27
Agu

Inspirasi Rak Untuk Para Pecinta Buku

Inspirasi Rak Untuk Para Pecinta Buku

Rak Buku – Untuk Anda yang gemar membaca, koleksi buku tentu harus ditempatkan di rak yang spesial. Selain agar buku-buku kesayangan Anda awet, menempatkan buku di rak dengan rapi juga bisa mempercantik ruangan di rumah. Penyusunan buku di rak bisa dibuat beragam, bisa sesuai judul, genre, maupun warna sampul buku. Kemudian pilih desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih rak terbuka jika Anda ingin buku bisa dengan mudah terlihat aga mudah dijangkau pada saat akan membaca. Tapi kalau Anda ingin buku terlindungi dari debu, Anda bisa memilih desain rak tertutup. Berikut beberapa inspirasi desain rak buku yang bisa Anda ikuti.

  • Rak Kayu

Punya koleksi buku tapi ingin dimanfaatkan juga sebagai dekorasi? Anda bisa memilih desain rak kayu seperti ini. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan buku dan meletakkan pernik dekorasi rumah. Rak dengan desain seperti ini bisa Anda letakkan di ruang tamu maupun ruang keluarga.

  • Desain Futuristik

Desain rak ini pas buat Anda yang ingin ruangan tampil modern dan futuristis. Desainnya yang simpel juga sebenarnya pas untuk dipadukan dengan tema ruang apa pun. Anda tinggal menyesuaikan panjang rak dengan luas ruangan yang tersedia. Untuk mendapatkan desain rak seperti ini, Anda harus memesan secara khusus ke penyedia jasa pembuatan rak.

  • Mendandani Rak Lama

Jangan abaikan rak-rak buku tua atau jadul peninggalan orangtua Anda. Rak lama bisa tampil menarik lagi bila Anda padu padankan dengan pernik ruang yang menarik. Supaya rak lama tampil lebih prima, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan proses pengecatan ulang. Anda bisa pilih warna cokelat kayu untuk mengembalikan warna asli rak atau malah mengganti total tampilan lemari dengan warna yang lebih berani, sesuai selera Anda. Ada juga teknik white wash, buat Anda yang ingin tampilan shabby chic dari furnitur lama Anda.

  • Ambalan

Pilihan ini cocok buat Anda yang memiliki ruang terbatas untuk meletakkan buku. Ambalan di dinding tidak membutuhkan banyak ruang dan tampilannya tetap bisa mempercantik ruang. Anda bisa meletakkan 2 sampai 3 ambalan untuk menyimpan buku dan mempercantiknya dengan vas bunga atau pot tanaman hias untuk tampilan yang lebih menarik.

  • Rak Tertutup

Desain rak tertutup maupun campuran dengan rak terbuka seperti ini cocok buat Anda yang ingin buku tetap bersih. Buku terlindungi dari debu dan kotoran, Anda pun tidak perlu repot membersihkan rak terlalu sering untuk menghindari debu yang bisa menumpuk. Rak ini juga memberikan kesan ruang lebih rapi karena buku tersimpan dibalik pintu-pintu lemari.

  • Rak Berbentuk Tangga

Satu lagi desain rak yang pas untuk ruangan mungil. Rak berbentuk menyerupai tangga seperti ini memiliki desain yang ramping tapi cukup untuk menyimpan koleksi buku. Desainnya yang simpel juga membuatnya cocok dengan ruangan apa pun.

  • Memanfaatkan Area Sisa

Area sisa di bawah tangga memang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam hal. Termasuk untuk rak buku. Desain yang bisa Anda terapkan pun beragam, salah satunya dengan memenuhi seluruh area sisa di bawah tangga dengan rak seperti ini. Selain buku, Anda pun bisa menyimpan barang lainnya mulai dari pernik dekorasi hingga kotak sepatu.