Inspirasi Mendekorasi Rumah
18
Nov

Inspirasi Mendekorasi Rumah

Inspirasi Mendekorasi RumahINSPIRASI MENDEKORASI RUMAH

Dekorasi Rumah – Saat kita berada di rumah, bagian rumah yang mana yang lebih banyak Anda menghabiskan waktu? Misal Anda lebih banyak di kamar, tentunya Anda harus pintar-pintar dalam mendekorasi kamar Anda. Nah berikut ini adalah tips mendekorasi rumah Anda.

  1. Perhatikan Kualitas Udara dalam Ruangan

Karpet adalah salah satu cara termudah dan murah mendekorasi ruangan dan menghasilkan suasana yang hangat dan nyaman. Tetapi, karpet juga bisa menjadi sumber dari ketidaknyamanan.

Dekorasi rumah

Dekorasi ruangan dengan Karpet. ~ via eBay

karpet adalah pelabuhan dari alergen, debu, bakteri, dan, berbagai polutan lainnya yang dapat memengaruhi masalah kualitas udara dan menyebabkan kesehatan. Iritasi pada kulit, sakit kepala, batuk-batuk, kelelahan, iritasi pada mata, kesulitan bernafas adalah beberapa masalah kesehatan yang disebabkan polutan pada karpet.

Maka dari itu, jika ingin mendapatkan suasana nyaman di dalam ruangan dengan instalasi sebuah karpet, ada baiknya sempurnakan dengan rencana untuk selalu membersihkannya secara periodik atau berkala, agar kualitas udara dapat terjaga dengan baik.

  1. Perhatikan Suhu Ruangan

Mengutip getholistichealth.com, suhu ruangan dapat memengaruhi mood dan perasaan.

Sebuah studi mengatakan, bagaimana temperatur ruangan dapat menyebabkan seseorang terpengaruh dalam tindakan dan suasana hati mereka.

Dekorasi rumah

~ via inspiringhomeideas

Dalam hal ini kita mesti perhatikan betul-betul suhu atau temperatur pada ruangan saat akan mendekorasi. Suhu yang tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin, akan sangat pas dan membuat suasana ruang menjadi sangat nyaman.

  1. Ventilasi Udara

Tanpa benar-benar kita sadari, penggunaan bahan-bahan kimia yang ditujukan untuk membuat suasana rumah agar makin fresh dan terhindar dari bau-bau tak sedap, seperti penggunaan penyegar ruangan beraroma lemon dan pinus, justru menghasilkan sebuah reaksi kimia yang menyebabkan polusi udara.

Dekorasi rumah

Natural ventilation. ~ via Houzz

Melansir dailymail.co.uk, sebuah studi dari the Royal College of Physicians and the Royal College of Paediatrics and Child Health mempertegas hal tersebut.

Alih-alih mendekorasi rumah dengan sentuhan teknologi terkini agar makin nyaman, tanpa sebuah ventilasi udara yang memadai, justru menyebabkan berbagai polutan terperangkap dalam ruangan.

  1. Pemilihan Warna

Mengutip sheilarichinteriors.com, desain interior yang menggunakan colour theraphy atau chromatheraphy dapat meningkatkan semangat Anda, meningkatkan kekebalan terhadap penyakit, dan secara umum dapat meningkatkan gaya hidup yang sehat dan baik.

Pemilihan warna akan membuat rumah terasa sangat nyaman. Tentunya dengan penggunaan dan perpaduan, serta pola yang tepat.

Dekorasi rumah

~ via endesk.co

Setiap pilihan warna dapat memberikan perasaan berbeda-beda pada diri kita.

Dinukil dari spiralj.wordpress.com, inilah beberapa pilihan warna yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Merah: Warna darah dan gairah. Merah mampu merangsang, membangkitkan, dan mempertinggi kesadaran.
  • Biru: Warna langit dan laut. Salah satu warna yang paling populer. Pilihan warna biru akan memberikan ketenangan. Namun, jika terlalu banyak menggunakannya, suasana akan berubah menjadi dingin dan agak menyedihkan.
  • Kuning: Ceria, warna matahari. Warna kuning adalah pengambil perhatian. Warna ini dapat mengisi kembali, memberikan energi, dan merevitalisasi.
  • Hijau: Melambangkan alam. Ini adalah warna yang paling mudah dan eye caching. Hijau memberikan ketenangan, menyegarkan, dan menyeimbangkan.
  • Orange: Warna ceria yang dapat mengingatkan pada buah-buahan, yang bersih dan cerah. Oranye juga dianggap dapat memberikan ketertiban.
  • Ungu: Warna yang melindungi dan memberikan kenyamanan. Ungu adalah representasi warna bunga atau sayuran.
  • Coklat: Solid. Coklat adalah warna bumi. Sangat cocok untuk pria yang aktif dan modern.
  1. Tema Pencahayaan

Pencahayaan pada ruangan juga dapat memberikan rasa nyaman dan suasana menenangkan yang dibutuhkan. Jangan ragu untuk memberikan sentuhan dekorasi interior dengan tema pencahayaan seperti penggunaan lilin.

Dekorasi rumah

Candle room. ~ via aliexpress

Menukil blisshomeanddesign, “lilin dapat membantu mengubah mood ruangan dengan cahaya lembut yang terpancar dari mereka, lilin juga dapat menawarkan aroma yang menarik pada keseluruhan desain interior”.

  1. Kamar Tidur yang Sleep Friendly

Mengutip besthealthmagz, kamar tidur adalah area utama di mana anda memulihkan semua tenaga dan mengembalikan seluruh kesadaran fisik dan mental di ruangan tersebut.

Dekorasi rumah

~ via nucdata.com

Kamar tidur harus bebas dari sentuhan teknologi untuk menciptakan tidur yang berkualitas.

Perhatikan pencahayaan pada ruangan ini. Rekomendasinya adalah sedikit gelap dan suasana yang temaram akan sangat menenangkan dan memberikan rasa nyaman. Bahkan jika perlu, coba tambahkan rekomendasi dari sebuah studi yang dilakukan seorang ahli saraf, Charles J. Bae, M.D, yang menyarankan untuk tidur telanjang untuk mendapatkan kesehatan maksimal.

  1. Jauhkan TV dari Ruang Keluarga

Menurut Karen Egly-Thompson, seorang kontributor houzz, dalam artikelnya berjudul “how to create a cozy living room”,keberadaan TV dan ponsel pintar di ruang keluarga dapat mendistorsi kehidupan sosial bersama keseluruhan anggota keluarga.

Dekorasi rumah

~ via werwolfcs.info

Gaya hidup modern menuntut kita agar selalu dekat dan akrab dengan teknologi, namun, penggunaannya yang berlebihan justru akan berakibat dan berdampak negatif.

Kenyamanan yang diharapakan di rumah menjauh seketika dengan terlalu fokus pada konsep dekor rumah yang berbasis teknologi sebagai titik pijak awal.

Ciptakan atau buat ruang entertainment atau ruang hiburan khusus, jangan satukan dengan ruang keluarga yang jadi tempat berbagi dan bersosialisasi bersama seluruh anggota keluarga.

  1. Mengkreasi Sebuah Sudut Baca

Dalam sebuah jurnal ilmu pengetahuan, seperti dilansir dari hufftingtonpost.com, membaca dapat menjadikan kita selalu merasa gembira, melatih, dan membuat otak tetap tajam, membantu mendapatkan tidur yang berkualitas dan bahkan mampu menjauhkan dari penyakit alzheimer.

Dekorasi rumah

~ via country living

Sudut baca yang dikreasi di rumah dapat memberikan semua kelebihan itu, menghilangkan stres dari gaya hidup modern yang serba instan seperti saat sekarang. Dan hanya rumah lah yang menjadi tempat ternyaman yang dapat mengembalikan kekuatan fisik dan juga mental, setelah kelelahan gegara seharian beraktivitas di luar.

  1. Indoor Plant dan Gardening

Melansir Health.com, tanaman indoor dan keberadaan taman, dan atau kebun di rumah dapat meningkatkan kesehatan.

Kualitas kenyamanan rumah yang diharapkan dengan mengandalkan pada tanaman indoor dan home gardening yang dilakukan, akan terasa meningkat secara signifikan.

Kita dapat meniru cara termudah untuk melakukannya. Inspirasi dari seorang youtuber Danielle Smith ini, akan bisa membantu.

Terkait: Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan yang Bisa Membuat Rumah Terasa Lebih Sejuk dan Segar

  1. Organize, Organize, Organize

Ini tips terakhir yang perlu dilakukan segera jika kenyamanan rumah adalah tujuan final.

Singkirkan barang-barang atau furniture yang sudah tidak lagi dibutuhkan dan hanya akan membebani kapasitas ruangan saja, sehingga menyebabkan kenyamanan dan suasana sederhana dan menyenangkan yang diharapkan menjadi terganggu.

Jika memilih kesederhanaan, coba gunakan gaya interior skandinavia yang minimalis dan lebih mengedepankan fungsi dengan furniture-furniturenya yang juga simpel dan fungsional.

Dekorasi rumah