dengan beragam model. Yang menarik, kini Anda juga dapat memanfaatkan teralis untuk tempat tumbuh tanaman merambat. Bonusnya adalah jendela yang hijau dan asri. Salah satu trik agar tanaman Anda tidak menghalangi pandangan Anda ke luar sana adalah membuat teralis yang sejajar dengan jendela berjarak beberapa meter.

Jika privasi adalah pertimbangan utama, jangan jauhkan teralis dari jendela.

  • Jendela Alumunium

Dibandingkan dengan jendela berbahan dasar kayu, jendela yang terbuat dari alumunium memiliki beberapa keunggulan, yaitu anti rayap dan dalam keadaan panas ataupun dingin tidak berubah bentuk. Berbahan alumunium tidak berarti akan mengurangi nilai estetika rumah Anda, sebaliknya, Anda dapat memilih warna yang selaras untuk rumah. Berikut warna jendela alumunium yang seringkali digunakan:

  • Putih, untuk mendapatkan nuansa yang elegan dan mewah.
  • Coklat dan abu-abu, menciptakan nuansa alami pada rumah.
  • Warna gelap dan pekat, menciptkan nuansa yang tegas dan berkelas.

  •  Gorden Jendela Minimalis

Memilih gorden jendela minimalis, tidaklah semudah yang dibayangkan. Ragam pilihan bahan, warna dan motif justru bisa membuat Anda semakin binggung. Mengalami hal yang sama? Simak tips berikut ini:

Vitrase

Vitrase pada umumnya berfungsi sebagai dasar gorden, namun bisa juga digunakan sebagai gorden. Bahannya yang tipis sangat tidak memungkinkan untuk dipasang pada ruangan yang membutuhkan privasi.

Tentukan Model Gorden, panel pair atau single panel

Panel pair adalah model gorden yang sangat umum digunakan, tapi biasanya untuk jendela berukuran besar. Sedangkan single panel, terdiri dari satu gorden, dan bisa digunakan untuk jendela ukuran besar ataupun kecil. Biasanya ditemukan pada jendela minimalis.

Tentukan Sistem Pengait Gorden

Sistem pemasangan gorden membutuhkan pengait. Anda dapat memilih sistem pemasangan manual menggunakan track, atau pilihan kedua adalah smoke ring yaitu pengait gorden berbentuk cincin yang terbuat dari besi atau stainless.

Pilihan lain adalah tab top, yaitu pemasangan gorden menggunakan perekat atau yang dijahit di antara tiang gorden. Pilihan selanjutnya adalah menggunakan Ring.

Tentukan Warna dan Motif

Anda dapat menyesuaikan warna dan motif gorden sesuai dengan desain rumah yang mencerminkan diri Anda.

  • Blinds

Blinds merupakan salah satu alternatif pengganti gorden. Aksesoris jendela ini semakin lama semakin diminati, terutama untuk tempat tinggal bergaya minimalis. Saat ini ada 2 tipe blinds yang laris di pasaran, yaitu :

  • Vitrom blinds, perpaduan kain sheer dan dim out untuk Anda yang ingin memperkuat kesan hangat .
  • Rainbow blinds, memiliki desain yang chic dengan pengaturan cahaya yang lebih baik.

  • Letak Jendela  

Letak jendela berpengaruh pada pemilihan model, misalnya saja jendela ruang tamu, jendela kamar dan jendela dapur pada umumnya memiliki model jendela yang berbeda satu dengan yang lain. Perlu diperhatikan juga, bahwa penempatan jendela yang baik mempertimbangkan sistem pencahayaan dan sirkulasi udara.

Penempatan jendela yang paling baik adalah tidak menerima sinar matahari langsung dan berlebihan, karena akan menimbulkan hawa panas. Perhitungkan juga, pandangan dari luar jendela saat jendela dibuka.

  • Pertimbangkan Dinding Jendela

Untuk Anda yang memiliki rumah minimalis, dinding jendela bisa jadi bahan pertimbangan untuk diaplikasikan di salah satu sudut rumah Anda. Pada dasarnya memang jendela adalah bagian dari dinding, yang dapat dibuka dan ditutup.

Desain jendela sekaligus dinding ini, akan membuat rumah minimalis Anda tampak lebih luas dan suasana menjadi menyenangkan karena dapat melihat pemandangan dari luar.