06
Okt

Intip Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton Untuk Hunian Minimalis

Intip Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton Untuk Hunian Minimalis

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Saat membangun sebuah hunian, desain dan konsep yang digunakan akan menentukan pemilihan material dalam setiap bagian bangunan. Mulai dari dinding, lantai, jendela, hingga atap rumah yang sesuai dengan desain rumah impianmu. Salah satu jenis atap rumah yang populer dalam pembangunan rumah tinggal adalah atap dek beton. Material beton dianggap salah satu bahan serba guna dalam pembangunan rumah. Tak hanya digunakan dalam membuat struktur bangunan, beton juga kerap digunakan sebagai bahan membuat material non struktur seperti atap rumah. Kini, banyak orang yang sudah mengaplikasikan atap dak beton untuk hunian mereka. Namun, sebelum kamu menggunakan jenis atap ini, sebaiknya intip dulu kelebihan dan kekurangan atap dak beton untuk hunian minimalis:

Kelebihan Atap Dak Beton

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari penggunaan atap dak beton, yakni:

1. Multifungsi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, atap dak beton dikenal sebagai bahan yang serba guna. Kamu bisa mengaplikasikannya di berbagai bagian rumah, seperti lantai rumah, dinding rumah, hingga jalan setapak di area taman.

2. Mempermudah Penambahan Lantai

Dengan bentuknya yang datar, atap dak beton juga bisa mempermudah proses penambahan lantai lho.  Hal itu akan berguna saat kamu berencana membangun rumah menjadi dua lantai.  Dengan begitu, kamu tak perlu repot membongkar bagian atap lagi.

3. Daya Tahan Kuat

Selain multifungsi, jenis atap ini juga termasuk ke dalam atap yang kuat dan tidak mudah rusak. Terlebih lagi jika hunianmu terletak di area dengan cuaca ekstrem atau terpaan angin yang tinggi.

4. Mudah Dibersihkan

Atap dak beton juga terbilang mudah untuk dibersihkan, lho.  Kamu hanya perlu menggunakan alat yang digunakan untuk membersihkan rumah.  Dengan begitu, kamu juga tak perlu repot mengeluarkan uang untuk membayar biaya perawatan untuk atap dak beton ini.  Atap dak beton merupaka salah satu jenis atap modern.  Hal itu akan memudahkanmu mengaplikasikannya di berbagai hunian bergaya modern dan minimalis.

READ  Desain Teras Rumah Minimalis Modern

6. Dapat Menghalau Panas

Atap dak beton juga memungkinkan suhu udara di dalam ruanganmu tetap terjaga agar sejuk. Sebab, jenis atap ini disebut dapat menghalau panas dari luar rumah.

7. Tidak Mudah Terbakar

Atap rumah yang satu ini juga cenderung tidak mudah terbakar. Hal ini karena penggunaan material beton sebagai bahan utamanya.

8. Proses Finishing Mudah

Proses finishing atap dak beton juga dikenal mudah. Kamu juga bisa melapisi atap dengan berbagai warna cat rumah yang membuat hunian terlihat cantik dan tetap sejuk.

Kekurangan Atap Dak Beton

Tak hanya memiki berbagai kelebihan, atap dak beton juga mempunyai berbagai kekurangan, yaitu:

1. Harga Cenderung Lebih Mahal

Proses pengerjaan atap dak beton tergolong masih sangat rumit.  Dengan begitu, kamu membutuhkan perhitungan ketika proses pembuatan atap. Hal itu akan membuat jenis atap ini terbilang lebih mahal dibandingkan jenis atap rumah lainnya.

2. Menghasilkan Banyak Limbah

Tak hanya proses pembuatannya yang rumit, atap dak beton juga bisa menghasilkan banyak limbah. Limbah tersebut berupa cetakan bekisting yang tersisa.

3. Rentan Bocor

Atap dak beton bisa saja lebih rentan mengalami kebocoran.  Terlebih lagi, jika proses pembuatannya kurang sempurna.

4. Mudah Terserang Lumut

Jika kamu tertarik mengaplikasikan jenis atap ini, kamu harus rutin membersihkannya.  Sebab, atap ini dikenal mudah sekali terserang lumut.

4. Tingkat Kelembapan Tinggi 

Ruangan yang menggunakan atap dak beton biasanya memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Penggunaan atap ini akan cocok jika diaplikasikan pada ruangan yang sempit. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari atap dak beton yang wajib kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa menentukan apakah jenis atap ini sesuai dengan hunianmu atau tidak.

READ  4 Ragam Desain Tangga untuk Hunian Anda