30
Okt

Inspirasi Pagar Minimalis Si Pencuri Perhatian

 Inspirasi Pagar Minimalis Si Pencuri Perhatian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Pagar tak hanya menjadi pembatas dan pelindung, tapi juga sebagai daya tarik sisi depan rumah minimalis. Pemilihan pagar yang tidak sesuai tentu bisa merusak daya tarik rumah dan taman anda, nih. Karena itu, desain pagar harus cocok dengan gaya dan lingkungan si pemilik rumah. Pagar rumah minimalis yang dipilih juga harus tetap bisa membantu keamanan, serta privasi ya. Berikut ini inspirasi pagar minimalis si pencuri perhatian.

1. Pagar Minimalis dengan Jajaran Horizontal Kayu “Bekas”

Dalam beberapa tahun terakhir, kayu “bekas” peti keInspirasi Pagar Minimalis Si Pencuri Perhatianmas menjadi primadona dalam dunia material. Hal ini disebabkan oleh banyaknya ruang publik yang mulai menggunakan material tersebut sebagai bahan pembuat furnitur. Material kayu bekas ini pun menjadi terkenal karena merebaknya desain industrial dan rustic yang “jujur” dengan karakter material, dan memperlihatkan kecacatan material sebagai sebuah keunikan tersendiri.

Tak heran bila material kayu bekas pun menjadi salah satu material pembentuk pagar, khususnya pagar minimalis.

Dalam inspirasi ini, pagar minimalis kayu disandingkan dengan rangka yang terbuat dari logam. Pagar minimalis kayu tersebut dibentuk dari beberapa modul pagar yang bisa didesain miring, ataupun ditambah jika sewaktu-waktu Anda melakukan pengembangan lahan hunian.

Pagar minimalis kayu ini sangat cocok jika menjadi “penerima tamu” bagi bangunan rumah modern bernuansa Japanese style, ataupun hunian pengusung gaya industrial yang minim profil dan ornament.

2. Rongga Berpola Penghias Pagar Minimalis Besi

Siapa bilang pagar besi hanya akan membuat rumah Anda kaku, monoton, atau bahkan terkesan “menyeramkan”, seperti pagar besi yang biasa “menjaga” hunian bergaya klasik?

READ  Simak Cara Membuat Tangga Dari Baja Ringan

Dengan penerapan desain yang tepat, pagar minimalis besi bisa menjadi salah satu pendukung tampilan fasad rumah Anda, lho! Salah satunya adalah dengan pagar minimalis besi dengan aksen rongga dalam pola tertentu, seperti yang bisa Anda lihat dalam gambar di atas.

Dalam inspirasi tersebut, terlihat bahwa pagar terdiri atas dua lapisan logam yang diberikan rongga-rongga berbentuk persegi dan bentuk lain yang senada. Rongga antar dua lapisan tersebut saling “bertemu” dan membentuk pemandangan visual yang unik dan menarik. Tampilan pagar ini akan tambah catchy lagi saat bertemu cahaya matahari dan membentuk cerlang bayang.

3. Jaring-jaring Apik Penghias Pagar 

Aksen bentuk jaring-jaring pada pagar bukanlah sebuah hal baru. Di masa lampau, pagar minimalis besi ini pernah “merajai” pasaran. Kini pagar minimalis besi berdesain simpel ini kembali digemari karena bentuknya yang bisa beradaptasi dengan semua desain fasad.

Seperti pada inspirasi di atas, pagar minimalis besi ini dihiasi oleh warna hitam, berpadu dengan fasad berdesain modern yang berwarna putih. Sisi elegan bangunan ini pun terlihat jelas dengan penempatan pagar minimalis tersebut setelah tangga.

Meskipun ukuran pagar minimalis besi ini tidak terlalu tinggi, namun keamanan hunian tersebut tetap terjaga, mengingat adanya keberadaan bangunan “penerima” yang terletak di depan pagar.

4. Pola Dedaunan Pada Pagar Minimalis

Apakah Anda ingin menambahkan unsur tropis dalam fasad hunian Anda? Anda bisa menerapkan pola dedaunan pada pagar minimalis Anda, lho!

Pola dedaunan pada pagar minimalis ini bisa dibuat dengan teknik pemotongan handmade ataupun memakai bantuan mesin laser yang tersedia di beberapa bengkel atau workshop tertentu.

Agar sesuai dengan fasad modern yang menjadi eksterior hunian Anda, ada baiknya jika pola dedaunan tersebut hanya ditempatkan di salah satu sisi pagar saja. Jika terlalu ramai dan penuh, pola ini bisa mengganggu tampilan fasad bangunan Anda, bukan?

READ  Mengenal Wood Plastic Composite (WPC), Inovasi Pengganti Kayu

5. Aksen Lembaran Kayu Pada Pagar Minimalis

Papan kayu yang disusun secara vertikal merupakan salah satu desain pagar minimalis yang tengah digemari oleh para empunya hunian. Namun, ada kalanya, pagar dengan desain sederhana ini dianggap membosankan dan tak menghadirkan karakter unik bagi sebuah fasad hunian.

Inspirasi di atas bisa menjadi ide cemerlang bagi Anda. Dengan perbedaan ukuran panjang antar satu papan dengan papan lainnya, kesan dinamis dapat terbentuk pada pagar minimalis kayu tersebut. Sebagai penopangnya, digunakan rangka besi yang kokoh yang dicat dengan warna netral.